Sabtu, Agustus 5

Inovasi Teknologi Dari GOJEK!

Di Ibukota Jakarta saat ini sedang dijejali dengan pengendara motor yang menggunakan jaket berwarna hijau. Mungkin hampir setiap jalan pasti ada satu atau dua orang yang menggunakan jaket dan helm hijau tersebut.
Pengendara motor yang menggunakan jaket dan helm hijau tersebut adalah para driver gojek. Gojek merupakan layanan ojek online yang dikelola oleh PT go-jek Indonesia. Pendiri gojek adalah seorang pemuda asli Indonesia. Gojek ini memang sedang sangat heboh. Seperti jamur di musim dingin, semakin lama semakin banyak penggunanya dan berkembang terus menerus.

Gojek di dirikan pada tahun 2011. Awalnya gojek melayani lewat panggilan telepon saja. Seperti panggilan pada taksi. Tetapi semakin kesini gojek semakin berkembang dan pada awal tahun 2015 kemarin, meluncurkan aplikasi android gojek. Ini lebih memudahkan para pengguna melihat sekarang smartphone seperti menjadi gaya hidup bagi orang perkotaan. Inovasi ini memberikan keuntungan lebih banyak lagi pada pendiri gojek dan para driver gojek. Mungkin anda penasaran dengan orang yang telah berinisitaf mendirikan gojek ini dan membuat perubahan di ibu kota jakarta.

Gojek berdiri pada tahun 2011 oleh seorang pemuda yang sangat kreatif. Pendiri gojek bernama Michaelanglo maron dan Nadiem makarin. Mereka mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama PT Go-jek Indonesia. Perusahaan ini bertujuan untuk menghubungkan ojek dengan penumpang ojek. Mereka melihat para ojek pangkalan hanya menghabiskan waktu seharian dan belum tentu mendapatkan pelanggan. Jadi mereka membuat perusahaan ini, untuk membantu para tukang ojek mendapatkan penumpangnya dengan lebih cepat dan efisien. Sampai sekarang tujuan mereka memang terbukti ampuh. Tukang ojek harus lebih produktif supaya bisa mendapat penghasilan yang lebih banyak.

Para tukang ojek pangkalan tersebut terkadang menunggu 8 sampai 10 jam, tetapi paling hanya mendapatkan 4 sampai 7 orang penumpang saja (Nadiem, 2016) . Pendiri gojek berinisiatif membuat sesuatu yang berbeda. Gojek ini menggunakan sebuah system yang lebih tertata rapi. Awalnya gojek hanya melayani lewat call center saja, tetapi lambat laun gojek mulai berkembang dan membuat aplikasi gojek. Dengan aplikasi ini, anda bisa memesan secara online, membayar secara kredit dan mengetahui keberadaan driver yang akan menjemput anda. inilah salah satu kelebihan dari gojek dibandingkan dengan ojek pangkalan lainnya.

Pada awal pendaftaran menjadi driver gojek, akan terdapat berbagai pelatihan. Bagaimana melayani pelanggan yang baik, tidak boleh ugal-ugalan di jalan, mematuhi lalu lintas dan menggunakan pakaian yang safety. Pendiri gojek ini memang sangat mengutamakan kepuasan pelanggan. Ketika menggunakan gojek anda akan diberikan jaket, helm, penutup kepala dan juga masker. Jadi memang benar-benar mematuhi lalu lintas yang ada. Selain itu para driver gojek juga diajari bagaimana menggunakan aplikasi gojek, m-bangking dan masih banyak lainnya.

Untuk keuntungan, terdapat pembagian 20/80. 20% untuk kantor dan 80% untuk driver. Terkadang para driver gojek bisa mendapatkan 10 sampai 20 pelanggan setiap harinya. Apalagi gojek tak hanya melayani antar jemput orang saja. Tetapi juga bisa mengirim paket, memesan makanan dan masih banyak lainnya. Kelebihan dari gojek ini memang lebih banyak. Dari pendiri gojek ini, lahirlah sebuah system baru yang membantu kemacetan di Jakarta

Dari cerita Go-Jek diatas kita bisa mendapat pelajaran bahwa sesuatu yang sangat sederhana dan dipandang sebelah mata akan menjadi hal besar jika kita bisa berinovasi dengan tepat. Dulu tukang ojek hanya dipandang sebelah mata tetapi dengan “sentuhan” teknologi kini profesi Ojek Online cukup menjanjikan. Kita sebagai generasi muda seharusnya dapat membuka peluang sendiri dengan cara berfikir yang kompetitif dan imajinatif, berkarya dengan hal baru tentu akan membuahkan hasil yang baik. Dengan inovasi wirausaha semacam ini bisa membuat Indonesia menjadi negara maju jika generasi muda berfikir dan berkarya seperti Nadiem Markarin.

Daftar Pustaka:

Anonim. 2016. Gojek Inovasi Dalam Transportasi. http://www.kabarcsr.com/gojek-inovasi-dalam-transportasi/. Diakses tanggal 5 Agustus 2017.

Niugraha, Bayusatria. Sejarah Berdirinya Gojek. http://happinessistime.blogspot.co.id/2016/06/sejarah-berdirinya-go-jek.html. Diakses Tanggal 5 Agustus 2017.


Viva, Tim. 2017. Inovasi Gojek Manjakan Pelanggan di 2017. http://www.viva.co.id/digital/startup/880568-inovasi-gojek-manjakan-pelanggan-di-2017. Diakses Tanggal 5 Agustus 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar