Kamis, April 6

Kolaborasi Dalam Memulai Bisnis

Mindmap  "Kolaborasi Bisnis"































Kolaborasi Dalam Memulai Bisnis

Bisnis merupakan suatu badan usaha komersil yang kegiatannya menghasilkan laba setinggi – tingginya  secara terus menerus dan tumbuh berkesenambungan yang bisa diwariskan. 

Dalam memulai suatu bisnis diperlukan keberanian dan tekat yang kuat dalam memilih bisnis apa yang ingin dibangun. Untuk pemilihan bisnis pilihlah bisnis yang dibutuhkan  oleh masyarakat,  baik dilingkungan sekitar produksi maupun global yang nantinya sebagai  target pasar kita untuk menjualnya . Tidaklah mudah untuk memulai dan menjalankan bisnis, pasti terdapat rintangan yang besar  mungkin sewaktu – waktu dapat menghancurkan bisnis yang telah dibangun. 

Sebagian besar pemula atau orang yang baru pertama kali memulai bisnis maka hal yang pertama kali dipikirkan ialah modal. Buat pembisnis baru modal merupakan segala – galanya sehingga jika modal suatu usaha dinilainya terlalu besar dan tidak mencukupi maka, mereka akan mengurungkan niatnya untuk berwirausaha.

Apa modal bisa menjadi penentu keberhasilan suatu usaha ?, TIDAK!!. Maka diperlukan dasar utama yang harus dimiliki seorang wirausaha pemula yang bertujuan agar dapat menjalankan bisnis yang menguntungkan dan menjadi wirausaha yang sukses serta bisa bertahan di tahun – tahun mendatang. Berikut 3 dasar utama untuk menjadi wirausaha meliputi :

a. Mindset / Pola Pikir

        Dasar ini menjadi modal utama dalam berbisnis. Dalam berbisnis kita harus memikirkan tentang         apa yang ingin dicapai dalam jangka 5, 10 , 20 tahun dan seterusnya. Oleh karena itu disarankan         untuk membuka usaha kecil terlebih dahulu. Setelah itu dilanjutkan dengan membuat rencana              jangka pendek, menengah, dan panjang  untuk mewujudkan visi dari bisnis yang dibangun.

b. Pengetahuan / Keahlian (Skill)

        Merupakan dasar  kedua untuk menjadi wirausaha. Sangat tidak logis apabila seorang wirausaha         pemula dapat menjalankan & mengembangkan usahanya tanpa memiliki keahlian maupun                   pengetahuan tertentu yang berhubungan dengan usahanya. Oleh karena itu tanyakan pada diri              kita apa potensi kemampuan (skill) yang berhubungan dengan usaha diminati.

c. Kerja Keras

        Bagian ini yang terakhir untuk bagi wirausaha pemula. Tanpa adanya kerja keras, maka usaha             yang dibangun tidak akan berkembang dan sia – sia. Yaitu dengan mencari inovasi – inovasi               terbaru dari usaha yang sedang dijalankan, sehingga konsumen tidak merasa bosan terhadap               produk kita yang sudah ketinggalan zaman. 

Berkaitan dengan usaha rumahan yang ingin saya bangun yaitu Es Mambo Sehat bahwa diperlukannya kerjasama dalam memulai usaha untuk kemajuan usaha itu sendiri. Jika hanya mengandalkan diri sendiri maka usaha yang dijalankan hanya berjalan ditempat dan tidak berkembang. 

Maka dari itulah diperlukannya kolaborasi untuk membentuk 3 dasar seperti diatas. Kolaborasi dalam memulai bisnis sangat diperlukan oleh wirausaha pemula, jika kita memulai bisnis tanpa mentor / pendamping dari yang sudah berpengalaman apa yang terjadi ?, pasti akan mengalami kesulitan dalam merancang rencana bisnis, menentukan strategi bisnis, strategi pemasaran maupun modal. Selain itu akan megalami kesulitan dalam memilih bisnis apa yang akan dibangun sesuai dengan kemampuan kita. Jadi temukanlah mentor / pendamping dari yang sudah berpengalaman dan siap membimbing pada usaha yang ingin dibangun bertujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan terus - menerus berkembang bisnis yang dijalankan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar