Jumat, Maret 24

Bisnis Plan Usaha U-Drink

@C19-Annisa

Laju pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia belakangan ini memang cukup pesat.
Hal ini tentunya memberikan dampak yang sangat positif bagi perkembangan ekonomi Indonesia pada umumnya. Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan UKM mampu mendongkrak dan mempercepat pertumbuhan perekonomian di negara kita serta menyerap jumlah tenaga kerja sehingga mengurangi kasus pengangguran di Indonesia.
Meskipun sampai hari ini masih banyak para pelaku UKM yang mengalami beberapa kendala usaha, seperti permasalahan modal, promosi, jaringan bisnis, dan lain sebagainya. Namun pada dasarnya UKM merupakan salah satu kegiatan industri yang tahan banting dan tidak terpengaruh adanya krisis global yang beberapa waktu lalu sempat menumbangkan beberapa perusahaan besar di sekitar kita. Bukti inilah yang menjadi motivator bagi sebagian masyarakat sehingga akhirnya mereka memilih peluang usaha kecil dan menengah sebagai alternatif tepat untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya.
Tentu Anda tidak ingin melewatkan peluang tersebut bukan? Bagi Anda yang tertarik menekuni usaha kecil dan menengah, berikut kami informasikan salah satu ide bisnis yang bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha, yaitu memproduksi aneka macam jenis minuman antara lain soft drink, melt ice cream, dan masih banyak lagi.

Konsumen
Target pasar yang menjadi sasaran adalah kalangan anak-anak, remaja, serta orang tua, karena kehidupan anak muda yang royal mereka juga enggan makan dirumah dan juga rata-rata anak muda senang makan bersama teman-temannya. Serta khusus anak anak adalah ini ada hal yang menarik dimata anak-anak, yaitu tempatnya dengan pembungkus yang menarik seperti ada gambar kartun dan pernuh warna.
Cuaca yang panas serta suhu hawa sedikit lembab pasti bikin orang dengan semua umur suka pada es cream untuk menolong melepas dahaga. Bahkan juga, orang yang semula tak suka susu pada akhirnya dapat nikmat minum susu karena es cream. Ya, es cream memanglah di buat dari susu.
Terlebih sekarang ini, iklan-iklan es cream di tv sangatlah marak serta menggoda customer untuk membelinya. Bahkan juga, nyaris di seluruhnya resepsi pernikahan ataupun acara syukuran, stand es cream tak ketinggalan serta senantiasa diserang pengunjungnya.

Memulai Bisnis U-Drink
Untuk menjalankan peluang bisnis ini, diperlukan beberapa hal penting yang anda siapkan terleboh dahulu, antara lain sebagai berikut :
1.       Buat persiapan Modal Awal Mencari info sebanyaknya-banyaknya dari beberapa orang yang melakukan bisnis jualan es cream serta banding cerita mereka. Lantaran umumnya tiap-tiap orang mempunyai jumlah modal awal yang berlainan. Hal semacam ini sangatlah utama lantaran jika kita usaha dengan system franchise, umumnya masing-masing produsen es cream memiliki ketentuan berlainan perihal modal awal ini.
2.       Mesin Es Krim sudah dijelaskan diatas bahwasanya mesin es cream terhitung modal utama untuk usaha ini. Walau memiliki kekuatan dana yang besar untuk pembelian mesin es cream, tidak ada kelirunya juga mencari informasi perihal hal semacam ini ke beragam sumber. Saat ini, informasi beragam mesin es cream gampang di cari lewat internet maupun media bikin. Banyak yang tawarkan semua jenis mesin pembuat es cream beserta fasilitasnya seperti tips memakai mesin es cream, latihan langkah bikin es cream, serta layanan servis mesin. Bahkan juga, ada juga sebagian supplier mesin es cream tawarkan adonan instans es cream. Baiknya, kenali dulu seluk beluk kwalitas dari mesin es cream seperti daya listrik yang diperlukan mesin serta kemampuan untuk es cream. Apabila pemula sekali dalam hal semacam ini serta tidak ingin ribet, kita bisa ikuti system franchise atau mungkin beli paket usaha pada produsen es cream terkenal
3.       Penentuan tempat yang pas adalah aspek utama untuk kesuksesan usaha jualan es cream. Pastikan tempat yang strategis seperti pusat perbelanjaan, lingkungan sekolah, universitas, perkantoran, serta beberapa tempat wisata. Umumnya, beberapa lokasi itu ramai pengunjung atau mungkin tempat yang umum dilewati pihak umum.
4.       Tehnik Pemasaran Tempat yang strategis belum cukup untuk keberhasilan usaha berjualan es cream. Apabila mau usaha ini berkembang cepat dengan merambah ke bidang lain seperti layanan stand es cream untuk resepsi atau mungkin syukuran, kita mesti tahu tehnik pemasaran yang pas.

Keuntungan Bisnis U-Drink
Usaha minuman u-drink tidak bisa dipungkiri bahwa sampai kapanpun akan menjadi kebutuhan utama pada masyarakat luas dan digandrumi pada semua kalangan masyarakat. Ice cream juga masih banyak di gemari dari kalangan anak-anak remaja sampai dengan dewasa. Jadi, keuntungan yang di dapat

Kendala Bisnis U-Drink
            Ada beberapa masalah yang terjadi pada mesin Ice Cream yang terkadang membuat anda bingung mencari penyebabnya. Pada saat ini, seperti yang kita ketahui suhu di Indonesia menjadi lebih panas dan semakin panas sebelumnya. Oleh karena itu bisnis minuman dingin dan makanan dingin seperti ice cream sangat berjamur dan tetap diminati oleh konsumen dari semua kalangan. Khususnya mesin ice cream yang dipilih sebagai bisnis yang paling menguntungkan pembisnis dalam menghadapi suhu yang panas di Indonesia. Banyak merk mesin ice cream yang dapat dibeli oleh pebisnis ini, tetapi yang harus diperhatikan dalam memlilih mesin ice cream ini adalah kekuatan dari komponen utamanya yaitu kompresor. Kompresor menjadi item atau komponen paling penting dalam suatu sistem pendingin. Karena tanpa kompresor, zat refrigerant tidak dapat ditekan sehingga menghasilkan kedinginan yang diinginkan
Selain hal itu, perhatikan juga tuas- tuas atau distributor dari mesin ice cream tersebut pas dengan dudukan yang ada di mesin ice cream. Sehubungan dengan maraknya bisnis ice cream yang ada di masyarakat otomatis banyak juga mesin ice cream yang dimiliki oleh orang - orang yang melakukan bisnis ice cream tersebut dan pasti banyak juga kendala - kendala yang dihadapi dalam membuat atau menjalankan mesin ice cream tersebut.

Strategi Pemasaran
            Dari awal produk ini ditargetkan untuk konsumen yang memiliki keinginan hadirnya minuman yang dapat menghilangkan dahaga di tengah kelelahan dan kondisi panas selama perjalanan. Atribut kepuasan ini dicoba untuk dipenuhi dengan menghadirkan minuman dengan topping ice cream dalam kemasan yang praktis. Untuk menambah nilai kepuasan minuman ini disajikan dingin dengan menyediakan variant rasa es pada titik-titik penjualannya.

Kunci Sukses
Sebagai pelaku usaha haruslah memiliki keuletan dalam menjalankan bisnis anda. Jangan pernah takut untuk gagal, apabila anda gagal dalam membangun usaha anda janganlah mudah menyerah tapi bangkit dan teruslah bangkit untuk memperbaiki usaha anda karena setiap tantangan yang ada di hadapan kita merupakan puncak kesuksesan kita meraih apa yang kita inginkan. Teruslah untuk tetap kreatif dan inovatif untuk menghadapi persaingan pasar kuliner semakin pesat. Bila kualitas  yang anda hasilkan tetap terjaga, maka para competitor pun akan kesulitan dalam menduplikasi produk anda.

Analisi Ekonomi
Asumsi
- Produksi minuman sebanyak 1.000 buah
- Proses produksi dilakukan di rumah, tanpa menyewa tempat usaha
Modal awal
Mesin pembuat ice cream (@ Rp 14.000.000,00 x 2 buah)                            Rp 28.000.000,00
Freezer untuk pembekuan                                                                                Rp. 2.000.000,00
Peralatan produksi (gelas takar,cup,panic, loyang ice cream,susu)                  Rp 2.000.000,00 +
Total                                                                                                                 Rp 32.000.000,00

                                                                 
Biaya produksi per bulan
Bahan baku ((gelas takar,cup,panic, loyang ice cream,susu)              Rp 2.000.000,00
Gaji tenaga borongan (Rp 500.000,00 x 5 orang)                                Rp 2.500.000,00
Biaya listrik dan telepon                                                                      Rp 1.000.000,00
Biaya transportasi dan jasa pengiriman barang                                    Rp 1.500.000,00
Biaya promosi                                                                                      Rp 500.000,00 +
Total                                                                                                    Rp 7.500.000,00

Omset per bulan
Penjualan ice cream: @ Rp 10.000,00 x 1.000 buah =                       Rp 10.000.000,00
Laba bersih per bulan
Rp 32.000.000,00 - Rp 7.500.000,00=                                                          Rp 24.500.00,00
Return of Investment (ROI)
(modal awal + biaya produksi) : laba bersih per bulan                        ± 2 bulan
Demikian informasi mengenai usaha kecil menengah dengan  memproduksi kuliner ice cream ini bisa bermanfaat. Terimakasih.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar