Jumat, Agustus 4

Ingin Sukses Berbisnis Seperti Orang Cina? Begini Caranya...

I

    Filsafah Bisnis Orang cina

1.      Mengajarkan kepada kita untuk bekerja keras, tidak cukup 8 jam, kalau perlu sampai 18 jam. Kerja keras juga harus diiringi dengan keberanian dalam membuka peluang usaha baru dan berani mengambil resiko . Hasil akhir dari sebuah usaha tentunya bergantung pada sikap kita untuk tidak mudah menyerah dan putus asa. 



2.      Mengajarkan bahwa pekerjaan haruslah menyenangkan, sehingga dalam bekerja tidak merasa bosan dan terpaksa.



3.      Mengajarkan kepada kita agar mengajarkan agar anak dan cucu kita lebih berhasil maka kita harus mendidik sebaik-baiknya tentang ilmu dan pengalaman yang terbaik.

4.      Mengajarkan kita untuk menabung. Orang China tidak akan berfoya-foya sebelum kaya. Keuntungan yang didapat diinvestasikan kembali dalam rangka memperbesar usaha.

5.      Mengajarkan kepada kita untuk tidak berorientasi jangka pendek. Menjaga reputasi dan memberikan layanan terbaik akan menghasilkan bisnis jangka panjang.

6.      Mengajarkan kepada kita untuk tidak putus asa. Kegagalan seharusnya menjadi pendoronguntuk mencapai keberhasilan selanjutnya.

 
    Budaya bisnis orang cina
1.      Bekerja keras dan tekun. Kita sering kali membuat keputusan yang baik, namun sering gagal dalam melaksanakan dan kurang fokus sehingga dapat menghambat keberhasilan.

2.      Usaha orang China adalah berdagang. Dan untuk berdagang tidak terlalu membutuhkan ilmu dan teori yang rumit, yang penting mau bekerja keras dan belajar dari orang yang lebih berpengalaman.

3.      Adanya kesabaran dan ketabahan yang luar biasa dalam mencapai keberhasilan. 

Kegagalan demi kegagalan tidak menjadikann frustasi dan putus asa, tetapi menjadikan orang semakin tegar, bijaksana dan tabah atas rezeki yang diperoleh.

4.      Menginginkan adanya keuntungan jangka panjang berdasar tujuan yang ada. Bisnis jangka panjang membutuhkan loyalitas konsumen dan hal tersebut menuntut adanya kerja profesional, kompetensi tinggi dan komitmen pada pekerjaan.

5.      Adanya kesigapan dan dinamisasi usaha orang China dan siapa cepat dia dapat,menunjukkan bahwa setiap usaha harus diikuti inovasi agar dapat merespons keinginan pasar dengan cepat dan memuaskan. 


    Sistem bisnis orang cina
1.      Orang China mengizinkan pelanggannya membuat pilihan sendiri tanpa ada tekanan

dari pemilik. 

2.      Sukses bisnis tidak menggunakan jalan pintas.

3.      Pelanggan lama diberikan kebebasan dan pelayananyang istimewa sedangkan pelanggan baru diiming-imingi dengan potongan harga dan kemudahan kredit.

4.      Pekerja dalam sistem China adalah bagian yang tidak terpisahkan dari entitas bisnis.


    Etika berbisnis
1.      Melarang penggunaan cara-cara kotor untuk menjatuhkan orang lain karena cara tersebut dianggap perbuatan yang terkutuuk.

2.      Pedagang dilarang mengganggu dan menjelek-jelekan kegiatan perdagangan orang lain. Persaingan dibenarkan menurut nilai moral dan pertimbangan kemanusiaan.

3.      Pedagang tidak boleh terlalu kaku, namun sebaliknya perlu memperbolehkan proses tawar-menawar.


    Seni bernisnis
1.      Usaha bela diri dalam berwirausaha sangat diperlukan, jangan sampai usaha kita mati karena kita tidak mampu mempertahankan diri. 

2.      Adanya kecermatan dan ketelitian yang tinggi dan sikap fleksibel.

3.      Mengutamakan win-win solution. 

4.      Pengusaha harus rajin bekerja, ramah dan menjadikan pelanggan sebagai sahabat dekat. 

5.      Pengusaha harus memiliki daya tahan, mental dan jiwa yang kuat.


    Cara bisnis orang cina
1.      Untuk dapat menjadi pedagang sukses harus mendapatkan keyakinan dari pelanggan. Keyakinan pelanggan adalah kunci keberhasilan.

2.      Tidak boleh pelit mengeluarkan biaya tambahan untuk memikat hati pelanggan. 

3.      Bekerja minimal 18jam sehari.

4.      Harus fleksibel dan beradaptasi dengan kondisi yang ada.

5.      Tempat usaha harus mudah diakses dan menarik perhatian konsumen untuk mengunjunginya.

6.      Tidak boleh semata-mata mengikuti pola pikirnya, tetapi mengikuti perilaku, minat dan kehendak orang banyak.



    Rahasia orang cina dalam bernisnis
1.      Banyaknya kemiskinan, perasaan kurang aman ditempat orang lain, kemampuan bertahan hidup di tempat orang lain, tidak adanya pilihan lain dan ajaran falsafah hidup konfusiume yang mengajarkan untuk bekerja keras, tidak putus asa dan sabar mendorong etos kerja orang china.

2.      Dalam sistem sosial masyarakat China, status sosial dapat ditingkatkan dengan adanya kekayaan; semakin kaya maka semakin tinggi status sosial dan kehormatannya.

3.      Uang jangan pernah dijadikan sebagai penghalang. Asal ada kemauan, disitu pasti ada jalan, yang terpenting harus tabah dan sanggup hidup susah.


    Daftar Pustaka
http://faulinemulia.blogspot.com/2013/04/menerapkan-sikap-mental-bisnis-orang.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar