Jumat, April 21

Bisnis ?

Pengertian bisnis secara sederhana adalah melakukan kesibukan atau mengerjakan aktivitas dengan tujuan mendapatkan untung (laba).

Bisnis adalah serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pembelian atau pun penjualan barang dan jasa yang dilakukan secara berulang-ulang tiada henti (a series of activities related to the sale or purchase of goods and services that are consistently repeated).


Menurut mereka berdua, pembelian dan penjualan barang dan jasa yang dilakukan hanya satu kali saja bukan merupakan pengertian dari bisnis yang sebenarnya.

Pada dasarnya, Kita melakukan bisnis adalah untuk memperoleh laba atau keuntungan (profit). Sebenarnya tidak hanya itu, masih ada lagi beberapa fungsi dari bisnis yaitu :
1)      Memenuhi kebutuhan masyarakat,
2)      Menciptakan nilai suatu produk menjadi produk yang lebih berguna
3)      Menambah lapangan pekerjaan, untuk memulai bisnis,kita memerlukan tenaga kerja
4)      Menambah pemasukan Negara, berupa pajak yang kita bayarkan, dalam bisnis menengah dan besar,perusahaan diwajibkan membayar pajak.

Dengan semakin meningkatnya akses langsung keinformasi dan penggunaan teknologi, para karyawan pun menuntut aksesbilitas yang serupa.Jika para pemimpin mampu mengakomodir harapan tersebut dengan menyediakan berbagai alat kolaborasi yang sesuai, maka iklim perusahaan yang lebih kondusif untuk meningkatkan kolaborasi antar karyawan dapat tercipta. Iklim yang kondusif ini pada akhirnya dapat pula meningkatkan kinerja karyawan. Bagaimana caranya? Jawabannya adalah dengan membawa berbagai proses kolaborasi yang terjadi secara offline ke ranah online. Contohnya adalah social networking. Melalui alat ini, seluruh informasi yang sebelumnya hanya dikirimkan melalui email / surat fisik / pembicaraan secara individual, sekarang bisa diaksesoleh karyawan dan dibahas bersama di suatu lokasi yang terpusat. Dalam hal ini memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar antar karyawan yang merupakan sebuah elemen penting dari kultur perusahaan. Tren yang terjadi di perusahaan modern saat ini adalah meningkatnya adopsi lingkungan kerja yang terbuka dan fleksibel, demi meningkatkan keakraban serta kolaborasi tatap muka antar karyawan, serta mendorong terjadinya proses pembelajaran.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.