Sabtu, Juli 29

KONSEP DASAR KEWIRAUSAHAAN DAN WIRAUSAHA


A. Pengertian Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah proses kemanusiaan (human process) yang berkaitan dengan kreativitas dan inovasi dalam memahami peluang, mengorganisasi sumber-sumber, mengelola sehingga peluang itu terwujud menjadi suatu usaha yang mampu menghasilkan laba atau nilai untuk jangka waktu yang lama.
Definisi tersebut menitikberatkan kepada aspek kreativitas dan inovasi, karena dengan sifat kreativitas dan inovatip seseorang dapat menemukan peluang

B. Ciri-ciri seorang wirausaha yang memiliki motif berprestasi tinggi sebagai berikut:
1. Mengatasi sendiri kesulitan yang terjadi pada dirinya.
2. Selalu memerlukan umpan balik yang segera.
3. Memiliki tanggung jawab personal yan tinggi.
4. Berani menghadapi risiko dan penuh perhitungan.
5. Menyukai tantangan.
C. Mengapa semakin banyak dibutuhkan wirausahawan baru?
Sulitnya mencari mencari pekerjaan ditengah arus persaingan global,dimana banyak tenaga asing yang mencari kerja diIndonesia, ditambah lapangan pekerjaan yang tidak    memadai membuat banyak orang yang susah mendapatkan pekerjaan yang akan ditekuninya. Lesunya perekonomian dimana pemerintah sedang gencar mencari pemasukan negara dari pajak membuat pengusaha harus ekstra ketat dalam setiap anggaran belum lagi kebijakan kenaikan tarif dasar listrik yang juga sangat memberatkan pengusaha. Serta persaingan produk produk import yang membanjiri pasar Indonesia, dengan harga yang  jauh lebih murah membuat pengusaha banyak yang gulung tikar sehingga menyebabkan berkurangnya lapangan pekerjaan, Satu usaha yang paling menjanjikan di masa sekarang ini adalah menjadi seorang wirausaha. Wirausha adalah orang yang pandai atau berbakat untuk mengenali produk baru, menentukan cara dan proses produksi baru, menyusun operasi pengadaan produk yang baru, memasarkannya, serta mengatur modal operasinya.
D.Keuntungan menjadi wirausaha
Berikut akan dibahas mengenai keuntungan menjadi wirausaha ini.
1. Tidak terikat waktu
2. Memiliki kebebasan mencapai tujuan usahanya
3. Bisa Menciptakan lapangan pekerjaan baru dan membantu orang lain
4. Mendapat pengakuan dari masyarakat sekitar
5. Memiliki kesempatan menunjukan potensi diri
E. Sukses membutuhkan kerja keras
Kita sering hanya melihat kesuksesan seseorang, tetapi jarang melihat bagaimana dia memperoleh semua itu. Padahal dalam kenyataannya, dia mengalami berbagai halangan dan rintangan yang menghadang, bekerja keras hingga jatuh bangun di setiap harinya. Dan mereka semua tidak memulainya dengan mudah,
Sukses juga dikatakan sebagai rangkaian dari beberapa kegagalan,karena dari kegagalan kita mendapat pengalaman dan mampu melangkah lebih baik untuk perjalanan selanjutnya. Kerja keras adalah kunci dalam meraih kesuksesan kita, jadi hilangkan rasa malas pada diri kita, dan memanfaatkan waktu kita dengan sebaik-baiknya

F. Kajian Kasus: Kisah Sukses Pendiri Brownies Manten
Patria Prima Putra adalah seorang entrepreneur muda dia mengawali bisnis dari berjualan bandrek pinggir jalan sampai produk fashion. Namun usahanya tidak berjalan sesuai harapan, dan mengalami kerugian.
Di usia 19 tahun ia pun mulai merintis usaha baru dibidang makanan dan mengajak seorang teman bernama Awalinda Bestari. Mereka pun memulai usaha “Brownies Manten” hanya dengan bermodalkan uang 3 Juta Rupiah tanpa satu orang pun karyawan pada saat itu.
Pada tanggal 18 September 2014 Brownies Manten mulai dipasarkan. Tak disangka dalam waktu 3 hari pertamanya “Brownies Manten” berhasil terjual sebanyak 2000 Box atau setara dengan Rp. 40.000.000,-Melalui omset yang didapat dari 2000 Box tersebut, Patria dan Awalinda pun mulai merekrut beberapa orang karyawan pertamanya dan membeli banyak peralatan untuk menunjang produksi agar mampu memenuhi banyaknya permintaan konsumen.
Tak disangka sekarang produk manten sudah tersebar hampir 1 JUTA BOX diseluruh wilayah Indonesia dan beberapa Negara di Asia. Visi produk ini adalah membuat snack yang bisa menjadi jalan keluar untuk banyak orang yang tidak berani mengungkapkan perasaannya secara langsung dan menjadi salah satu snack yang dapat membanggakan bangsa karena dibuat oleh banyak tangan-tangan terampil pemuda pemudi indonesia.

Referensi ;
www.muhammadbukhori21.blogspot.com
www.menurutparaahli.com
www.karyakisah.blogspot.co.id
www.browniesmanten.co.id







Tidak ada komentar:

Posting Komentar