Maret 17, 2017

Bisnis Plan: Usaha Party Planner

@C40-Elza

Banyak kita temui sekarang bahwa masyarakat sudah sibuk dengan kegiatan yang dihadapi setiap harinya, bahkan untuk memperhatikan orang-orang tersayang disekitarnya sangat kurang. Karena kesibukan tersebut didapati bahwa hari-hari berharga seperti hari ulang tahun, hari jadi pernikahan sering terlupakan karena kesibukan masyarakat yang tidak bisa menyiapkan segala sesuatu untuk hari penting dengan istimewa dana maksimal. 
Party Planner  yang bernama BMT ini bergerak dalam bidang jasa untuk merencanakan pesta seperti acara anniversary, surprise party, romantic dinner, dan lain-lain. Selain itu BMT juga memiliki keunggulan di bandingankan party planner lainnya , bisa dilihat dari paket harga yang disediakan oleh BMT sangat bersaing dengan kompetitor. Selain itu kami memiliki keunggulan yaitu dengan dapat menyesuaikan pesanan dengan harga yang di butuhkan oleh konsumen untuk setiap perencanaan pesta, akan tetapi kita memiliki batas minimal untuk setiap pesanan. Sesuai dengan

Konsumen

Dalam party planenr ini tentunya kita menargetkan anak-anak hingga orang dewasa, serta instansi – instansi yang ingin membuat atau menyelenggarakan pesta ulangtahun atau perayaan lainnya. Hal ini tentunya sangat membantu konsumen yang tidak ingin direpotkan dalam mempersiapkan acara special mereka, sehingga dibutuhkan planner – planner yang kreatif yang dapat mewujudkan keinginan konsumen dalam meyeenggarakan acara mereka.


Memulai Party Planner

Dalam memulai sebuah bisnis party planner tentunya ada beberapa hal yang sangat penting diluar modal usaha, yaitu :

1.     Modal utama adalah skill dan kreatifitas, karena dalam bisnis ini kita dituntut untuk dapat mengerti apa yang konsumen/klient inginkan, sehingga apa yang mereka inginkan dan bayangkan sesuai dengan konsep yang kita buat.
2.     Menjalin kerja sama dengan suplier, tentunya sangat diperlukan, sehingga kita dapat mendapatkan harga yang lebih murah serta kita dapat lebih mudah dalam mencari barang – barang yang ingin kita beli untuk dekorasi pada saat acara. Seperti: kue, balloon, tempat percetakan undangan, serta tempat percetakan backdrop, dsb.
3.     Mencari tenaga kerja, party planner merupakan bisnis jasa, maka dari itu pastiah kita membutuhkan tenaga kerja yang kreatif dan juga kuat, yang senang berimajinasi, teliti dan juga rajin. Karena itu semua merupakan landasan daripada seorang planner.
4.     Mengikuti tren anak muda, dalam menjalankan party planner tentunya kita harus tahu tren yang saat ini sedang

Keuntungan Party Planner

Menggunakan jasa Party Planner merupakan cara yang bagus untuk menghemat biaya dan memastikan detil yang penting sudah diurus. Party Planner  yang profesional tahu apa yang mereka kerjakan. Tak hanya itu, menyewa jasa Party Planner dapat menjadi aset yang sangat berharga untuk kelancaran sebuah event Anda.
Berikut adalah beberapa keuntungan utama dari menggunakan jasa EO profesional yang harus Anda simak:
-       Anggaran Terkendali, Party Planner dapat membantu Anda melacak harga secara keseluruhan dan juga menyarankan Anda cara-cara agar anggaran dapat terkendali.
-       Mencangkup Detail
-       Skill Manajemen dan Negosiasi
-       Tema dan Tempat
-       Fleksibilitas
-       Mengurangi Stress
-       Menghemat Waktu
-       Saran Event
-       Marketing Event


Kendala Party Planner

Kendala yang dihadapi dalam membuat Party Planner yaitu bahwa tawaran dalam membuat event terus menerus ada, dan setiap orang mempunyai tema serta konsep yang berbeda ditiap acara, sehingga membutuhkan perlengkapan dan dekorasi yang berbeda di setiap acaranya.

Strategi Pemasaran

Dalam memasarkan Jasa PartyPlanner ini pertama – tama dapat dengan cara menyebarkan kartu nama serta kita dapat menggunakan new media seperti media social untuk memasarkan jasa party planner ini, selain itu perusahaan jasa ini juga sangat mengandalkan word of mouth dari klient sehingga mereka dapat memberi tahu orang lain tentang kesan mereka yg telah menggunakan Jasa Party Planner BMT ini, jadi orang – orang akan semakin banyak yang tahu dan ingin menggunakan jasa Party Planner BMT ini.

Kunci Sukses

Dalam setiap usaha tentunya kita memiliki kunci sukses, dalam usaha jasa Party Planner ini kunci sukses yaitu teliti dan juga kreatif dalam menjalankan event sesuai dengan keinginan klient. Sehingga mereka orang – orang yang menggunakan party planner BMT ini akan senang dan berimbas baik pada event – event selanjutnya.


Tahap Pelaksanaan
1)    Konsep dan tema
Konsep dan tema kegiatan wirausaha kami adalah adalah seperti keluarga dengan konsep saling menolong. Sebab dalam usaha ini kami dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan istimewa sesuai dengan budget yang dimiliki oleh konsumen. Akan tetapi kami juga memiliki patokan dengan memberikan beberapa paket harga untuk setiap event yang dapat menjadi option konsumen.
2)    Penentuan waktu dan tempat pelaksanaan
Waktu dan tempat dari usaha kami secara online kami siap menerima pesanan 24 jam. Akan tetapi untuk admin BMT Party Planner memiliki jam aktif untuk merespon pesanan. Mulai dari jam 10.00-20.00
3)    Perencanaan anggaran dan biaya
Anggaran direncanakan sesuai dengan pelengkapan dan peralatan yang akan digunakan dalam psetiap event yang akan dijalankan oleh BMT Party Planner.
Jadwa Kegiatan

a.     Awal Kegiatan
Pada awal kegiatan kami bertemu dengan konsumen untuk membicarakan tentang konsep acara dan harga yang disetujui. Ketika sudah mencapai kata deal kami mempersiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan . Hal yang paling penting dalam usaha ini adalah mempromosikan usaha kami lewat media sosial atau word of mouth.
b.     Proses Produksi
Pada proses produksi kami lakukan ketika membuat setting table (dekorasi) pesta sesuai dengan pesanan konsumen. Sebelum kami melakukan proses produksi, kami mencari bahan-bahan untuk mendekor table yang diinginkan.
c.     Akhir Kegiatan
Di akhir kegiatan kami melalukan kegiatan survey kepuasan pelanggan dengan follow up customer yang sudah menggunakan jasa party planner. Selain itu kami juga memberikan kuesioner untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa kami.
d.     Evaluasi
Menghitung jumlah pendapatan dan biaya yang dikeluarkan, kemudian berbagi solusi atas kendala kendala yang dihadapi pada hari tersebut. Serta mengambil keputusan untuk memperbaiki kekurangan yang masih terjadi selama proses produksi


Modal

Dalam menjalankan Party Planner tentunya kami menerima uang muka (dp) dari klient terleih dahulu, sehingga kami dapat memulai persiapan tanpa modal yang keluar dari kantong kita masing – masing untuk memberli segala perlengkapan serta alat decorasi lainnya. Berikut peralatan serta anggaran biayanya :

1.      Rencana Anggaran Biaya
1.     Stand Banner                                                          Rp.      150.000
2.     Gunting (2)                                                             Rp.        10.000
3.     Tempat lilin (2)                                                       Rp.        20.000
4.     Vas bunga + Bunga Hias                                        Rp.        20,000
5.     Aksesoris (Manik-manik dan Hiasan nama)           Rp.        20.000
6.     Table cloth 2meter                                                   Rp.        34.000
7.     Data Kuota 50.000/bulan                                        Rp.        50.000
8.     Pepper flowers                                                        Rp.        50.000
9.     Kertas Asturo (4)                                                    Rp.        15.000
10.  Pita Hias Warna (1 gulung)                                    Rp.          5.000
11.  Solasi                                                                      Rp.          2.000
12.  Lem                                                                         Rp.          1.000
13.  Double tip                                                               Rp.         8.000
14.  Tali/benang                                                             Rp.       10.000
15.  Lilin Cina (2)                                                          Rp.        15.000
16.  Lilin Roti Ulang Tahun                                           Rp.          5.000
TOTAL PERALATAN                                                     Rp.  405.000
Adapun Perlengkapan yang digunakan adalah:
1.     Cetak Brosur 300 lembar/bulan @500                   Rp         150.000   
2.     Greeting flag (Bunting flag)                                   Rp.        25.000
3.     Cake Brownies                                                       Rp.        27.000
4.     Ballon Hellium (3)                                                 Rp.        15.000
5.     Ballon foil (2)                                                         Rp.        10.000
6.     Transportasi                                                           Rp.        50.000
7.     Bunga Bucket                                                         Rp.        20.000
TOTAL PERLENGKAPAN                                             Rp.  115.000
JUMLAH MODAL AWAL                                              Rp. 520.000


Laba bersih per bulan

Laba yang dapat diperoleh dari usaha Party Planner ini yaitu sekitar 30-40% di setiap eventnya, karena mengingat setiap event tentunya dapat berbeda keuntungan serta modalnya, karena kami menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

jika satu event sekitar Rp. 10.000.000 x 30 % = Rp. 3.000.000

perbulan, kami dapat menerima 4-6 event, sehingga laba bersih yang diterima perbulannya yaitu sekitar :

Rp. 3.000.000 x 4 event = 12.000.0000/bulan


Mengingat usaha ini dijalankan oleh 5 orang, maka seorang kami dapat menerima sekitar Rp. 2.500.000,-. Tentunya sebagai salah satu usaha tanpa modal, usaha party planner ini cukup menjanjikan.

1 komentar:

  1. Terimakasih atas infonya ya min, sangat bermanfaat.
    Oh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
    Bagi yang membutuhkan Sewa AC Jakarta untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.

    Salam Blogger min.

    BalasHapus