Jumat, Maret 17

BISNIS PLAN “FAZHA HIJAB FASHION”

@C16-Citra

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, oleh karena selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan.
Dalam krisis ekonomi yang terjadi di negara kita sejak beberapa waktu yang lalu, dimana banyak usaha berskala besar yang mengalami stagnasi bahkan berhenti aktifitasnya, sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terbukti lebih tangguh dalam menghadapi krisis tersebut. Mengingat pengalaman yang telah dihadapi oleh Indonesia selama krisis, kiranya tidak berlebihan apabila pengembangan sektor swasta difokuskan pada UKM, terlebih lagi unit usaha ini seringkali terabaikan hanya karena hasil produksinya dalam skala kecil dan belum mampu bersaing dengan unit usaha lainnya

Pengembangan UKM perlu mendapatkan perhatian yang besar baik dari pemerintah maupun masyarakat agar dapat berkembang lebih kompetitif bersama pelaku ekonomi lainnya. Kebijakan pemerintah ke depan perlu diupayakan lebih kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya UKM. Pemerintah perlu meningkatkan perannya dalam memberdayakan UKM disamping mengembangkan kemitraan usaha yang saling menguntungkan antara pengusaha besar dengan pengusaha kecil, dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusianya.

Bagi Anda yang tertarik menekuni usaha kecil dan menengah, berikut kami informasikan salah satu ide bisnis yang kami rencanakan yang bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha, yaitu membangun sebuah fashion hijab dengan konsep bahan yang kita miliki lebih adem dan banyak model-model hijab dan baju-baju yang kekinian dan memproduksi dari keluarga fazha, karena itu kemudian diberi nama “Fazha Hijab Fashion”

v  Konsumen
Target konsumen yang dituju dari “FAZHA HIJAB FASHION” adalah keluarga, kalngan mahasiswa dan lain-lainnya. Biasanya cenderung ke anak remaja yang ditargetkan menjadi konsumen kami karena pada umur tersebutlah mereka gemar mencari fashion-fashion yang menurut mereka unik untuk dicoba dan dilihat. Terlepas dari poin tersebut, Fazha Hijab Fashion dibuat untuk semua kalangan mulai dari kelas mengah dan kelas atas.

v  Permulaan usaha “FAZHA HIJAB FASHION”
Untuk menjalankan peluang bisnis ini, ada beberapa hal penting yang saya siapkan terlebih dahulu, antara lain sebagai berikut :
1.    Modal utama saya adalah pemahaman akan skill dan pengetahuan saya tentang perkembangan yang pas pada trend jenis model dan bahan apa saja yang saat ini laris manis di pasaran. Terlebih segala jenis bahan dan warna untuk dikombinasikan agar menjadi suatu yang menarik dan terlihat elegant saat dipakai.  Untuk itu saya harus jeli melihat peluang dan perubahan minat dari konsumen melalui media koran, majalah, internet, untuk mengamati sejauh manakah perkembangan minat mereka dalam hal Fashion.
2.    Menjalin kerjasama dengan supplier yang berkembang di fashion yang memberikan penawaran harga lebih murah tanpa harus mengesampingkan kualitas produksi yang saya gunakan.
3.    Lebih mementingkan tenaga kerja yang kreatif dan memiliki skill mantap dalam hal mengolah fashion-fashion yang bervariasi.
4.    Kualitas bahan yang ditawarkan membutuhkan pengontrolan pada seluruh varian makanan yang telah di produksi, hal ini penting untuk penunjang kualitas cita rasa produk agar tetap terjaga dan tidak kalah bersaing .

v  Kendala Bisnis usaha “FAZHA HIJAB FASHION”
            Beberapa kendala yang mungkin akan saya dihadapi sebagai para pelaku wirausaha fashion “ FAZHA HIJAB FASHION” yaitu sulitnya mendapatkan beberapa jenis bahan yang mungkin tidak mudah kami dapatkan di Indonesia. Sehubungan dengan bahan-bahan yang kita beli diimport langsung dari luar negeri, sehingga bisa saja terjadi keterlambatan pengiriman. Ketika permintaan bahan yang sedang melonjak naik, dan kurs mata uang sedang naik pula, persediaan bahan pun cenderung sulit ditemukan sehingga mengakibatkan adanya kenaikan harga.

Strategi paling kuat untuk memasarkan produk kami adalah mempromosikannya lewat Sosisal Media. Sebagai era Globalisasi, media sosial bagaikan makanan pokok yang tidak bisa terlepas dari manusia. Hal itu akan menjadi efektif bila kita memasarkan produk kami lewat sosial media, misalnya beberapa foto hijab atau pakaian dari andalan kami di upload di Instagram supaya followers tertarik melihatnya, pelayanan pengantaran pastinya dengan melalui JNE dan JT Express dan bisa juga melulai jasa ojek online. Namun kami juga tetap memasarkan produk ini melalui flyer yang disebarkan sebagai bentuk promosi lain selain melalui sosial media.

v  Kunci Sukses
Kunci sukses saya, selalu berdoa kepada Allah SWT dan meminta Rida nyya orang tua agar selalu diberkahai bisnis yang saya jalankan, dan pantang menyerah dalam mencari bahan yang berkualitas dari usaha yang saya jalanin.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar