Mei 19, 2017

Belajar dan Praktek Langsung Berwirausaha


Reportase Festival Kewirausahaan yang diadakan pada 4-6 Mei 2017 di Atrium Univ. Mercu Buana. Pada kesempatan ini, kami dapat membuka 2 stand dengan nama “BAROKAH”.


Kesan:
Kewirausahaan 3 ini membuat saya belajar langsung bagaimana berwirausaha. Kami tidak hanya menawarkan 1 produk tetapi berbagai macam produk. Seperti kerudung, makanan, snack, lipstick, jasa, pakaian. Hal inipun, menjadikan daya tarik untuk konsumen. Stand kamipun, tampak luas dengan terpampang banner, sehingga dapat menjadi identitas stand. Selain itu, produk makanan yang ditawarkan adalah produk hasil dari buatan tangan (handmade).
Hal ini pun mengajarkan saya bagaimana dapat berkomunikasi dengan konsumen, bagaimana cara menawarkan produk agar konsumen tertarik membeli produk yang ditawarkan, bagaimana cara bersaing dengan stand lain, dan bagaimana cara target usaha agar mencapai tujuan.

Perbandingan dengan Stand lain:
Banyak sekali produk yang menarik dari berbagai stand mahasiswa Univ. Mercu Buana. Dan pendapat saya stand yang menarik yaitu dari produk yang menawarkan jasa pembersih sepatu. Melihat dari dekorasi standnya, yaitu simple dan cozy. Mereka pun menggantung sepatu yang tersusun rapih sebagai identitas mereka menawarkan produk pembersih sepatu. Produk ini pun menjadi daya tarik konsumen, karena sepatu menjadi hal kebutuhan bagi para mahasiswa, dan melihat peluang  mahasiswa yang seringkali rasa malas untuk membersihkan sepatu sangat tinggi. Jadi, mereka dapat melihat peluang hal itu dan terciptalah produk untuk membersihkan sepatu. Dan produk mereka di festival kewirausahaan mendapatkan penghargaan “Produk Kreatif”.

Pesan:
Semoga festival kewirausahaan tidak hanya diadakan pada setiap semester kewirausahaan, tetapi setiap sebulan sekali, agar dapat meningkatkan daya tarik mahasiswa umb untuk menjadi wirausaha. Dan untuk para mahasiswa, melakukan tugas ini tidak hanya semata-mata nilai. Tetapi, memang niat untuk menjadi wirausaha.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.