Mei 18, 2017

Festival Kewirausahaan



ENTREPRENEUR FESTIVAL
BE INSPIRED PRENEUR
4 – 6 MEI 2017

FBI CLASS ikut berpatisipasi dalam Festival Kewirausahaan yang diadakan oleh Pusat Kewirausahaan Universitas Mercu Buana. Dalam Festival ini.
Dalam hal ini Mahasiswa diharuskan mempunyai niat, keahlian, ide kreatif, inovasi dan keberanian.
Kami membuka satu stand dengan produk:
v  Makanan: Bananen Crips, Risol Mama, Dimsum, Fuyunghai, dan Chicken Katsu.
v  Beauty: Bali Ratih.
v  Fashion: Mukenah Tatuis.
Saya sendiri sebagai Ketua Festival dari Jurusan Public Relations turut berpartisipasi dengan menjual Risol Mama, selama 3 hari Risol Mama laris terjual sebanyak 150 Risol.
Pemasaran yang kami lakukan dengan menggunakan Social Media yaitu Line dan Instagram, kami menyebarkan informasi terkait adanya festival yang kami lakukan.
Laporan terdiri dari 3 yaitu modal, rugi dan untung.
v  Modal: Modal kelas: Rp.15.000/orang dan Modal Pribadi.
v  Rugi: Tidak mengalami kerugian.
v  Untung: Mendapatkan keuntungan.
Laporan keuangan dari Modal Kelas:
PEMASUKAN        :  RP.15.000 X 27 orang      Rp. 405.000

     PENGELUARAN     : Pembayaran Stand           Rp. 300.000
                                     Hiasan Stand                   RP.   65.000 +
                                                                             Rp. 365.000

     Rekapitulasi           : PEMASUKAN                  Rp. 405.000
                                     PENGELUARAN              Rp. 365.000 -
                                                                            Rp.   40.000*
          *keuntungan diamalkan ke Masjid

Menurut saya, festival ini membuat saya mendapatkan ilmu mengenai kewirausahaan secara praktek di lapangan, berjual itu gampang-gampang susah, tetapi kalau niat pasti bisa. Festival ini juga mengajarkan bekerjasama team, karena saya sendiri tidak bisa melakukan tanpa teman-teman lainnya. Dalam acara ini kami memutuskan untuk fokus menjual makanan karena dalam ini mampu menarik konsumen lebih cepat dan lebih banyak, selain berjualan di stand, pada hari terakhir beberapa anggota team kami berjualan secara keliling, dimana kami yang menjemput bola.

Menurut saya perbandingan dengan stand lain cukup bervariasi, saya sendiri mengakui bahwa stand kami masih tertinggal jauh dari segi persiapan. Saya menemukan beberapa stand cukup apik dalam segi layouting stand (penempatan hiasan ataupun product yang dijual).

Kesan : Mengkoordinasikan satu kelas dengan 6 jurusan yang berbeda itu sangat sulit, kebanyakan dari mereka tidak berinisiatif dengan Acara Festival ini, hanya beberapa orang saja yang bekerja dan menjaga stand dari persiapan, hari h sampai hari terakhir stand. Tetapi selain itu, saya mendapatkan pengalaman baru bersama teman-teman baru (selain mahasiswa jurusan Public Relations), dimana kita selalu ke stand di atrium Univ.Mercu Buana  saat tidak ada kegiatan perkuliahan.
Pesan : Untuk pihak kewirausahaan bisa memperbaiki sistematis atau pengelolaan Festival Kewirausahaan jauh lebih baik lagi. Untuk seluruh mahasiswa bisa belajar lagi beriniatif melakukan tugas kuliah dengan senang hati, bukan hanya semata-mata hanya untuk nilaiJ


Mohon maaf apabila ada kalimat yang kurang berkenan. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya teman-temanJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar