Kamis, Januari 12

Business Plan Alter Ego Creative Movies

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG

Perkembangan jaman yang semakin pesat, membuat keinginan orang semakin banyak. Dunia digital menjadi salah satu dari sekian banyak keinginan yang diminati masyarakat. Dari hal tersebut, Alter Ego Creative Movies hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di dunia digitalisasi.
Alter Ego merupakan sebuah production house yang menawarkan jasa di bidang digitalisasi seperti foto dan video pernikahan, pembuatan karikatur dan wpap, sampai pembuatan animasi dan grafis. Seperti yang kita ketahui, era digitalisasi menjadi hamper menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat, berhubung digitalisasi bisa secara dinamis mengikuti keinginan masyarakat, ditambah denga berkembangnya media sosial. Oleh karena itu, Alter Ego meyediakan jasa untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut. Kami berupaya mewujudkan keinginan masyarakat.

Berdasarkan hal tersebut, Alter Ego dikembangkan untuk memulai usaha yang saya jalankan. Nama AlterEgo sendiri diambil dengan berpaku pada kepribadian ganda, dalam hal ini yang dimaksud adalah kepribadian klien yang berbeda-beda. Kepribadian seperti apapun dari klien, akan tetap menjadi prioritas bagi kami.

1.2.TUJUAN

·         Membangun usaha produk digitalisasi seperti foto & video pernikahan, animasi dan grafis, sampai pembuatan karikatur dan wpap.
·         Mendapatkan profit dari usaha yang dijalankan
·         Memperkenalkan produk digitalisasi ke khalayak luas

1.3. VISI

Mengembangkan dunia digitalisasi di Indonesia, serta memuaskan pelanggan dalam setiap penyewaan jasa yang kami sediakan.

1.4.MISI

·         Selalu berkarya dalam setiap project
·         Memberi deadline pada setiap project
·         Memberikan ide kreatif pada setiap project









BAB II
RINGKASAN BISNIS

2.1. PROFIL USAHA

                Nama usaha  : Alter Ego Creative Movies
                Jenis usaha : Production House
                Yang Dijual : berbagai jasa produk digitalisasi

2.2.  GAMBARAN AWAL USAHA

Bisnis digitalasi memang sudah berkembang belakangan ini, namun demikian belum banyak yang berani menjalankan bisnis ini karena memang peminat dari jasa ini belum terlalu banyak. Namun kami melihat adanya peluang besar dari bisnis ini, mengingat semakin berkembangnya era digitalisasi di kalangan masyarakat. Bisnis ini merupakan bisnis pertama saya dan teman-teman yang memang menggeluti bidang ini. Melihat adanya SDM yang berkompeten, kami akhirnya membentuk production house ini, meskipun usaha ini memang baru dimulai dan belum menghasilkan sesuatu yang besar.

 2.3.  GAMBARAN PRODUK

Produk yang kami hasilkan memang membutuhkan modal yang cukup besar. Seperti jasa foto dan video, pembuatan grafis dan animasi, serta karikatur dan wpap. Untuk membuat semua jasa yang kami tawarkan dibutuhkan alat seperti kamera, lampu, laptop, dan sebagainya. Namun demikian dalam pembuatannya, tidak memakan waktu yang lama dari setiap produk. Hal ini juga mengikuti jenis produk dan keinginan dari pelanggan. Untuk membuat pelanggan puas, kami mengajak pelanggan untuk turut memberikan ide dari setiap produk yang kami tawarkan jika diinginkan.

2.4. GAMBARAN PERSAINGAN

Bisnis production house memang sudah banyak, namun harga yang ditawarkan cukup tinggi. Oleh karena itu, kami berusaha memberikan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau melihat saingan yang ada.

2.5. GAMBARAN PENJUALAN

Lokasi usaha kami ada di Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Kami memilih lokasi tersebut yang merupakan rumah dari salah satu tim kami karena letaknya yang berada di pinggir jalan. Untuk menunjang pemasaran, kami juga menggunakan media sosial dan channel youtube.





BAB III
ANGGARAN

3.1 PERENCANAAN KEUANGAN

        Modal awal keseluruhan Rp. 27.695.000,- namun modal ini sebenarnya lebih dari cukup. Saya akan menggunakannya sesuai kebutuhan dan sisanya akan saya gunakan kembali untuk modal berikutnya. Berikut adalah anggarang yg saya gunakan:

NO.
PERALATAN
JUMLAH
HARGA
1
Kamera
2
Rp. 12.000.000,-
2
Flash Eksternal
1
Rp. 700.000,-
3
Lighting Studio
2
Rp. 3.000.000,-
4
Trigger Kamera
1
Rp. 500.000,-
5
Lensa
3
Rp. 5.000.000,-
6
Baterai
6
Rp. 15.000,-
7
Laptop
1
Rp. 6.000.000,-

Biaya cetak (kolase/wpap/karikatur)

Rp. 350.000,-/80.000,-/50.000,-
Total
Rp. 27.695.000,-

3.2 PERKIRAAN KEUNTUNGAN       

Usaha kue saya diperkirakan akan memperoleh keuntungan sebesar :
Dengan asumsi penjualan awal sebanyak 1 foto dan video shooting, grafis, wpap dan karikatur dengan rata-rata penjualan Rp. 2.500.000 + Rp. 300.000 + Rp. 80.000 + Rp. 50.000 =
Rp. 2.930.000,-
Keuntungan : Pendapatan - Biaya produksi
Rp. 2.930.000,-  -  (Rp. 1.000.000,- + Rp. 50.000,- + Rp. 30.000,-) = Rp. 1.850.000,-
Pengembalian modal : Total biaya produksi : Laba usaha
Rp. 27.695.000,- : Rp. 1.850.000,- = 15 kali produksi
Jadi modal akan mengalami pengembalian modal pada saat produksi ke 15










BAB IV
PENUTUP

4.1 ANTISIPASI MASA DEPAN

Berhubung saya masih pemula di dunia bisnis, kami ingin mengantisipasi adanya masalah di masa depan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kami mengupayakan kreatifitas dan inovasi bagi setiap produk jasa yang dipesan oleh pelanggan. Tentunya kualitas dari produk yang kami hasilkan, akan terus meningkat setiap waktu. Hal ini diharapkan agar pelanggan puas dan mempercayakan kebutuhan digitalnya kepada kami.

4.2 KESIMPULAN

Demikian proposal ini dibuat sebaik mungkin demi kelancaran usaha yang akan kami jalankan. Kami harap proposal ini dapat berkenan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan usaha. Kami juga berharap dengan proposal ini, kami mampu menjalankan usaha kami dengan baik dan mampu mengatasi masalah yang akan kami hadapi ke depannya.
Tentunya kami juga membutuhkan kritik dan saran yang membangun agar kami mampu menerapkannya dalam menjalankan usaha kami. Hal ini karena kami menyadari masih adanya kekurangan dan kesalahan pada proposal kami. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Nama Usaha : Alter Ego Creative Movies

Logo             : 
No. Telp.      : 087882061011
E-mail          : alterego.creativemovie@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar