Minggu, Agustus 20

Big Choices, Big Deal


Setyorini Safitri - 41613120028

@E07-Rini, @Proyek C07

Siapa yang tak kenal dengan slogan di atas?
Blibli.com adalah salah satu E-commerce di Indonesia dengan konsep belanja online ala Mall, dengan konsep
tersebut blibli mengharapkan masyarakat Indonesia yang terbiasa belanja di Mall bisa menemukan barang yang mereka cari dengan mudah dan menyenangkan kapanpun dan dimanapun.

Blibli adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum dibidang digital yang didirikan pada tahun 2010. Blibli bekerja sama dengan teknologi provider kelas dunia, mitra logistik, banking partner serta merchant partner dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem back-end yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna blibli. 


Inovasi dan Pengembangan Bisnis 

Agar terlihat lebih dinamis, pertengahan tahun lalu, Blibli.com melakukan rebranding melalui penggantian logo dan mengubah slogan dari “Anytime, Anywhere Shopping” menjadi “Big Choices Big Deals”. adapun logo perusahaan yang dibuat adalah sebagai berikut :

Logo dan slogan baru ini menunjukkan komitmen Blibli.com menawarkan banyak produk, tawaran menarik, dan layanan terbaik untuk memberikan pengalaman berbelanja yang memuaskan. Komitmen memberikan banyak tawaran produk diwujudkan melalui kerja sama strategis dengan pemilik brand internasional untuk menjadikan Blibli.com sebagai authorized online distribution channel dan new product launching platform.

Strategi Pemasaran
Riset Google bekerja sama dengan lembaga TNS Global Market Research yang dirilis Agustus 2015 ini menyebutkan bahwa sekitar 67% para pemilik smartphone di Indonesia lebih memilih smartphone-nya sebagai alat untuk berbelanja online.
Sedangkan laporan State of Mobile Commerce triwulan kedua tahun 2015 dari Criteo juga menyebutkan bahwa transaksi dari ponsel (mobile commerce) memberi kontribusi 34% dari total transaksi e-commerce di Indonesia.
Sejak awal berdiri hingga semester pertama 2015, Blibli.com mengalami pertumbuhan signifikan, di mana pengunjung melalui mobile terus meningkat.

Perangkat mobile menginspirasi pembelian, membuat pengguna bisa melakukan riset terlebih dulu sebelum memutuskan membeli suatu barang, hingga akhirnya memutuskan belanja dan senang membagi pengalaman belanjanya di akun media sosial pribadi.

Investasi Permodalan
Blibli.com sudah menanamkan investasi di mobile platform dengan meluncurkan situs Blibli.com versi tablet pada 2012, kemudian meluncurkan aplikasi mobile berbasis Android pada awal 2014 yang pada pertengahan tahun ini diperbaharui secara total dari sisi tampilan, kemudahan mencari barang dan berbelanja maupun kecanggihan teknologi di dalamnya.

Konsep Belanja Online
Pembayaran dalam belanja online di Blibli.com bisa di lakukan dengan cara yang mudah. Kemudahan tersebut bisa di rasakan melalui beragam cara pembayaran yang tersedia di Toko Online Blibli.com, seperti pembayaran melalui bayar di tempat (Cash On Delivery/COD), internet banking, transfer melalui ATM, pembayaran uang elektronik, dan pembayaran melalui store (Indomaret & Pos Indonesia). Selain itu, juga bisa belanja di Online Shop Blibli.com dengan fasilitas cicilan 0% dengan tenor 6 hingga 12 bulan melalui pembayaran kartu kredit. Dengan beragam cara pembayaran tersebut, tentu semakin mudah dalam belanja online di Blibli.com.

Sumber Referensi :
  1. Sejarah Blibli.com. (2016, 03 Januari). Sejarah Berdirinya Blibli. Diperoleh 20 Agustus 2017, dari http://republikpos.com/2016/01/sejarah-berdirinya-bliblicom
  2. Copyright. (2011). About Us. Diperoleh 20 Agustus 2017, dari http://www.blibli.com
  3. Kenali Pendiri Blibli. (2011). Yuk Bersama Kita Kenali Siapa Pendiri Blibli.com. Diperoleh 20 Agustus 2017, dari http://www.satujam.com/pendiri-blibli/
  4. Aplikasi Mobile. (2015, 31 Agustus). Lewat Aplikasi Mobile, Blibli.com Layani Pelanggan Hingga Pelosok. Diperoleh 20 Agustus 2017, dari http://www.marketing.co.id/lewat-aplikasi-mobile-blibli-com-layani-pelanggan-hingga-pelosok/
  5. Perkembangan Bisnis StartUp. (2015, 31 Agustus). Apa yang Terjadi Dengan Blibli.com Setelah 4 Tahun Berdiri?. Dperoleh 20 Agustus 2017, dari http://www.marketing.co.id/apa-yang-terjadi-dengan-blibli-com-setelah-4-tahun-berdiri/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar