Sabtu, Agustus 5

Kisah Inspirasi Gusti Ngurah Anom Pemilik Bisnis Pusat Oleh-oleh Krisna di Bali

@E11-Bayu
Oleh: Kurniyanto Bayu Anggoro

Kisah Inspirasi Gusti Ngurah Anom Pemilik Bisnis Pusat Oleh-oleh Krisna di Bali

Tak selamanya mereka yang nakal luar biasa saat kecil akan berakhir dalam kegagalan hidup di masa depannya. Namun justru terkadang bila datang sebuah kesempatan dan kepercayaan yang dilandasi dengan rasa sadar maka siapapun mereka dengan masa lalu kelamnya akan dapat berubah menjadi sosok yang luar biasa yang siap menyongsong kesuksesan kehidupan barunya. Gusti Ngurah Anom, begitu nama lengkap pria asal Buleleng 5 Maret 1971 ini lahir dan dibesarkan di daerah Tangguwisia, sebuah desa kecil di kecamatan Seririt, kabupaten Buleleng, Bali.

Dimulai saat Ia tidak dapat melanjutkan sekolah di SMA karena orangtuanya tidak mampu. Anom pergi dari rumah dan memulai perjalannanya. Ia lelah dan berhenti tepat di depan gardu Pos SATPAM Hotel Rani di Sanur. Memulai pekerjaan sebagai tukang kebersihan dan cuci mobil, kemudian bekerja di konveksi, dan akhirnya membuka usaha konveksi.
Bisnis oleh-oleh dan pariwisata dimulai dari sini. Setelah usaha konveksinya berjalan Anom membuka toko baju kaos di Jalan Nusa Indah Denpasar dan memberikan trade mark usaha konveksinya dengan nama Cok Konfeksi yang berlokasi tak jauh dari area Gedung Art Centre sebagai pusat kegiatan pesta seni dan budaya Bali. Berkat hasil terkumpul dari kerja keras, ketekunan, kesabaran, kejelian membaca peluang dan didukung sikap dasar kreativitas dan inovasinya, Anom menggagas sebuah ekspansi usaha yang lahir dari ide cerdas untuk memanfaatkan arus wisatawan yang berkunjung ke Bali. Dalam benak Anom tergambar niatan membuat sebuah sentral oleh-oleh khas Bali yang menyediakan semua pernak-pernik khas Bali. Seperti: aneka camilan, kaos anak-anak dan dewasa, batik, tas kreasi, alat musik tradisional, aksesoris pria dan wanita, bedcover, lukisan, kain pantai, layang-layang, kerajinan kayu, alas kaki hingga frame foto, termasuk beragam kaos made in Cok Konfeksi. Kemudian berhasil dengan dibukanya sebuah pusat oleh-oleh Bali yang bernama Krisna Oleh-Oleh Khas Bali.
Kini di tengah kebesaran industri dagang yang berkibar itu, Anom tidak kehilangan kearifannya, Ia semakin banyak melibatkan diri pada kegiatan sosial dan berada di balik banyak bantuan bagi mereka yang kurang mampu, panti asuhan dan berbagai kegiatan kemasyarakatan. Ia ingin membagi berkah yang telah dititipkan Tuhan kepadanya, menebarkan keseimbangan hidup dengan kebaikan yang tulus sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta yang telah menggariskan perjalanan hidupnya dengan mengubah amarah menjadi limpahan berkah.


Daftar Pustaka:
  1. Biografi Gusti Ngurah Anom, http://www.krisnabali.co.id/biografi/ diakses tanggal 05 Agustus 2017
  2. Kisah Inspirasi Gusti Ngurah Anom Pemilik Bisnis Pusat Oleh-oleh Krisna di Bali, https://www.youtube.com/watch?v=vWB0jJpwwWQ diakses tanggal 05 Agustus 2017



Tidak ada komentar:

Posting Komentar