Sabtu, Agustus 19

Keuangan Usaha

Langkah tepat pengelolaan keuangan usaha baru

1. Membuat rencana anggaran untuk usaha

Tentunya setelah Anda memilih bidang tertentu untuk diusahakan, hal yang pertama untuk pengelolaan keuangan usaha tersebut adalah membuat anggaran yang dibutuhkan.
Membuat anggaran untuk budgeting usaha yang paling sederhana adalah dengan memperkirakan berapa biaya yang diperlukan untuk memulai usaha tersebut. Tanpa adanya rencana anggaran budget, bisnis sangat beresiko bila nanti terjadi pengeluaran yang tidak terkendali. Hal ini juga akan merugikan Anda yang baru saja memulai usaha baru. Beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk anggaran usaha baru adalah


Berapa anggaran tempat usaha yang akan dipakai
Berapa modal untuk membeli bahan atau peralatan untuk usaha
Berapa modal yang dibutuhkan untuk biaya promosi
Kalau membutuhkan karyawan, berapa gaji untuk karyawan tersebut dan sebagainya
Dengan menetapkan budget atau anggaran yang dibutuhkan, Anda akan mempunyai gambaran berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha yang baru tersebut. Untuk memulai usaha, faktor ketersediaan modal memang sangat dibutuhkan. Untuk kebutuhan modal memang lebih baik diambil dari keuangan sendiri, sehingga bisa mengurangi beban dengan pihak lain.

2. Pisahkan uang bisnis dan uang pribadi

Sebagaimana Anda sebagai pemilik usaha tentunya juga berperan sebagai pekerja dalam usaha yang dijalankan tersebut. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik usaha juga harus mengalokasikan gaji untuk diri Anda sendiri. Dengan cara seperti ini, maka Anda sebagai pemilik usaha hanya membelanjakan uang untuk kebutuhan hidup dari gaji yang diterima tersebut. Jadi hal terbaik dalam pengelolaan keuangan usaha tentunya harus memiliki dua keuangan yang berbeda, antara keuangan pribadi dan keuangan usaha. Walaupun usaha yang dijalankan tersebut saat ini masih tergolong kecil.

3. Buku pencatatan keuangan

catatan-keuangan-usaha-baruMempunyai buku pencatatan keuangan sangatlah diperlukan untuk Anda yang memulai usaha. Karena dengan pencatatan keuangan usaha ini, Anda dapat mengontrol pengeluaran dengan baik. Dengan mampu mengontrol keuangan dengan baik tentunya Anda mampu mengalokasikan pengeluaran dengan tepat dan mampu memaksimalkan penggunaan modal tersebut dengan baik. Selain itu Anda juga dapat mengetahui dengan jelas berapa aset usaha yang dimiliki dan seberapa besar keuntungan yang didapat. Sehingga dapat mengetahui bagaimana perkembangan usaha setiap harinya. Catatan keuangan yang dibutuhkan minimal seperti buku kas pemasukan dan pengeluaran.

Untuk catatan keuangan, sekarang ini juga mudah dibuat dengan aplikasi keuangan. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk membuat catatan keuangan secara manual. Manfaatkan aplikasi keuangan untuk mencatat keuangan usaha Anda. Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya yang membahas tentang beberapa aplikasi keuangan yang mudah di pakai.

4. Realisasikan rencana bisnis sesuai dengan anggaran yang dibuat

Tentu saja untuk memulai bisnis juga harus mempunyai rencana bisnis yang matang yang sesuai dengan anggaran yang dibuat. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, dengan membuat anggaran untuk promosi produk yang Anda jual. Promosi produk ini sangatlah penting, karena itu persiapkan anggaran yang dipunyai untuk mempromosikan produk Anda. Usahakanlah anggaran tersebut sesuai dengan yang sudah Anda rencanakan. Untuk itu persiapkan rencana yang matang, jangan sampai untuk anggaran ini melebihi budget yang sudah Anda buat.

5. Persiapkan dana darurat untuk usaha

Setelah usaha yang Anda jalani berjalan dengan baik, perlu untuk menyisihkan keuntungan untuk dana darurat usaha Anda. Hal ini diperuntukkan bila suatu saat nanti terjadi hal yang tidak diinginkan di dalam bisnis Anda. Seperti terjadi penurunan penjualan bisnis, bencana alam, kecelakaan kerja, dan hal lainnya yang mengharuskan Anda untuk mengeluarkan pengeluaran yang banyak. Untuk itu dana darurat ini sebagai cadangan keuangan Anda, sehingga Anda tidak perlu bingung untuk mencari pinjaman hutang untuk usaha Anda.

Demikianlah beberapa hal tentang pengelolaan keuangan untuk usaha baru yang perlu Anda ketahui. Perlu diingat, memulai usaha yang baru itu bukanlah hal yang mudah seperti membalikkan telkapak tangan. Perlu adanya konskwensi untuk berusaha keras, pengorbanan yang tinggi, perencanaan yang matang, sabar, dan pengelolaan keuangan yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sedang akan memulai usaha baru.

Sumber:
https://googleweblight.com/?lite_url=https://www.akun.biz/tips-bisnis/tips-pengelolaan-keuangan-usaha-baru/&ei=i0ULPHJO&lc=id-ID&s=1&m=765&host=www.google.co.id&ts=1503137383&sig=ALNZjWnqMpD39SHxvZEYNCb8zaTzj-CuIQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar