Jumat, Maret 17

BISNIS PLAN: "STENCILS ON RECORD"

@D25-Rifqi

Perkembangan zaman di era modern sekarang ini membuat beberapa industri yang mencetak dengan rilisan fisik berkurang, karena adanya teknologi canggih seperti CD(compact disk), Mp3, Mp4, bahkan sudah bisa hanya dengan Streaming atau dengan membuka aplikasi Youtube.
Rilisan fisik di Indonesia lumayan berkembang besar sebelum Orde Baru dimulai, pabrik pencetak rilisan fisik seperti Piringan Hitam dijakarta dan diluar jakarta cukup banyak dan melebar. Namun dalam tahun ini Piringan Hitam/Vinyl sudah jarang yang menggunakannya bahkan ada yang membuangnya atau menjualnya ke tukang barang bekas/loak. Namun di usaha ini saya akan memberikan kesan berbeda dengan beberapa orang yang hanya membuang/menjual di barang bekas. Menjadikannya suatu benda estetik dengan bentuknya yang semula/aslinya. Atau bisa dibilang mendaur ulang barang bekas/sampah bagi beberapa orang.


  • Konsumen
Target konsumen usaha ini adalah semua kalangan, yang berumur diatas 17+ karena anak muda sekarang sudah memiliki kesukaan pada hal - hal yang bertemakan Klasik/Vintage style. Dari fashion, kendaraan, bahkan hobi pun mengikuti hasrat ke klasikannya. Di usaha ini kami mementingkan kemauan konsumen dengan memberikan pesanan kustom/sesuai permintaan konsumen untuk membuat hasilnya yang di inginkan. Tentu dengan berbagai variasi warna atau dengan warna kesukaan konsumen.

  • Memulai Bisnis "Stencils on Record"
Yang sangat diperlukan dalam memulai bisnis ini adalah, kesehatan, restu/doa Orangtua, niat, bahan - bahan yang akan digunakan,  permintaan apa yang di inginkan konsumen, referensi, dan kesabaran.

  • Keuntungan dalam bisnis ini
Dimulai dari barang bekas, menghasilkan hasil yang baru. Keuntungannya adalah, mendaur ulang barang bekas adalah suatu keuntungan yang bisa didapat, karena mengurangi dampak perubahan iklim akibat barang bekas yang akan menjadi sampah jika tidak di daur ulang. Mengikuti perkembangan dari bisnis ini, keuntungan income akan mengikuti.  Dan keuntungan selanjutnya akan mengikuti juga, karena penghargaan atau hadiah sebagai suatu ucapan dengan bentuk fisik begitu di butuhkan untuk memberikan kesan memoriabel bahwa hadiah atau penghargaan tidak hanya berupa kata - kata atau lisan saja.

  • Kendala bisnis ini
Adalah dengan industri dekorasi interior yang juga membutuhkan bahan baku yang sama dengan bisnis ini, dan berikutnya dengan beberapa kolektor - kolektor rilisan fisik piringan hitam pada zaman ini mulai menambah walaupun tidak sebesar sebelum era Orde Baru dimulai.

  • Strategi bisnis ini
Bisnis ini memberikan kesan bahwa hadiah berupa bentuk fisik akan mengingat bahwa " ehiya, kado itu kamu buat dimana? boleh juga.." seperti itu, meninggalkan jejak. Dan bisnis ini pun juga tidak Gaptek, di promosikannya lewat, mouth to mouth, media sosial seperti, Instagram, Facebook, Twitter, dan Line. Mungkin dikemudian hari menggunakan flyer/brosur dan lewat zine.

  • Kunci Sukses
Sebagai manusia, kunci sukses adalah berdoa, bersyukur, memohon bantuan dan pertolongan ke Sang Penciptanya Yang Maha Esa. Optimis, yakin, niat, sabar, dan tidak lupa untuk meminta restu/doa kepada ke dua Orantua.

  • Analisa Ekonomi
- Vinyl bekas. 20-40ribu @keping/plat
- Cat Semprot. 20-80ribu @kaleng
- Kuas size0-9. 8-20ribu @kuas
- Cat Pernis/Clear. 25ribu
- Cutting 20-50ribu
- Tenaga dan waktu kerja

Total : Rp. 215.000,00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar