Sabtu, Maret 18

Bisnis Plan "TABAKE"



@C04-Putri

Saat ini persaingan di dunia kerja semakin berat dan pengangguran semakin bertambah banyak. Pengangguran tidak hanya berasal dari masyarakat yang tidak mempunyai keahlian dalam bidang tertentu tetapi juga dari para karyawan-karyawan yang dipensiunkan secara dini oleh perusahaan, baik perusahaan besar maupun kecil.
Dalam hal ini harus ada kesadaran dari seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam mengatasi pengangguran karena pemerintah hanya membantu dengan program-program pemerintahan seperti UKM (Usaha Kecil Menengah), sementara itu yang harus menjalankannya adalah masyarakat itu sendiri. UKM (Usaha Kecil Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia. Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru, UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Saat ini UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia.
UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang. Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa UKM hanya menguntungkan pihak-pihak tertentu saja. Padahal Kenyataannya keberadaan UKM mampu mendongkrak dan mempercepat pertumbuhan perekonomian di negara kita serta menyerap jumlah tenaga kerja sehingga mengurangi kasus pengangguran di Indonesia.
Bagi Anda yang tertarik menekuni usaha kecil dan menengah, berikut kami informasikan salah satu ide bisnis yang kami rencanakan yang bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha, yaitu membuat makanan ringan dengan bahan dasar tahu dipadukan dengan adonan bakso yang digoreng dengan tepung crispy. Selain itu juga dengan konsep yang disajikan dengan berbagai toping keju, yang karena itu kemudian diberi nama “TABAKE” yang artinya Tahu Bakso Keju.
Konsumen
Target pasar yang saya tuju adalah kalangan anak-anak, remaja, sampai orang dewasa yang menyukai makanan ringan yang di padu-padankan dengan berbagai keju.  Biasanya cenderung ke anak remaja yang ditargetkan menjadi konsumen kami karena pada umur tersebutlah mereka gemar mencari makanan yang menurut mereka unik untuk dikunjungi dan dicoba. Terlepas dari poin tersebut, “TABAKE” dibuat untuk semua kalangan mulai dari kelas kebawah, kelas menengah hingga kelas atas. 
Memulai Bisnis TABAKE
1.   Modal utama saya adalah pemahaman akan skill dan pengetahuan saya tentang perkembangan yang pas pada trend jenis makanan yang saat ini laris manis di pasaran. Terlebih segala jenis makanan yang berbahan dasar tahu ataupun makanan lain yang pas dikombinasikan dengan keju. Untuk itu saya harus jeli melihat peluang dan perubahan minat dari konsumen melalui majalah, internet, untuk mengamati sejauh manakah perkembangan minat mereka dalam hal kuliner.
2.   Menajalin kerjasama dengan supplier bahan baku tahu yang memberikan penawaran harga murah tanpa harus mengesampingkan kualitas tahu yang saya gunakan.
3.   Mencari tenaga kerja yang lebih kreatif dan mempunyai kemampuan atau skill bagus dalam mengelolah menu yang berbahan baku makanan ringan yang sehat seperti tahu.
4.   Selalu memperhatikan rasa dari makanan yang dibuat. hal ini penting untuk penunjang kualitas cita rasa produk agar tetap terjaga dan tidak kalah bersaing dengan makanan berbahan dasar perti tahu dan lainnya yang ada di pasaran
Keuntungan Bisnis TABAKE
Anda tentu  sepakat dengan 'tahu' adalah makanan yang sederhana namun kaya akan nutrisi karena diperoleh dari kacang kedelai alami. seperti kita ketahui, tahu menjadi pilihan makanan yang di olah menjadi aneka makanan. tahu juga bisa di nikmati sebagai cemilan sehat yang diberikan bahan lainnya. Selain itu, Banyak masyarakat Indonesia menyukai tahu apalagi jika tahu tersebut dapat dijadikan makanan ringan yang diolah menjadi makanan yang lebih enak dan lezat.
Kendala Bisnis
Kendala dari usaha ini adalah ketersediaan tahu yang sering terlambat. Bila permintaan sedang naik, persediaan tahu pun cendrung sulit ditemukan sekingga mengakibatkan kenaikan harga pada jenis tahu yang dicari.
Strategi Pemasaran
Untuk memperluas jaringan pemasaran produk TABAKE, saya akan melakukan dengan mengikuti berbagai macam pameran UKM yang sering diselenggarakan instansi pemerintah. Selain itu juga saya akan mengikuti bazar makanan di setiap event yang diseleggarakan. Adapun Strategi paling kuat untuk memasarkan produk kami adalah mempromosikannya lewat Sosisal Media. Di zaman sekarang memasarkan produk lewat sosial media jauh lebih efektif , misalnya beberapa foto produk TABAKE di upload di Instagram agar followers tertarik dan tergiur melihatnya, pelayanan pengantaran makanan (Delivery) bisa diantarkan melalui jasa ojek online seperti GoFood, GrabFood, dan lainnya.
Kunci sukses
Jujur dalam menjalankan usaha, Harus focus dengan apa yang ingin dicapai, harus mempunyai mental baja, selain itu juga harus jangan pernah takut akan rugi, karena dengan adanya hal itu kita jadi bisa belajar dari kegagalan itu sendiri agar usaha baru yang kita tekuni tidak terjadi kesalahan lagi dimasa yang akan datang. Dan yang terakhir selalu berinovasi dengan jenis makanan yang kalian ingin kreasikan .
Analisa Ekonomi
Asumsi
  • Produksi TABAKE sebanyak 250 buah
  • 1 buah TABAKE dibandrol dengan harga Rp. 10.000,- sampai Rp 15.000,- sudah lengkap dikasih keju, saus tomat, saus cabe, dan mayones.
  • Proses produksi dilakukan dirumah, tanpa menyewa tempat usaha
Modal Awal
Tahu (Rp 1.025,- /tahu x 250 tahu)                                       @Rp 312.500,-
Keju (keju mozarela, cedar, parmesan)                                  @Rp 400.000,-
saus, mayones, minyak goreng, bahan-bahan kecil lainnya    @Rp 350.000,-
peralatan dapur (kompor, penggorengan, panci,gas)             @Rp 2.000.000,-
TOTAL                                         @Rp 3.062.000,-

Biaya Penyusutan
  • peralatan dapur               @1/48 x Rp 4.100.000,
                                               @ Rp. 85.500,-
  • peralatan produksi           @ 1/12 x Rp 360.000,-
                                            @ Rp. 30.000,-
    TOTAL                              @ Rp 115.5000,- 

Biaya produksi perbulan
Bahan baku tahu (250 tahu)            @Rp 312.500,-
Gaji tenaga  ( Rp.600.000 x 1 )       @Rp 600.000,-
Biaya Listrik dan telepon                 @Rp 500.000,-
Biaya penyusutan peralatan             @Rp 115.500,-
TOTAL                                            @Rp 1.528.000,-

Omset per bulan
Penjualan TABAKE 250 x Rp 15.000,- = Rp 3.750.000,-/bulan (untuk harga Rp 15.000,-)
Laba bersih per bulan
Rp. 3.750.000 - Rp. 1.528.000  =  Rp. 2.222.000,-/bulan
Return of investment (ROI)
( Rp 3.062.000,- + Rp 1.528.000,-) : Rp. 2.222.000,- = Rp 2.066.000,-
Penutup
semoga informasi membangkitkan usaha kecil menengan dengan membuat usaha makanan ringan yang lezat bahkan dengan harga terjangkau. dan juga dapat bermanfaat bagi pembaca serta menjadi satu inspirasi bisnis yang bisa dijalankan untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya. Memulai dari yang keci, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang. Mari berbisnis !!!

😃😃😃

Tidak ada komentar:

Posting Komentar