Jumat, Mei 19

Serunya berwirausaha di STAND BAROKAH

·         Setelah mengikuti kegiatan festival kewirausahaan yang diselenggarakan di  atrium Universitas Mercu Buana pada 3-5 Mei 2017 lalu, alhamdulillah saya mendapatkan pengalaman berwirausaha bersama teman-teman sekelas saya yang di acara tersebut kami membuka stand bernama BAROKAH.
Menurut saya festival ini adalah kesempatan brilian bagi kita untuk menerapkan kegiatan berwirausaha yang selama ini kita pelajari di kelas.  Kontribusi saya dalam acara ini adalah saya berjualan kerudung dengan harga yang murah menyesuaikan dengan kantong konsumen yang sebagian besar merupakan mahasiswa. Meskipun bukan hanya saya yang menjual barang dengan jenis yang sama, namun saya menerapkan konsep KOLABORASI. Saya dan beberapa teman saya memang sama sama menjual kerudung/hijab, namun kita tidak merasa sedang berKOMPETISI, melainkan berKOLABORASI satu sama lain.


·         Menurut saya dari keseluruhan stand yang ada di festival hari itu, stand BAROKAH lah yang terbaik. Alasannya karena stand kita merupakan stand yang paling besar diantara stand lain yang mana stand kami merupakan dua stand yang dijadikan satu sehingga terlihat luas dan besar. Dekorasinya pun menarik darimulai banner besar bertuliskan nama stand, potongan origami yang menghias sisi dinding, dan susunan barang dagangan yang rapih dan teratur dengan detil harga yang dipampang jelas sehingga memudahkan konsumen mengetahui barang yang kita jual itu apa dan berapa. Begitupula saya mendengar komentar dari para konsumen yang mampir ke stand kami, mereka mengatakan bahwa stand kami luas dan meriah.




·         Kritik saya dalam festival ini adalah sayangnya acara ini diselenggarakan ketika UTS berlangsung dimana apabila mahasiswa sedang tidak ada jadwal uts maka mereka dipastikan tidak datang ke kampus sehingga stand kewirausahaan ini tidak ramai yang datang. Jadi sarannya mungkin seharusnya lebih diperhatikan penempatan waktu yang tepat. Itu untuk keseluruhan. Untuk stand BAROKAH sendiri, yang menjaga stand terlalu ramai. Mungkin seharusnya di buat tim yang menjaga stand misalnya hari pertama tim 1, hari kedua tim 2 yang jaga sampai hari ketiga. Jadi semua ikut berkontribusi menjaga stand.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar