Selasa, Maret 21

Bisnis Plan Waroeng Milkshake

@D41-Ervina

1.             Pendahuluan
Berbagai varian makanan dan minuman telah bermunculan, beraneka ragam dan beraneka rasa. Namun diantara jenis yang beragam, makanan dan minuman tersebut hanya memperhatikan segi penampilan dan rasa,
tanpa memperhatikan kandungan gizi di dalamnya. Tentu hal ini sangat merugikan. Di butuhkan novasi untuk membuat sebuah minuman yang menarik, bercita rasa, serta mengandung gizi.
Makanan kesehatan adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi secara teratur bisa meningkatkan derajat kesehatan yang optimal, semula pemanfaatannya ditujukan untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit degeneratif dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun sesuai perkembangannya makanan dan minuman kesehatan dimanfaatkan pula sebagai pendamping dari pengobatan medis dalam membantu proses penyembuhan suatu penyakit. Salah satu solusi yang mungkin dapat ditawarkan untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah timbulnya berbagai penyakit adalah dengan mengkonsumsi minuman kesehatan.
Waroeng Milkshake bukanlah warung milkshake biasa, karena disini saya membuat milkshake ini berbeda dengan milkshake lainnya, yaitu dengan menggunakan susu yang berkualitas tinggi serta memiliki gizi yang baik sebagai bahan utamanya. Dan tak lupa saya menggunakan pewarna dan bubuk rasa yang berkualitas baik pula sehingga tidak menimbulkan penyakit dalam tubuh apabila dikonsumsi secara terus menerus.
2.              Konsumen
Konsumen saya adalah seluruh masyarakat dari segala usia. Untuk itu saya memulai promosi dari daerah sekitar tempat tinggal saya serta melakukan promosi pada rekan mahasiswa di kampus, karena saya menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok.
3.             Memulai Bisnis
Dalam memulai bisnis ini, sebelumnya saya mencoba menjadi konsumen milkshake. Setelah saya telah lama menjadi konsumen maka tercetuslah ide saya untuk menjadi produsen milkshake  dan bukan hanya sekedar menjadi konsumen milkshake. Maka hal yang pertama saya lakukan adalah:
-          Mengetahui seluk beluk tentang milkshake dan cara pembuatannya.
-          Ide untuk menciptakan inovasi milkshake yang berbeda dengan yang dipasaran.
4.             Keuntungan Bisnis
Karena sesuai dengan iklim di Indonesia yang memiliki iklim tropis maka kebanyakan masyarakat Indonesia sangat menyukai minuman yang dingin dan segar. Maka dengan menjalankan bisnis waroeng milkshake ini, banyak sekali konsumen yang menyukai produk dari waroeng milkshake.
5.             Kendala Bisnis
Sesuai dengan brandnya, maka Waroeng milkshake adalah warung yang menyediakan produk milkshake dengan berbagai macam topping dan cita rasa yang beragam, maka terkadang saya sesekali menemukan kesulitan – kesulitan dalam menciptakan inovasi topping dan cita rasa yang baru.

6.             Sistem Pemasaran
Sistem pemasaran yang saya lakukan yaitu dengan menggalakkan promosi di berbagai media social, seperti facebook, twitter, blog, dll. Hal ini kami maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami.
7.             Kunci Sukses
-          Berani Memulai
-          Berani Berinovasi
-          Mampu mengidentifikasi peluang pasar
8.             Analisa Ekonomi
Ø Biaya Produksi (Alat)
Nama Barang                        Harga
Tempat es batu (2 buah)       : Rp.150.000
Blender                                 : Rp.350.000
Total                                      : Rp.500.000
Ø Biaya Produksi (Bahan)
Susu Bubuk                          : Rp.170.000
Gula Pasir                             : Rp.50.000
Gelas Plastik &Tutup Gelas  : Rp.50.000
Sedotan                                 : Rp.30.000
Aneka Topping                     : Rp.500.000
Total                                      : Rp.700.000
Ø Pendapatan Bulan Pertama
Jumlah Penjualan      x          Harga Produk
100 gelas                   x          Rp.15.000
Total                                      : Rp.1.500.000
Ø Keuntungan Bulan Pertama
Total Pendapatan      -           Modal Awal
Rp.1.500.000                        - Rp.1200.000
Total                                      : Rp.300.000

9.             Penutup
Pada dasarnya minuman Milkshake ini adalah minuman enak dengan harga yang merakyat dan dapat dikonsumsi oleh siapa saja, dari anak-anak sampai orang tua. Apalagi pembuatannya dibuat secara higienis dan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar