April 21, 2017

Stop Competition, Start Collaboration!!!

@C49-Dede, @ProyekA03

Pada seminar yang bertemakan “Stop Competition! Starts Collaboration" saya mendapatkan banyak pengetahuan tentang bagaimana cara untuk menjadi pengusaha sukses dan berkembang pesat. Untuk menjadi pengusaha yang sukses dan terus berkembang, kita harus keluar dari zona nyaman kita


Salah satu cara dalam proses mengembangkan usaha adalah dengan mengadakan kolaborasi bisnis. Kerja sama tersebut dapat dilakukan oleh dua atau lebih pelaku usaha dengan kesepakatan bersama. Dengan tujuan saling memberikan manfaat dan bersama-sama membesarkan bisnis. Berikut ini ada lima alasan bagi Anda agar segera membuat kolaborasi bisnis.
Satu, dapat menambah daftar link bisnis Anda. Sebagai contoh, Anda mengadakan kerja sama bisnis dengan satu kawan, maka teman tersebut akan memperkenalkan Anda terhadap relasi bisnisnya. Hal tersebut dapat membuka pintu Anda ke arah kesuksesan bisnis.
Dua, melakukan kolaborasi bisnis dapat sekaligus wadah saling belajar, antara Anda dengan partner bisnis. Proses kerja sama tersebut membuat Anda akan cukup sering bertemu dengan sang kawan, sehingga kerap melakukan sharing ilmu dan pengalaman seputar dunia bisnis.
Tiga, dapat memperluas jangkauan promosi barang atau jasa Anda. Selama menjalani kolaborasi bisnis, dapat membuat program saling menyebarkan informasi produk atau jasa antara partner bisnis. Baik itu promosi melalui mulut ke mulut, berbagi info di media sosial, dan masih banyak lagi.
Empat, mendatangkan kepercayaan dari pihak luar yang baru dikenal. Perlu diketahui, Anda harus tepat dalam memilih teman untuk program kolaborasi bisnis. Pilihlah kawan yang memiliki kredibilitas dan integritas. Hal tersebut juga memberi dampak positif bagi orang-orang di sekitarnya, termasuk Anda.
Lima, secara tidak langsung akan meningkatkan angka keuntungan bisnis Anda. Dampak positif tersebut adalah pengaruh dari bertambahkan jumlah relasi bisnis, ranah promosi yang lebih luas, tindakan nyata Anda berdasarkan pengalaman kawan, hingga tingkat kepercayaan masyarakat yang meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar