Kamis, April 20

Business Plan Hide & Seeek

Melihat perkembangan fashion dikalangan anak muda yang berkembang sangat pesat membuat kami melihat adanya sebuah peluang usaha yang dapat dikembangkan secara pesat mengikuti perkembangan fashion saat ini.
Tujuan dari usaha ini adalah sebagai penambah pengetahuan sekaligus pengalaman dalam berwirausaha. Dan bisa mendapat live skill dan mengaplikasikan ilmu kewirausahaan yang telah ditetapkan di sekolah ke dalam praktik yang sesungguhnya. Karena melalui penjualan dan pemasaran ini kami dituntut untuk berinteraksi dengan orang banyak, bagaimana cara menawarkan dengan baik dan sopan, meyakinkan pembeli untuk membeli produk yang kita tawarkan dan memberikan pelayanan yang terbaik agar customer merasa puas.
Dengan alasan dan landasan tersebut kami berniat untuk merintis usaha clothing. Dengan harapan pelanggan dapat tertarik dan penasaran dengan produk yang kami jual sehingga datang dan membeli clothing yang kami buat dengan segenap ketekunan, ketelitian dan ketulusan untuk mempersembahkan produk terbaik.
 KONSUMEN
Segmentasi pasar untuk produk saya, saya tujukan untuk para remaja dan kalangan mahasiswa. Karena remaja pada zaman sekarang cenderung mementingkan penampilan mereka. Jadi saya membuat produk kaos ini, untuk membuat para konsumen kami lebih fashionable.
Strategi pemasaran yang akan saya gunakan adalah dengan membuka outlet-outlet yang ditempatkan di tempat yang strategis. saya juga membuat sebuah website yang dimana terdapat barang yang saya jual.  saya juga menyebar agen reseller dan droshiper.
MEMULAI BISNIS HIDE & SEEK 
Berdasarkan segmentasi pasar saya, usaha ini akan di jalankan dengan beberapa cara yaitu dengan berjualan menggunakan mobil ditempat-tempat yang strategis seperti di sekitar kampus, foodcourt, lapangan olah raga, dan sebagainya. Dengan begitu saya membawa produk saya langsung kepada konsumen saya.
Langkah lainya yang saya lakukan ialah dengan menjual secara online melalui media social atau blog dan juga menyebar agen reseller dan dropshipper untuk memasarkan produk. 
ASPEK KEUANGAN 
Dana produksi yang saya peroleh dari hasil investasi para pemilik perusahaan. Adapun rinciannya sebagai berikut :
Besar modal awal yang saya perlukan untuk produksi :
Kaos oblong                                           Rp.      180.000,00 / lusin
Sablon + Serbuk Glow In The Dark      Rp.         80.000,00 / warna
Plastik Kaos                                           Rp.         20.000,00 / pack
Mobil                                                     Rp.       800.000,00 / bulan
Hanger baju                                            Rp.         30.000,00 / lusin
Sewa tempat                                          Rp.      200.000,00 / bulan     
Biaya lain-lain                                        Rp.      500.000,00
Total  keseluruhan modal yang dibutuhkan adalah : Rp. 1.810.000,00
Berdasarkan dari hasil perhitungan saya modal produksi dan operasional dan dengan keuntungan (10%) yaitu Rp. 280.000,00 + Rp. 5.000,00 + 10 %, maka produk saya jual dengan harga Rp. 150.000,00 / Pcs.
KENDALA BISNIS
·         Persaingan pasar
Solusi atau alternatif pemecahannya adalah dengan cara membuat beberapa promosi yang akan menarik konsumen. Contoh : memberikan aksesoris secara percuma disetiap pembelian.
·         Meningkatnya harga dollar
Solusi atau alternatif pemecahaannya adalah Mengurangi jumlah produksi yang akan dijual setiap bulannya dan menaikan harga barang.
·         Kurangnya ketertarikan pada produk
Solusinya adalah dengan cara memperbarui model dan motif sesuai keinginan konsumen dengan melakukan riset kuantitatif (kuisioner)
·         Produk tidak terjual
Solusinya dengan melakukan Garage sale (cuci gudang) dengan memberikan diskon secara besar-besaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.