Senin, Agustus 7

Ayo Menjadi Pengusaha Muda


Dizaman sekarang  banyak yang sudah mencapai kesuksesan diusia muda. Mereka memulai bisnisnya dari modal yang terbilang kecil.
Namun dengan ketekunan dan kreativitas mereka modal yang kecil tadi bisa berubah menjadi berlipat ganda. Tanpa malu dan ragu mereka dapat merangkak dari bawah untuk mencapai keinginan mereka.
Jika mereka bisa mencapai kesuksesan diusia muda, pasti kita juga bisa seperti mereka atau bahkan melampauinya. Namun ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar bisa menjadi pengusaha muda. Seperti apa persiapannya, mari kita bahas dibawah ini.
1.       Membangun Kepribadian Pengusaha Muda

Kepribadian yang matang memudahkan kita untuk mengenal diri sendiri, memahami perubahan sikap mental, dan menyesuaikan diri dengan orang lain.

Berikut merupakan hal yang terkait dengan usaha membangun kepribadian :
a.       Mengenal Diri Sendiri
Pengenalan diri sendiri diperlukan untuk menuntun pengusaha dalam menemukan, menentukan, dan    menjalani profesi sebagai pengusaha. Dengan mengenal diri sendiri, maka peluang untuk mengambil tindakan yang salah akan semakin kecil.

b.      Mempersiapkan Perubahan Sikap Mental
Ada beberapa kondisi yang membedakan anatara seorang pengusaha dan pegawai. Salah satu yang dihadapi pengusaha adalah ketidakpastian, sedangkan seorang pegawai sudah bekerja ssesuai dengan kemampuan.

2.       Mempersiapkan Keterampilan Pengusaha Muda
Untuk menjadi pengusaha muda yang sukses diperlukan beberapa keterampilan softskill yang harus dikuasai, yaitu :
-          Menjaga reputasi
Reputasi yang baik bisa mempengaruhi perkembangan usaha yang kita rintis. Karena dengan reputasi yang baik disekitar kita, masyarakat bisa mempercayai apa yang kita buat itu tidak akan merugikan mereka. Jadi sebagai pengusaha kita harus bersikap baik seperti jujur, dapat dipercaya, tidak mudah ingkar janji tanpa sebab dan alasan yang jelas.

-          Kemampuan membangun jaringan
Sebagai anak muda kita harus bisa menjadi seorang yang ramah dan mudah bergaul disetiap lingkungan. Karena dengan mudah bergaul dan bertambah banyaknya teman kita bisa mempermudah dalam memperluas jaringan usaha kita sehingga usaha yang kita jalani lebih mudah dikenal orang.

-          Naluri mengenali peluang usaha
Mengenali peluang usaha disetiap tempat itu harus, karena dengan itu kita bisa mendapatkan ide usaha apa yang pas dan cocok atau dimana lokasi usaha kita yang pas untuk dikembangkan.

-          Kemampuan Persuasi dan Negosiasi
Dalam duania bisnis itu kita harus bisa permintaan dan penawaran yang sesuai, karena disitulah keuntungan dari hasil usaha yang kita jalani. Sebelum melakukan persuasi dan negosiasi alangkah baiknya kita mempersiapkan diri dan pandai dalam bernegosiasi karena itu merupakan modal untuk mendapatkan kesepakatan yang sesuai.

3.       Membangun Usaha Saat Muda
Alasan mengapa kita harus membangun usaha saat muda, antara lain :
-          Adanya kekuatan positif yang dimiliki kaum muda
-          Semangat yang tinggi untuk meraih mimpi
-          Daya nalar dan sistematika berpikir yang cukup baik
-          Kemampuan fisik yang prima
-          Kreativitas yang masih sangat tinggi
-          Ada peluang cukup besar berwujud potensi yang perlu dikembangkan dari kaum muda
-          Waktu yang masih cukup longgar ketika masih muda

4.       Merealisasikan Mimpi Menjadi Kenyataan
Pengusaha yang berhasil adalah seorang pengusaha yang mampu bermimpi, bersemangat, dan bertindak untuk mencapai tujuan.

Setelah bersemangat menjadi pengusaha muda, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencapai mimpi tersebut, yaitu :
1. Mengubah impian menjadi visi
2. Menyusun rencana strategis
3. Menetapkan rencana jangka pendek
4. Melaksanakan usaha
Ya itulah beberapa hal yang perlu kita pahami agar menjadi pengusaha muda yang sukses. Jangan takut untuk mencoba melangkah karena kita tak akan tau apa yang ada didepan kita. Terus berusaha dan bekerja keras agar menjadi pemuda yang membanggakan kedua orang tua dan bangsa.
Sumber : Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda", Salemba Empat 2011, Jakarta (Universitas Mercu Buana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar