Rabu, Januari 11

Panin Bank


 
Sekilas PaninBank

Didirikan 17 Agustus tahun 1971 dan memperoleh izin sebagai bank devisa tahun 1972, PaninBank merupakan hasil merger Bank Kemakmuran, Bank Industri Djaja Indonesia dan Bank Industri & Dagang Indonesia.
Keputusan PaninBank untuk menjadi Bank pertama di Indonesia yang go-public pada tahun 1982, mencerminkan tingginya kepercayaan diri Bank yang masih terus terjaga hingga hari ini. Dengan fundamental yang kuat, PaninBank berhasil melewati krisis keuangan Asia 1998 sebagai Bank Kategori A, dan selanjutnya melangkah maju mengembangkan produk dan layanannya di bidang Perbankan Ritel dan Komersial.

Dengan tetap mempertahankan pendekatan sebagai bank lokal dengan pelayanan personal, PaninBank memanfaatkan reputasi yang telah terbina sekian lama di segmen perbankan korporasi, untuk berkembang menjadi salah satu bank SME terdepan di Indonesia, serta membangun basis nasabah ritel yang kuat. Melalui beragam produk dan layanan di segmen perbankan Konsumer, SME dan Mikro, Komersial, Korporat, dan Tresuri, PaninBank terus menjaga komitmen untuk tumbuh dengan kompetensi yang telah teruji dalam menciptakan nilai sejalan dengan prinsip kehati-hatian.

Dalam perkembangan yang terakhir, PaninBank terus meningkatkan penerapan proses tata kelola internal yang baik, dan secara efektif memanfaatkan sistem Teknologi Informasi untuk menjawab tuntutan pertumbuhan Bank yang dalam satu dekade ini terus menunjukkan kinerja yang solid. Hingga akhir tahun 2015 Panin Bank memiliki total aset sebesar Rp183,2 triliun atau merupakan salah satu dari 10 besar bank nasional. Kredit yang diberikan sebesar Rp126,8 triliun dan Dana Pihak Ketiga sebesar Rp128,3 triliun dan modal sendiri sebesar Rp 30,9 triliun.

PaninBank terus meningkatkan produk dan pelayanan yang inovatif dan bernilai tambah melalui cross selling dengan Perusahaan Anak dan perusahaan afiliasi, terutama produk-produk perbankan syariah dan produk bancassurance yang dipasarkan melalui Divisi Wealth Management. 

Saat ini Panin Bank mampu menyediakan kenyamanan pelayanan sebagaimana yang diinginkan dan layak didapatkan oleh nasabah berkat jaringan kantor cabangnya yang terus bertambah dan kini mencapai 566 kantor cabang dan 1.023 jaringan ATM yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Kedua pemegang saham utama, yakni PT Panin Financial Tbk (46,04%) dan ANZ Bank melalui Votraint No 1103 Pty Ltd (38.82%), memberikan dukungan strategis bagi Bank untuk mencapai tujuan perusahaan. Kepemilikan saham publik di Panin Bank pada akhir tahun 2015 adalah 15,14%, yang terdiri dari pemegang saham domestik dan internasional, institusi dan individu.

Misi dan Strategi
Misi
Mentransformasikan Panin Bank menjadi salah satu bank terkemuka dalam perbankan konsumen dan bisnis di Indonesia.
Strategi
  • Nasabah
    Fokus pada nasabah, memahami kebutuhan mereka dan memberikan layanan terpadu dan bernilai tambah.
  • Produk
    Mengembangkan dan mendistribusikan produk-produk yang inovatif untuk mendukung keberhasilan bisnis nasabah.
  • Distribusi
    Membangun kemampuan saluran distribusi multi-channel untuk menjangkau bisnis nasabah di seluruh Indonesia dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.
  • Efesiensi
    Merekayasa ulang proses pelayanan untuk mempercepat transaksi nasabah dan memberikan pelayanan yang efisien dan kompetitif melalui perkembangan teknologi.
  • Staf
    Mempertahankan dan meningkatkan budaya perusahaan untuk menghargai sepenuhnya pencapaian individu dan terus memotivasi karyawan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik serta meningkatkan produktivitas yang lebih tinggi.
  • Pemegang Saham
    Mendayagunakan ketangguhan bisnis inti dan franchise value kami untuk mencapai kinerja yang memuaskan agar dapat memberikan manfaat bagi para pemangku kepentingan (stakeholders).
Prestasi dan Reputasi
2014
  1. InfoBank Awards : Atas kinerja keuangan "Sangat Bagus" 2009-2013 (Jakarta, 18 Juli 2014)
  2. Cards & Electronic Payments International Asia Trailblazer Awards 2014 : Best Technology Initiative Highly Commended
  3. JP Morgan : 2014 Elite Quality Recognition Award U.S Dollar Clearing MT103 99.34% Recognized From 2002-2013
  4. 2013 STP Award For Excellence Highest Rate for Euro Denominated Commercial Payments In Indonesia for 2013.
  5. ING June 2014
  6. BCA : 2013 USD Direct Settlement STP Excellent Award. Japan, April 2014
  7. Economic Review : Anugerah Perbankan Indonesia 2014 PT. Bank Panin Tbk. Peringkat 7
  8. Buku 3 Perusahaan Tbk, Modal Inti Rp. 5T-30T

2013
  1. Meraih Peringkat 6 Bank Terbesar di Indonesia pada tahun 2013

  1. Menerima Bisnis Indonesia Awards 2013
    • “Bisnis Indonesia Awards 2013 predikat Perusahaan Terbaik untuk Sektor Keuangan”
  2. Menerima Info Bank Golden Trophy 2013
    • “Info Bank Golden Trophy 2013 untuk kategori Bank Buku 3 atau kelompok Bank dengan modal inti Rp. 5 Triliun – Rp. 30 Triliun”
  3. Menerima Banking Efficiency Awards 2013
    • “Banking Efficiency Awards untuk kategori Bank Umum Devisa”
2012
  1. Menerima ASIAN BANKER AWARDS – EXCELLENCE AWARDS
    • "Best Improved Retail Bank in Asia Pacific, Central Asia, Africa and the Gulf Region"
    • "Best Core Banking Implementation for Small Sized Banks"
  2. Menerima SEPUTAR INDONESIA - CSR AWARDS
    • "Panin Bank Reforest Indonesia - Sindo CSR Award"
  3. Menerima BANK of NEW YORK - Mellon STP Award
    • "In Recognition of Outstanding Payment Formatting and Straight Through Rate" 2011
  4. Menerima JP MORGAN Quality Recognition Award
    • Quality Recognition Awards - "US Dollar Clearing MT 103 97.88% Recognized from 2001-2010"
  5. Menerima ING Bank STP Award for Excellence
    • "Highest STP rate for Euro Denominated Commercial Payments in Indonesia for 2011"
  6. Menerima Bisnis Indonesia
    • "Banking Efficiency Award 2011 - Kategori Bank Umum Swasta Nasional Devisa"
  7. Menerima InfoBank Golden Trophy
    • "Bank with Excellent Category 2006-2011-Golden Award" (Bank Berpredikat SANGAT BAGUS periode 2006-2011)"
  8. Menerima Bisnis Indonesia Awards 2012
    • “Bisnis Indonesia Awards 2012 kategori Bank Swasta Terbaik 2012”
  9. Menerima Info Bank Awards 2012
    • “Info Bank Awards 2012 dengan predikat kinerja “Sangat Bagus” dalam “Rating 120 Bank di Indonesia”
2011
Menerima penghargaan "Best Environtmental Initiative-Indonesia" dari Asian Banking & Finance Magazine, "Bank with Excellent Category - Golden Award" dari InfoBank, "Product Innovation Award" dan "Quality Recognition Award" dari JP Morgan Chase.
2010
Menerima penghargaan "Indonesian Brand Champion Award" dari Markplus insight dan majalah marketeers, "3rd Best Domestic Provider of FX Serices in Indonesia" dan "2nd Best FX Prime Broking Service" dari Asiamoney , "Bank with Excellent Category Award" dari InfoBank.
2009
Menerima penghargaan: "Product Innovation Award" dan "Quality Recognition Award" dari JP Morgan Chase, "Outstanding Payment Formatting and Sraight-Through Processing (STP) Award" dari Bank of New York - Mellon, "Bank with Excellent Category Award" dari InfoBank, "The Best Bank in the Private Sector Award" dari ABFI Institute Perbanas dan majalah Tempo, "The Best ORI 6 Selling Agent" dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia, dan "Citi Performance Excellence Award" dari Citibank.
2008
Menerima penghargaan "Banking Service Excellence Award" dari InfoBank, dan "Bank with Excellent Category Award", "The Most Efficient Bank 2008" dari Bisnis Indonesia, "The Best ORI 2 Agent" dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia, "Padma Award" dari Kementerian Sosial Republik Indonesia, "The Best Bank in the Large Bank Category Award" dari ABFI Institute Perbanas dan majalah Tempo. "STP Award-Excellent Quality" dari Commerzbank.
2007
  1. Menerima penghargaan "Most Active Participant in Corporate Bond Transaction in the Bank Category" dari Bursa Efek Surabaya.
  2. Menerima tiga penghargaan dari Marketing Research Indonesia (MRI) dan Majalah Infobank:
    • Performa Terbaik, Internet Banking - Runner-Up
    • Performa Terbaik SMS Banking - Runner-Up
    • Performa Terbaik, Phone Banking pada tahun 2005-2006, peringkat No. 9
2006
Menerima penghargaan "Best Domestic Provider of FX Services" dari Asiamoney, "Recognition of Outstanding Payment Formatting and Straight Through Rate" dari Bank of New York, "The JP Morgan Quality Recognition Award" dan disebut sebagai salah satu dari 4 agen penjual ORI II Government Retail Bonds terbaik
2005
Menerima penghargaan Elite Quality Recognition Award (JP Morgan Chase) untuk operasi transfer dana, dinominasikan "Bank Nasional Terbaik 2005" (Bisnis Indonesia), "Bank umum, non-rekap, terbaik dengan aset di atas Rp 10 Triliun" (Investor Magazine), dan "Excellence Award for Financial Achievements" (InfoBank).
2004
Diberikan penghargaan "Bank Publik Terbaik" berdasarkan EVA concept (MarkPlus dan SWA), "Bank non-rekap Terbaik" (Investor) dan "Peserta Paling Aktif-Government and Corporate Bonds Trading" (Bursa Efek Surabaya).
2003
Diberikan penghargaan "Bank Publik Terbaik" berdasarkan EVA concept (MarkPlus dan SWA) dan "Bank Terbaik dalam Pelaporan Lalu Lintas Devisa" (Bank Indonesia).
2002
Mencapai posisi terdepan dalam produk dan layanan perbankan konsumen yang mendukung strategi bisnis ritel Panin Bank.
2001
Dinilai sebagai "The Best Rated Bank in the Indonesian Banking Industry Post Crisis" oleh Moody's Investor Service-BFSR.
1999
Perjanjian Bantuan Teknis ditanda-tangani dengan mitra strategis ANZ Banking Group, Australia yang mengakuisisi 29% kepemilikan saham. Mereposisikan strategi bisnis PaninBanin dari perbankan korporasi tradisional menjadi memasuki segmen ritel dan konsumen, perubahan dalam budaya perusahaan dan inisiatif bisnis baru.
1998-2000
Bank Panin terpilih sebagai "Bank Domestik Terbaik" oleh Majalah Global Finance selama tiga tahun berturut-turut.
1998
Krisis multidimensi melanda Indonesia: politik, ekonomi dan sosial. PaninBanin merupakan salah satu dari sedikit bank yang disertifikasi oleh International Accounting Firm sebagai bank kategori "A" dan dibebaskan dari rekapitalisasi pemerintah.
1997
Mendapatkan peringkat "Top 10" di antara 243 bank komersial nasional.
1982
Bank Indonesia pertama yang go public, mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta.
1971
Didirikan sebagai penggabungan dari tiga bank. Bank Kemakmuran (1956), Bank Industri dan Dagang Indonesia (1956) dan Bank Industri Djaya Indonesia (1969).

 

Dewan Komisaris



JOHNNY N.
WIRAATMADJA


Presiden Komisaris 
Warga Negara Indonesia, 62 tahun. Menjabat sebagai Presiden Komisaris PaninBank sejak 28 Juni 2007. 

 
http://www.panin.co.id/doc/CMSUpload/Images/chandra-r-gunawan_thumbs.jpg
CHANDRA R. GUNAWAN *)


Wakil Presiden Komisaris
Warga Negara Indonesia, 57 tahun. Menjabat sebagai Wakil Komisaris PaninBank sejak 01 Juni 2015.

http://www.panin.co.id/doc/CMSUpload/Images/-kecil635701041446704487.gif
LINTANG NUGROHO


Wakil Presiden Komisaris - Independen
Warga Negara Indonesia, 60 tahun. Menjabat sebagai Wakil Presiden Komisaris Independen PaninBank sejak 2016.

http://www.panin.co.id/doc/CMSUpload/Images/drs-riyanto_thumbs.jpg
Drs. RIYANTO


Komisaris Independen
Warga Negara Indonesia, 70 tahun. Menjabat sebagai Komisaris PaninBank sejak 28 Mei 2004.

http://www.panin.co.id/doc/CMSUpload/Images/h-bambang-winarno_thumbs.jpg
Drs. H. BAMBANG WINARNO


Komisaris Independen
Warga Negara Indonesia, 76 tahun. Menjabat sebagai Wakil Presiden Komisaris Independen PaninBank sejak 29 Juni 2001. .

http://www.panin.co.id/doc/CMSUpload/Images/LLL1635459483800666527.gif
LIANNA LOREN LIMANTO


Komisaris
Warga Negara Indonesia, 60 tahun. Menjabat sebagai Komisaris PaninBank sejak 01 September 2014.

Dewan Direksi




HERWIDAYATMO


Presiden Direktur
Warga Negara Indonesia, 59 tahun. Menjabat sebagai Presiden Direktur PaninBank sejak 01 September 2014.


ROOSNIATI SALIHIN


Wakil Presiden Direktur
Warga Negara Indonesia, 68 tahun. Menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur PaninBank sejak 9 Juni 1997.

LIONTO GUNAWAN *)


Wakil Presiden Direktur
Warga Negara Indonesia, 46 tahun. Menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur PaninBank sejak 01 Juni 2015.

EDY HERYANTO


Direktur Perbankan Komersial
Warga Negara Indonesia, 53 tahun. Menjabat sebagai Direktur Perbankan Komersial PaninBank sejak 28 Mei 2004.

GUNAWAN SANTOSO


Direktur Tresuri
Warga Negara Indonesia, 48 tahun. Menjabat Sebagai Direktur Tresuri PaninBank sejak 28 Juni 2007.

HENDRAWAN DANUSAPUTRA


Direktur Perbankan Institutional
Warga Negara Indonesia, 51 tahun. Menjabat sebagai Direktur Perbankan Institutional PaninBank sejak 28 Juni 2007.

NG KEAN YIK


Direktur Perbankan Ritel
Warga Negara Australia, 60 tahun. Menjabat sebagai Direktur Perbankan Ritel PaninBank sejak 30 Juni 2008.
http://www.panin.co.id/doc/CMSUpload/Images/iswanto-tjitradi-thumbs.jpg
ISWANTO TJITRADI


Direktur Perbankan Korporasi
Warga Negara Indonesia, 68 tahun. Menjabat sebagai Direktur Perbankan Korporasi PaninBank sejak 8 September 2009,

H. AHMAD HIDAYAT


Direktur Administrasi dan Keuangan
Warga Negara Indonesia, 78 tahun. Menjabat sebagai Direktur Administrasi dan Keuangan PaninBank sejak 30 Juni 1994.

SUWITO
TJOKRORAHARDJO *)


Direktur
Warga Negara Indonesia, 51 tahun. Menjabat Sebagai Direktur Panin Bank sejak 29 Mei 2015. Bergabung dengan Panin Bank sejak tahun 2006

ANTONIUS KETUT DWIRIANTO


Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko
Warga Negara Indonesia, 47 tahun. Menjabat sebagai Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko PaninBank sejak 8 September 2009.

Sekretaris Perusahaan




JASMAN GINTING


Sekretaris Perusahaan
Warga Negara Indonesia, berusia 50 tahun. Beliau memulai karirnya sebagai Management Trainee (Officer Development Program) di PT Bank Panin Tbk tahun 1991,

STRUKTUR ORGANISASI

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.