Selasa, Januari 10

Bisnis Plan F Clothing



 


BISNIS PLAN

                                                  
            BAB I            
             
PENDAHULUAN


1.1 Latar belakang
F clothing adalah merupakan bisnis yang akan memperkenalkan produk Baju dan Kaos untuk masyarakat umum. Dengan produk lokal ini, kita juga dapat memasarkannya dengan bentuk produk seperti ini kita juga bisa mengenali betapa cintanya menggunakan produk dari hasil karya lokal yang tidak kalah bagus dan menarik. Pada clothing ini saya mendesain kaosnya bisa sesuai dengan pesanan dari pelanggan. Sekali pun juga baju wanita yang akan saya rancang juga dengan desain yang terbaru
. 
1.2 Tujuan
1.      Memperkenalkan produk brand baju dan kaos lokal dengan desain sendiri.
2.   Mengembangkan produk baju dan kaos untuk memasarkan pada masyarakat umum di negara sendiri terutama.

1.3 Manfaat
Agar masyarakat indonesia mampu menggunakan brand baju dan kaos produk lokal sendiri. Dan mencintai produk-produk brand lokal.

BAB II
Target Pasar
2.1       Konsumen

Target pasar atau konsumen yang ingin diincar yaitu seluruh masyarakat umum, seperti pelajar, mahasiswa, maupun orang dewasa. Karena baju yang ada di F Clothing ini memang bisa dapat dikenakan oleh selurung kalangan tersebut. Karena bisa desain dengan sesuai permintaan pelanggan

BAB III
Memulai Bisnis
3.1 Skill dan pengetahuan
Alasan saya untuk mengembangkan bisnis ini dikarenakan pada awalnya saya bekerja sama sama teman saya untuk membuat desain kaos. Dengan mempunyai karya yang cukup untuk menggambar desain apapun. Kemudian kami memakai baju tersebut. Dan ada yang komen dengan banyak pujian yang baik dari desainnya. Dan ditanya-tanya beli dimana, kemudian pun kami menjawab ini membuat desain sendiri. Pada sampai akhirnya, dengan beberapa banyak pesanan kita memulai dari situ dan kita kembangkan lagi melalui jejaring sosial. Sehingga banyak pemintaan dari pelanggan.


3.2       Kerjasama atau jaringan
 Sampai sekarang ini saya belum mencoba untuk mencari atau bergabung dengan jaringan manapun untuk melakukan kerjasama dalam memasarkan usaha ini, maksudnya jaringan yang dalam konteksnya luas dan besar. Saya hanya memasarkan ini secara langsung maupun di internet seperti blog , ataupun sosial media yang saya miliki.

3.3       Tenaga Kerja
Mengenai tenaga kerja, saya masih dengan teman saya pada saat ini. Tidak menambah orang lagi. Karena belum begitu banyak yang dikeluarkan untuk melakukan pekerjaan menyablon bajunya. Dan selalu mempunyai rencana matang untuk melakukan hal yang sangat dipentingkan pada awal penjualan. Jadi masih belum membutuhkan tenaga kerja orang dahulu.



3.4       Kualitas
Kualitas pada produk kami ini sudah tidak perlu diragukan lagi, karena dengan harga yang tidak begitu mahal bisa terjangkau masyarakat sudah bisa dapat menggunakan produk kami ini. Bahan-bahan yang digunakan pun dengan kualitas yang terbaik dengan standarnya. Karena saya ingin dalam produk yang dapat saya pasarkan ini mempunyai kualitas yang menuntungkan dan nyaman untuk digunakan.

3.5       Trending Topic
F Clothing sendiri belum pernah menjadi tranding topic di sosial media, karena bisnis usaha ini masih kecil-kecilan dan belum luas jaringannya, oleh karena itu F Clothing belum pernah menjadi Trending Topic sebagai bahasan yang sangat terpanas atau terkini dalam social media. Dikarenakan produk kami ini masih baru berjalan beberapa bulan.


BAB IV

Keuntungan Bisnis

Keuntungan bisnis yang di dapatkan dari usaha ini adalah untuk lebih mengembangkan lagi F Clothing dan memiliki keuntungan yang lumayan maka akan membuat sebuah Distro untuk kaosnya ataupun Butik untuk bajunya. Sehingga dalam pengembangan untuk mendapatkan keuntungan lagi lebih besar nantinya.

BAB V

Kendala Bisnis

Kendala yang didapat dalam usaha ini mungkin lebih ke pemasarannya, karena saya sendiri belum memiliki jaringan yang luas sehingga pesanan untuk usaha ini pun masih standar dan belum sangat banyak. Dan juga kendalanya sebagian masyarakat masih belum mengerti dari pembikinan desain dengan sesuai permintaan pelanggan. Dan untuk memasarkannya pun bingung, kalau tidak menanyakannya langsung yang tertuju pada desain tersebut dan kemudian pun seharusnya nanya kepada pemiliknya.
 
BAB VI

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran produk kami F Clothing yaitu yang pertama menawarkan harga yang standar sangat nyaman bila produk kami juga sangat berkualitas dengan harga yang tidak semahal lainnya. Desain-desain yg unik ini bisa dilirik oleh kalangan manapun.dan menawarkan desain-desain terbaru di dalamnya untuk menarik perhatian pelanggan. Dan kami akan memasarkannya ini dengan melalui Media Sosial seperti, LINE, INSTAGRAM,dan TWITTER kemudian dengan BAZAR.

BAB VII

Kunci Sukses

Kunci sukses yang selalu terapkan itu ialah dengan terus berinovasi dan menciptakan sebuah desain yang semenarik mungkin ingga konsep dalam bisnis ini. Tidak mudah menyerah meskipun sedang menghadapi kesulitan di dalam menjalankan usaha ini, selalu berkaca dari orang orang yang sukses dan yang penting selalu berdoa dan berusaha untuk mendapatkan hasil yang terbaik meskipun sedang dalam keadaan yang buruk. Dan tidak terpengaruh oleh keadaan yang negatif. Dan selalu melihat dari hal yang baik sehingga bisa diterapkan dalam bisnis ini.

BAB VIII

Analisa Ekonomi
8.1 Asumsi

No
Kegunaan
Rincian
Jumlah
1.       
Modal awal:
- perlengkapan bisnis
- peralatan bisnis


Rp. 5.800.000
Rp. 1.000.000





Rp. 6.800.000
2.       
Biaya penyusutan:




3.       
Biaya produksi perbulan:

Biaya produksi ini tergantung berapa pesanan yang dibutuhkan, kalau ada sekitar 5 lusin biaya yang dibutuhkan sekitar Rp. 1.800.000








4.       
Omset perbulan:

Kalau perbulan ada 5 lusin dengan harga yang satuan @Rp.75.000. yang pesan omset yang didapat sekitar Rp. 4.500.000












5.       
Laba bersih perbulan:

Keuntungan bersih yang didapat sebulan kalau ada pesanan 5 lusin sekitar Rp. 2.700.000




BAB IX

Penutup

Jadi F Clothing ini merupakan salah satu jenis usaha dalam bidang produk baju dan kaos dengan memiliki berbagai macam desain pilihan atau baju juga tersebut yang akan pilihan desain sendiri dari pelanggannya. Kemudian produk ini dapat digunakan dengan rasa yang nyaman dengan kualitas bahannya yang halus. Dengan harga satuan yang akan dijual mulai dari Rp.75000 saja kalian sudah bisa membeli kaos dengan desain sesuka hati. Harga yang sangat terjangkau dibandingkan lainnya sehingga sangat mudah untuk menarik perhatian para pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.