Sabtu, Juli 29

Pengusaha Muda Asal Solo

@E15-Dwi, @Proyek C01
Gibran Rakabuming Raka : Pengusaha Muda asal solo
            Gibran Rakabuming, seorang pemuda dengan kemampuan Enterpreneur yang mumpuni. Memiliki jiwa ulet dan tegas dalam setiap langkah dan tindakannya, seorang yang memiliki jiwa yang kokoh dan tidak mau dihalangin oleh penghambat apapun ketika menjalankan Visi dan Misi nya sebagai pengusaha Catering yang sukses.Gibran Rakabuming adalah seorang pemuda kelahiran 1987, dia adalah anak sulung dari Bapak presiden Joko Widodo. Gibran mengenyam pendidikan di luar Negeri setelah menyelesaikan sekolah dasar di Indonesia, Bpk. Jokowi menyekolahkannya di Orchid Park Secondary School tahun 2002, Kemudian melanjutkan lagi pendidikan di Management Development Institute of Singapore (MDIS). Setelah dari singapura Gibran belum berhenti mengenyam pendidikan sampai disana, dia kemudian melanjutkan pendidikannya di Australia, tepatnya di kampus University of Technologi Insearch, Sydney Australia hingga akhirnya lulus tahun 2010.Gibran sendiri menyadari bahwa dia adalah sosok pemuda yang harus mandiri dan tidak boleh meminta – minta atau mengandalkan orang lain, selama dirinya masih bisa maka diapun mengusahakannya sendiri.
           Setelah Gibran lulus kuliah, Jokowi menginginkan putra sulungnya untuk melanjutkan bisnis keluarga yang sudah lama dirintis yakni bisnis mebel. Namun, permintaan Jokowi tersebut mendapat penolakan dari putranya karena lebih menginginkan untuk terjun di bidang kuliner. Menurut Gibran, dirinya lebih tertarik untuk mengembangkan bisnis katering dan wedding organizer daripada melanjutkan usaha keluarga di bidaang mebel,Gibran bersikeras tidak memiliki ketertarikan di bidang mebel dan teguh pada pendiriannya untuk tetap mengembangkan bisnis katering. Keyakinan Gibran untuk bisnis katering tidak asal-asalan karena dia melihat besarnya potensi mendirikan bisnis katering di kota Solo.Perjalanan bisnis katering yang dikelola oleh Gibran Rakabuming ternyata tidak semulus yang kita bayangkan. Meskipun ia seorang putra pejabat, namun ia tetap memulainya dari nol. Untuk menjalankan atau memulai usaha baru, ia pun juga membutuhkan pinjaman. Meskipun anak orang penting, tak lantas serta merta ia begitu saja mendapatkan pinjaman dari bank.usaha katering yang dikelola Gibran juga penuh dengan tantangan. Banyaknya bisnis katering di Solo yang menjadikan persaingan semakin ketat mengharuskan Gibran untuk selalu bertindak cepat dan tepat. Untuk menjawab tantangan agar tetap mampu bersaing dengan bisnis serupa yang ada di Solo, Gibran selalu melakukan inovasi dan terobosan pada usaha kateringnya.
                  Menu-menu yang inovatif dengan tetap mempertahankan cita rasa dan ciri khas Solo menjadi daya jual utama katering yang dijalankan Gibran. Konsep penyajian khas Solo “piring terbang” dalam sebuah event pun masih tetap dipertahankan oleh Gibran Rakabuming. Karena menurutnya, konsep prasmanan atau sistem buffet kurang diminati oleh konsumen lokal.Sampai saat ini, katering yang dikelola oleh Gibran Rakabuming Raka sendiri telah mampu menjadi partner sebuah event besar yang sering diadakan di Kota Solo. Baik acara sekala nasional maupun internasional bisa dilayani dengan baik oleh katering Chili Pari yang dikelolanya Chili Pari, Catering Semakin Terkenal Namun, sejak Januari (2011) Chilli Pari mulai bisa melayani ribuan orang termasuk menyediakan katering untuk pernikahan di Graha Saba, Walaupun awalnya sulit, dengan perlahan dan menggunakan teknik marketing yang baik, usaha katering Gibran berhasil meraih kesuksesan dan kepercayaan. Sekarang bisnis katering yang dikelola Gibran sudah melayani katering berbagai event baik nasional maupun internasional. Bisnis utama Chilli Pari adalah katering dan wedding organizer professional yang menyediakan aneka kebutuhan untuk pernikahan seperti gedung, rias pengantin, dekorasi dan lainnya. Sementara itu, menu yang disediakan adalah masakan Jawa, Jepang, Barat dan lainnya. Bahkan, Jokowi pun akhirnya luluh dan mendukung penuh usaha putra sulungnya tersebut.
Sumber :
Anonim,https://studentpreneur.co/blog/inilah-kisah-sukses-putra-jokowi-berbisnis-katering/
di akses tanggal 29 juli 2017
Anonim,2015,http://biografitokohinspiratif.blogspot.co.id/2015/06/profil-gibran-rakabuming-pengusaha-katering-sukses.html di akses tanggal 29 juli 2017
Anonim,https://www.maxmanroe.com/ternyata-ini-kunci-sukses-bisnis-katering-gilang-rakabuming-putra-presiden-ri.html di akses tanggal 29 juli 2017





Tidak ada komentar:

Posting Komentar