Sabtu, Juli 29

Wirausahawan Vs Karyawan



Saat memutuskan ingin berwirausaha, apakah Anda sudah berpikir dan bertindak layaknya seorang pengusaha? Atau jangan-jangan hanya tampilan luar saja yang ingin terlihat sebagai seorang pengusaha tapi cara berpikir dan bertindak Anda masih seperti seorang karyawan?
Tidak ada salahnya memilih menjadi Wirausahawan maupun Karyawan, banyak yang menjadi pertimbangan ketika seseorang memilih menjadi Wirausahawan maupun menjadi Karyawan.
Pertama, perlu dipahami terlebih dahulu, bahwa menjadi pengusaha atau karyawan itu sama baiknya. Ini adalah sebuah pilihan dan tidak ada yang lebih baik di antara keduanya, karena setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Banyak anggapan diluar sana bahwa berwirausaha sangat lah menguntungkan, tapi patut kita sadari bahwa berwirausaha memiliki lebih banyak resiko dan mungkin kadang kala wirausaha mengalami kerugian. Begitu pula dengan ada segelintir orang yang tidak menyukai ketidakpastian pasti lebih memilih untuk menjadi karyawan. Mengapa ? Karena lebih tertarik akan income yang nilainya sudah tetap/pasti didapatkan setiap bulannya.
Lalu mana yang lebih baik? Bagi saya pribadi dua-duanya baik, karena setiap orang bisa menjadi pengusaha sukses atau menjadi karyawan teladan.
Anggapan bahwa pengusaha itu selalu hidup enak terjadi karena biasanya di seminar-seminar kewirausahaan, para pembicara sering menampilkan tokoh-tokoh pengusaha sukses yang bergaya hidup mewah dan bergelimangan harta. Namun apakah Anda tahu bagaimana awal mula mereka merintis bisnis? Apakah Anda tahu apa saja yang sudah mereka korbankan untuk mencapai kesuksesan itu?

Pencapaian yang telah diraih oleh para pengusaha sukses pastinya tidak lah mudah. Banyak orang hanya melihat dari apa yang telah diraih oleh para pengusaha tersebut: sukses dan memiliki uang berlimpah. Tapi di balik itu semua itu, sesungguhnya kerja keras, keringat dan air mata mewarnai perjalanan hidupnya.
Banyak artikel, seminar-seminar, berita baik di media cetak maupun elektronik memuat bagaimana sukses dan kaya rayanya berwirausaha, yang membuat masyarakat awam sangat tertarik untuk berwirausaha. Dari banyak media cetak dan elektronikpun mereka dapat melihat kiat-kiat sukses berwirausaha yang mendatangkan keuntungan yang sangat besar. Namun seringkali hal ini yang membuat salah dipahami oleh mereka yang sangat ingin terjun dan memulai bisnis/berwirausaha. Mereka beranggapan bahwa kesuksesan sudah pasti dapat diraih dan sudah didepan mata, tanpa memikirkan kemungkinan kemungkinan resiko yang akan diterima.
Menjadi seorang wirausahawan / Pengusaha harus siap dalam mengambil resiko, menerima resiko, mengelola resiko dan tidak mudah untuk menyerah. Jangan ketika mengalami kegagalan sekali duakali sudah menyerah. Jangan pernah berharap sekali-kali ingin menjadi pengusaha yang sukses jika tidak siap menerima segala resikonya.

2 komentar: