Kamis, Januari 12

Business Plan "wn-collection"



Business Plan WN-Collection

I. PENDAHULUAN
Dunia fashion masa kini telah menjadi sebuah tren yang banyak digandrungi oleh dunia fashion wanita, khususnya remaja masa kini. Perkembangan fashion di tanah air berkembang pesat tiap tahunnya. Seperti perkembangan jilbab ditanah air yang memberi dampak positif terhadap banyak pihak, dengan demikian sedikit demi sedikit wanita muslimah tanah air dapat menjalankan syariat agama yang memang diwajibkan atas perempuan untuk mengenakan hijab atau menutup aurat.
Apalagi ramainya permintaan di bulan ramadhan hingga menjelang lebaran tiba, menjadi sebuah peluang bisnis bagi kita yang tertarik menekuni bisnis musiman. Berbagai macam kreasi model fashion masa kini laris manis diburu oleh para konsumen.
Saat ini saya baru mengorder berbagai macam keperluan fashion wanita seperti pakaian, sepatu, flatshoes, tas ransell, dan Jilbab. 

Instagram : ry_hijab1


II. KONSUMEN (TARGET PASAR) 
Target pasar yang saya bidik yaitu khususnya anak remaja (Wanita). Karena, fashion ini memang saya peruntukkan untuk remaja wanita agar berbeda dengan yang lain. Masa kini tren Fashion yang banyak digandrungi oleh remaja akhir-akhir ini berbagai macam kreasi model yang unik bagus dan nyaman yang laris manis diburu oleh para konsumen. Biasanya para konsumen lebih senang memesan dengan jumlah banyak untuk satu model. Hal ini dilakukan untuk menghemat biaya pemesanan.

III. BAGAIMANA MEMULAI BISNIS 
Untuk menjalankan peluang bisnis ini, ada beberapa hal penting yang perlu disiapkan terlebih dahulu, antara lain sebagai berikut :
3.1    Skill & Pengetahuan
Modal utama untuk memulai bisnis adalah skill dan pengetahuan tentang perkembangan tren model-model fashion saat ini yang saat ini digandrungi, diminati dan laris manis di pasaran. Untuk itu harus jeli melihat perubahan minat konsumen melalui majalah, Koran, internet dan perkembangan film televisi.
3.2    Kerjasama (Jaringan)
Menjalin kerjasama dengan reseller dan agen yang memberikan penawaran harga lebih murah tanpa harus mengesampingkan kualitas bahan. Membangun kerjasama dengan orang-orang sekitar untuk memperluar area wirausaha muda.
3.3    Tenaga Kerja
Carilah tenaga kerja yang benar-benar memiliki skill bagus, kreatif dan pandai dalam marketing.
3.4    Kualitas
Selalu lakukan pengontrolan (quality control) pada produk, agar kualitas produk tetap terjaga dan tidak kalah bersaing dengan produk lainnya yang ada dipasaran.
3.5    Trending Topic
Selalu ikuti trend dan selalu update yang sudah sangat terkenal (booming) akhir-akhir ini, yang dapat meningkatkan pemasaran produk sehingga tidak kalah dengan pesaing lain.


IV. KEUNTUNGAN BISNIS

Fashion saat ini tidak dapat dipungkiri bermacam model yang sangat banyak digemari oleh para remaja wanita. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang rela menyisihkan uangnya hanya untuk mengoleksi bermacam model yang lucu, unik, dan nyaman dipakai. Peluang inilah yang saya manfaatkan sehingga bisa meraup untung besar setiap bulannya.


V. KENDALA BISNIS

Kendala bisnis yang biasanya saya hadapi yaitu dalam hal pembagian waktu antara kuliah dan bisnis, sehingga terjadi ketidak efisien dalam berbisnis.


VI. STRATEGI PEMASARAN
 
untuk memperluas jaringan pemasaran produk saya memanfaatkan via social media (instagram, BBM, Whatsapp, Line, dan sejenisnya ). Selanjutnya pandai memilih model fashion yang laku agar produk kita menjadi fastmoving alias cepat laku. Rajinlah baca-baca Koran, majalah fashion remaja, atau nonton sinetron.



VII. KUNCI SUKSES

  •   Teruslah inovatif dan berkreatif untuk siap menghadapi persaingan pasar saat ini yang semakin pesat.
  •  Teruslah pupuk mental juara dalam diri dan berfikirlah positif dalam hal apapun.
  •  Jika ingin berhasil kita harus bisa melawan arus.
  •   Kegagalan bukan membuat putus asa. Tapi membuat semangat buat kita.
  •   Asal ada kemauan pasti ada kesuksesan.
VIII. ANALISA EKONOMI 
8.1  Asumsi
Saya mengambil produknya dari teman sehingga modal yang saya akan keluarkan juga tidak terlalu banyak. Owner berhak mendapat cashback 10% dengan harga barang yang terjual.
8.2  Modal Awal
Modal awal          Rp 300.000,-
8.3  Omset Perbulan
Laba kotor            Rp550.000,-                                                                           
Laba Bersih Perbulan
Jadi jika saya berjualan selama sebulan laba bersih yang saya dapatkan sebesar Rp 250.000,-

IX. PENUTUP

Tidak terlalu banyak biaya yang saya keluarkan karena masih awal, dan dalam pengambilan orderan sementara saya mengambil produknya dari teman (joint sama teman). Apabila suatu saat saya sudah focus berbisnis, pasti saya mendirikan usaha sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar