Senin, April 3

Chocolate Cube

@D17-Zuni

Bisnis Plan Usaha Coklat Pedas
         Pada masa ini, perkembangan usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia belakangan ini sedang pesat. hal ini membawa dampak positif bagi semua orang dan juga ekonomi indonesia.
Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan UKM mampu mendongkrak dan mempercepat pertumbuhan perekonomian di negara kita serta menyerap jumlah tenaga kerja sehingga mengurangi kasus pengangguran di Indonesia.
         Meskipun sampai hari ini masih banyak para pelaku UKM yang mengalami beberapa kendala usaha, seperti permasalahan modal, promosi, jaringan bisnis, dan lain sebagainya. Namun pada dasarnya UKM merupakan salah satu kegiatan industri yang tahan banting dan tidak terpengaruh adanya krisis global yang beberapa waktu lalu sempat menumbangkan beberapa perusahaan besar di sekitar kita. Bukti inilah yang menjadi motivator bagi sebagian masyarakat sehingga akhirnya mereka memilih peluang usaha kecil dan menengah sebagai alternatif tepat untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya.
         Tentu anda tidak ingin melawatkan peluang tersebut bukan ? Bagi anda yang tertarik menekuni usaha kecil dan menengah, berikut saya informasikan salah satu ide bisnis yang bisa anda jadikan sebagai peluang usaha, yaitu Bisnis makanan coklat pedas dengan berbagai macam model dan rasa yang pedas.
  
Konsumen
         Sebagian besar masyarakat menyukai makanan manis dan pedas, bukan hanya anak-anak saja. Tapi cokelat juga disukai oleh anak muda, orang dewasa sampai orang tua, baik pria maupun wanita. Bukan hanya itu saja, saat ini cokelat banyak digunakan sebagai souvenir atau bingkisan dihari-hari special (contohnya saat perayaan hari besar agama, ulang tahun, dll). Melihat banyaknya peminat cokelat dan luasnya potensi pasar, maka tak salah lagi bila Anda menjadikan cokelat sebagai peluang usaha baru dengan berpaduan rasa manis dan pedas.

Memulai Bisnis
          Berawal dari hobi menyukai coklat, saya mencoba membuat coklat sendiri dirumah dan merasa bosan dengan rasa coklat yang begini saja dan akhirnya saya mencoba membuat coklat dengan rasa yang berbeda yaitu pedas.

Keuntungan Bisnis
         Keuntungan dalam pembuatan coklat pedas ini bagi saya adalah menjadi lebih mandiri tidak meminta uang lagi kepada orang tua, lebih bisa menghargai uang, karena tau susahnya mencari uang

Kendala Bisnis
         Meski usaha cokelat pedas ini masih terbilang baru, namun persaingan pasarnya sudah sangat ketat. Ditambah lagi banyak produk cokelat dari luar negeri yang sudah beredar dipasaran, sehingga dibutuhkan inovasi baru untuk memenangkan persaingan pasar. Kendala lainnya yaitu persediaan bahan baku dengan kualitas baik yang masih sangat kurang.

Sistem Pemasaran
         Pemasaran yang paling efektif saat ini adalah pemasaran dengan menggunakan media social seperti instagram, facebook, bukalapak, tokopedia, OLX  dll

Kunci Sukses
         Kesuksesan usaha baru ini terletak pada kreativitas dan inovasi produk yang ditawarkan. Dengan menciptakan cokelat dengan aneka bentuk dan rasa, maka minat konsumen akan semakin meningkat. Untuk itu tingkatkan kemampuan Anda untuk menciptakan aneka cokelat yang unik dan tidak kalah enak dengan cokelat impor. Selain itu berikan harga yang bersaing dan dapat dijangkau oleh semua kalangan. Agar produk Anda bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat.




Penutup
         Beranikan diri berwirausaha sejak kecil, jangan remehkan usaha yang kecil. Siapapun tidak akan mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan. Entah usaha itu akan menjadi besar atau malah gulung tingkar. Semua itu tergantung dari pengelola usaha itu sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.