Sabtu, Agustus 12

Comet (Coklat Lemet)


@E21-Sandi
@Proyek C04

COMET (Coklat Lemet)

Coklat Lemet (kecil, dalam bahasa sunda), mungkin terdengar asing di masyarakat pada umumnya karena diambil dari bahasa daerah (sunda) berhubung saya orang sunda (Bandung).
Usaha ini saya pilih karena peminat terhadap coklat sangat banyak bisa dibilang semua orang suka coklat. Dengan nama (brand) yang kelihatan unik, saya berharap orang akan penasaran dan tergiur untuk mencobanya. Comet ini akan dibuat custom, seperti nama atau huruf, tokoh kartun juga bisa custom (sesuai permintaan, dengan kategori yang tersedia).
Untuk packaging (box) nya bisa dibuat seperti parsel,kado,atau pun ucapan terima kasih, Comet ini akan di wrapping per satuan (untuk mehindari coklat mudah meleleh). Karena usaha ini masih dalam skala rumahan, untuk pemasarannya saya akan mulai dari teman-teman kantor dan kuliah. Dengan teknologi yang sudah canggih seperti sekarang ini, Comet akan hadir untuk order secara online supaya pemasarannya lebih luas dan lebih praktis.
Peralatannya pun mudah didapatkan dan sebagian besar bisa memanfaatkan perkakas ibu rumah tangga, yang agak sulit mungkin plastik cetakannya, demi menarik pelanggan bentuk cetakan pun banyak variasi nya agar penampilan coklat lebih menarik tanpa mengurasa kualitas rasa coklat itu sendiri.
Dikarenakan masih dalam skala rumahan, para pekerja nya pun bisa memanfaatkan keluarga atau kerabat sendiri, sekitar 4 orang dibutuhkan untuk memulai usaha ini, 1 orang sebagai manager (termasuk pemasaran), 1 orang membuat adonan, 1 orang membuat cetakan, 1 orang planner produksi & pembelian bahan baku.
Dengan susunan kerja seperti di atas orderan 200 pcs / mingu masih bisa di handle, jika orderan melebihi 200 pcs/ minggu kemungkinan harus menambah pekerja.
Supaya lebih bervariasi menu tambahan akan di,masukkan seperti pembuatan kue ulang tahun, supaya ada pilihan untuk pelanggan.

Sekian mengenai artikel perencanaan bisnis dari saya, semoga bisa menjadi inspirasi untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar