Jumat, Maret 17

Business Plan : Bisnis Sepatu Original Murah

@C47-Sesadri

Dewasa ini, hampir semua orang menyukai fashion, dari usia dini hingga usia senja. Dari banyak fashion yang digemari, salah satunya adalah sepatu.
Zaman sekarang banyak orang melihat sepatu sebagai penunjang penampilan yang tidak boleh diremehkan, sehingga orang banyak berburu sepatu original ke toko, maupun online. Ada beberapa alasan mengapa sepatu original branded, seperti Nike, Adidas, Vans, dsb sangat dinantikan oleh anak-anak muda :



1   .     Untuk menunjang kebutuhan mereka sesuai aktivitas
2   .     Menjadi kolektor
3   .     Gengsi yang tinggi
4   .     Syarat untuk masuk komunitas (di dunia persepatuan pun ada komunitasnya, contoh :    Indonesia Sneaker Team
     
      Saat ini orang sudah malas berbelanja sepatu original di toko, karena harganya yang mahal. Kondisi tersebut menciptakan peluang yang sangat besar, yaitu berbisnis sepatu original secara online dengan harga yang jauh lebih murah dibanding toko.

Konsumen

Target pasar paling banyak dari bisnis ini, yaitu anak muda yang menginjak usia remaja dan sudah mulai memikirkan penampilan. Selain itu target dari bisnis ini, yaitu anggota komunitas dan kolektor sepatu.

Memulai Bisnis Sepatu Original

Untuk memulai bisnis ini, hal utama yang harus kita persiapkan, yaitu sebagai berikut :
1   .     Modal. Bukan cuma uang, melainkan kejelian dalam melihat trend, karena sepatu yang sedang trend bisa berbeda-beda setiap saat.
2   .     Mencari supplier yang terpercaya dan barang yang di-supplynya dijamin original dan berkualitas tinggi
3   .     Buat akun media sosial yang dapat kita gunakan untuk memasarkan produk kita. Karena ini bisnis online, maka kita akan memasarkan produk kita di ‘new media’, yaitu media sosial dan e-commerce, misalnya KASKUS FJB, Instagram, Facebook, Bukalapak, Tokopedia, dll. Dalam media-media tersebut kita juga memiliki kesempatan untuk mengiklankan produk kita secara lebih meluas dengan membayar jasa iklan yang disediakan, bisa disesuaikan dengan budget kita.

Keuntungan Bisnis Sepatu Original Online

          Banyak keuntungan dari bisnis ini, selain menambah pengetahuan tentang trend mode, kita juga dapat meraup keuntungan besar jika online shop kita sudah dikenal luas. Banyak reseller dan dropshipper yang akan membeli barang dari kita. Dunia persepatuan ini tidak ada matinya, setiap saat pasti ada model baru yang keluar, jika kita jeli dalam melihat trend maka kita tidak akan pernah kehilangan konsumen kita. Kita juga akan banyak mendapat relasi dan networking.

Kendala Bisnis Sepatu Original Online

          Kendala dari bisnis ini, yaitu terkadang kita memiliki supplier yang sama dengan pesaing kita. Jika telat sedikit maka kita tidak akan mendapat barang, padahal saat itu barang tersebut sedang trend dan laku keras. Maka kita tidak bisa memiliki hanya 1 supplier, kita harus memiliki banyak supplier. Kendala lainnya, yaitu banyaknya pesaing dalam bisnis ini.

Strategi Pemasaran

Kita dapat memasarkan produk kita melalui media sosial, e-commerce, dan mengikuti bazaar-bazaar.

Kunci Sukses

Kunci sukses dalam bisnis ini, yaitu kejelian dalam melihat peluang dan trend, serta service yang baik kepada konsumen, sehingga konsumen pun akan betah berbelanja di olshop kita.

Analisa Ekonomi

Misalkan, modal kita Rp15.000.000,-, kita bisa mendapatkan sekitar 35-50 pasang sepatu (tergantung harga satuan sepatu ; harga sepatu berbeda-beda). Jika 1 bulan kita bisa menjual minimal 25 pasang sepatu dengan estimasi keuntungan 1 pasangnya Rp50.000,-, maka dalam 2 bulan kita sudah balik modal Rp15.000.000,- + keuntungan Rp2.500.000,-.

Jika modal makin besar atau pengambilan keuntungannya semakin besar (harus melihat pasaran harga terlebih dahulu sebelum mengambil keuntungan), maka ROI nya akan lebih besar lagi.

Penutup


Melakukan bisnis sepatu original online ini sangatlah mudah, apalagi dengan berkembangnya new media seperti sekarang ini, maka akan semakin mudah bagi kita untuk memasarkan produk yang kita punya. Jika modal tidak cukup, hanya bermodalkan smartphone, kuota internet, dan akun medsos saja kita sudah bisa melakukan bisnis ini (menjadi reseller atau dropshipper produk orang lain). Yang penting, jika kita mempunyai kemauan dan ketekunan, maka bisnis apapun dapat kita jalankan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar