Sabtu, Agustus 5

KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM BERWIRAUSAHA

KREATIVITAS WIRAUSAHA
Untuk berwirausaha, inovasi dan kreativitas adalah hal yang perlu dimiliki dan dikembangkan dalam diri wirausaha demi perkembangan dan kesuksesan sebuah usaha. 
Keduanya sering kali dipandang hampir serupa. Inovasi dan kreativitas adalah inti dari kewirausahaan. Pada dasarnya sebuah inovasi dalam berusaha adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang untuk meningkatkan atau untuk memperbaiki kinerja usaha. Sedangkan kreativitas dapat dipandang sebagai kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dan peluang.
Kreativitas merupakan sekumpulan ide-ide baik berupa pengetahuan maupun pengalaman yang berada dalam pikiran manusia yang kemudian digabungkan menjadi sesuatu hal yang sifatnya kreatif yang berguna baik pada dirinya maupun orang lain atau organisasi dalam situasi atau kondisi yang tidak menentu.
Aspek penting dalam kreativitas adalah pembangkitan ide, dimana aspek ini dibedakan menjadi dua kategori yakni secara individu dan kelompok. Pembangkitan ide secara individu akan terkait dengan kebebasan dan beragam pola pemikiran.
Ciri dari berpikir kreatif dan individu yang dikatakan kreatif, diantaranya didasarkan pada:
1.       Mencoba mengemukakan ide-ide atau gagasan asli dengan membuat keterkaitan baru diantara hal-hal yang telah diketahui.
2.       Memperhatikan hal-hal yang tidak diduga.
3.       Mempertimbangkan karakterisik pribadi seperti fleksibilitas dan spontanitas dalam pemikiran.
4.       Kerja keras untuk membentuk gagasan-gagasan sehingga orang lain dapat melihat nilai dalam dirinya.
5.       Tidak hanya berpuas hati dengan hanya menghasilkan ide-ide kreatif saja.


 INOVASI WIRAUSAHA
Inovasi adalah alat untuk memanfaatkan perubahan sebagai peluang bagi bisnis yang berbeda atau jasa yang berbeda. Inovasi dapat ditampilkan sebagai ilmu, dapat dipelajari dan dapat dipraktekan. Inovasi juga dikatakan sebagai mengubah nilai dan kepuasan yang diperoleh konsumen dari sumber daya. Biasanya perubahan yang dimaksudkan merupakan perubahan yang sudah terjadi atau sedang berlangsung. Inovasi yang berhasil adalah yang mampu memanfaatkan perubahan. Terdapat sejumlah inovasi yang menimbulkan suatu perubahan besar seperti inovasi teknik yang besar dan merupakan hal yang luar biasa.

Kajian Kasus : Usaha Kreatif Roti Sesuai Rasa Pesanan Pelanggan
Yang namanya usaha inovatif dan kreatif harus menghasilkan barang yang berbeda dengan yang lainnya, salah satu contoh yang paling mudah ialah jualan roti dengan bentuk kemasan roti dan rasa sesuai pesanan dari pelanggan. Dengan bermodal ide seperti itu, maka roti yang kita jual akan memiliki konsumen tetap dan dapat berkembang dengan sangat cepat. Apalagi kalau kita mempromosikan nya lewat sosial media yang ada mulai dari akun facebook, twitter, BBM, Instagram dll. Maka, usaha roti yang kita jalani dengan niat yang sungguh-sungguh dapat menghasilkan nilai yang sesuai dengan usaha yang kita jalani. Asalkan kita melakukan usaha tersebut dengan sabar, tekad yang kuat dan jangan menyerah terhadap jatuh bangunnya usaha. Tidak ada usaha yang dijalani dengan mulus tanpa hambatan yang kuat, yang terpenting kita mesti sabar dan kuat menghadapi segala proses yang ada.

Kesimpulan :
Dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi membutuhkan kerja keras dan niat yang besar. Dengan begitu, kita dapat mendapatkan keyakinan dalam mempraktekkannya agar apa yang ingin kita capai dapat terwujud. Dengan usaha yang kita jalani dengan sungguh-sungguh maka hasil yang kita dapat pasti senilai dengan apa yang kita kerjakan. Dimana ketika kita akan membangun sebuah usaha jangan takut salah, karena sebuah wirausaha itu tanpa kesalahan tidak akan mungkin sukses dan selalu mencoba untuk melihat masalah dari segi pemikiran yang berbeda sebab dengan begitu masalah yang muncul tidak akan mematahkan semangat kita untuk menjalankan usaha yang telah di bangun dan akan memunculkan pemikiran yang lebih kreatif lagi dalam berwirausaha. Dengan usaha yang sukses maka kita dapat membuka lapangan pekerjaan bagi mereka yang pengangguran.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar