Agustus 20, 2017

Mengintip Lebih Jauh Tentang RumahWeb

@Proyek C07
@E32-Melia

Didirikan pada tahun 2002 di Yogyakarta, Rumahweb Indonesia tumbuh menjadi salah satu perusahaan hosting terbesar di Indonesia yang kini melayani lebih dari 14.000 domain pelanggan.
Berawal dari 1 server, kini Rumahweb telah memiliki lebih dari 30 server untuk melayani hosting dan VPS/Cloud.
Pertumbuhan ini tidak lepas dari penanaman sikap dan kesadaran bahwa bisnis ini dibangun atas kepercayaan pelanggan terhadap Rumahweb sehingga seluruh aktivitas yang ada didalamnya hanya bertujuan untuk satu hal saja – yakni menjamin kepercayaan pelanggan terhadap Rumahweb dapat dijaga dengan segala konsekuensinya. Harga mati sebuah komitmen yang ditanamkan diseluruh jajaran manajemen dan karyawan.
Dalam perkembangannya RumahWeb sudah memberikan performance terbaiknya, dengan memberikan beberapa fasilitas- fasilitas hosting, yang terdiri atas :
a. Control Panel:
Control Panel digunakan untuk mengatur, memelihara, dan memonitor website anda. Biasanya perusahaan hosting memiliki pilihan sendiri untuk control panel yang akan diberikan ke clientnya.
Fasilitas dasar yang terdapat pada control panel secara umum terdiri atas:
• Statistik: berisi data lengkap dari kunjungan user ke sebuah website
• File Manager
• Konfigurasi e-mail account: memudahkan anda untuk mengatur e-mail account pada website
• Database Management: Tergantung dari paket yang anda pilih, apabila pada paket tersebut disertakan database didalamnya (contoh: MySQL, PostgreSQL, dll), maka fasilitas ini menjadi sangat krusial.
• Pengaturan account FTP
• Detail informasi account hosting: berisi data tentang paket hosting yang anda gunakan.
Rumahweb menggunakan cpanel sebagai control panel website. Cpanel merupaan control panel yang sangat user-friendly sehingga anda tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk mempelajarinya. Jika anda ingin mempelajarinya secara offline, maka silahkan anda download manual cpanel nya terlebih dahulu.
b. Mail Account
Anda dapat membuat e-mail di website anda. Id e-mail yang dipilih, ya terserah anda. Contoh: anda memiliki domain www.aku.com, maka anda bisa saja membuat e-mail dengan nama saya@aku.com . Terasa lebih personal bukan.
c. Anti Virus, SpamBlocker, & SpamBox
Fasilitas ini diberikan untuk mengamankan website dan e-mail anda dari gangguan2 yang tidak menyenangkan.
d. Mailing List
Oleh para netters biasa disingkat milis. Contoh penyedia milis gratis adalah Yahoo Groups. Jika website anda memiliki fasilitas mailing list, maka anda bisa membuat sebuah milis dengan menggunakan alamat website anda seperti Yahoo Groups.
e. POP & SMTP Access
Fasilitas ini akan memudahkan anda dalam mengirim e-mail dan menerima e-mail yang datang ke website anda. Anda bisa mengirim dan menerima e-mail dari perangkat PDA atau bahkan Handphone sekalipun (catatan: handphone anda harus memiliki fasilitas “e-mail” didalamnya), hanya dengan mengeset alamat POP & SMTP pada website anda.
e. Mail Forwarder / Alias
Mail Forwarder / Alias digunakan untuk “meneruskan” e-mail yang datang ke website anda ke alamat e-mail lain.
f. FTP Account
FTP (File Transfer Protocol) adalah standar protokol yang digunakan untuk melakukan transfer file (Upload dan Download). FTP account digunakan untuk mengatur account FTP yang terdapat di website anda.
Account FTP yang dimaksud adalah username, password, Quota, dan ke direktori mana saja seorang FTP user dapat melakukan transfer file.
g. Sub Domain
Dalam struktur penamaan domain (Domain Name System) terdapat dua tingkatan atau lebih. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh berikut:
http://e-book.rumahweb.net terdiri atas tiga tingkatan.
i. Top Level Domain, yang digunakan pada contoh diatas adalah .net . Ada banyak top level domain selain .net, misalnya saja, .com, .org, .info, .tv, dsb.
ii. Second Level Domain (Domain Tingkat Dua), dari contoh diatas adalah rumahweb.
iii. Subdomain, dari contoh diatas adalah e-book.
g. Multiple Domain
Dengan fasilitas ini Anda dapat menggunakan satu paket hosting saja untuk meletakkan dua domain anda (atau lebih, tergantung dari kebijakan perusahaan hosting),
h. Database
Database digunakan untuk menyimpan data di website anda..
Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih fasilitas hosting yang ditawarkan :
1. Ketahui secara pasti kebutuhan website anda
Anda ingin membuat sebuah personal website, apakah anda akan ambil paket yang besar? Untuk apa bandwith 5GB perbulan jika website anda hanya dikunjungi 10 orang perbulan (misalnya). Pemilihan paket yang tepat akan memaksimalkan harga/kinerja yang anda dapatkan.
2. Harga vs. Kualitas
Merupakan marketing gimmick yang cukup menyesatkan jika ada yang menyebutkan bahwa harga tidak berbanding dengan kualitas. Biaya adalah sebuah konsekuensi logis untuk menghadirkan sebuah layanan yang benar – benar dapat diandalkan.
Sering kali pemain bisnis hosting yang baru terjun di bisnis ini hanya memperhitungkan resource space dan traffic limit. Padahal di luar itu banyak sekali batasan – batasan lain sebuah server di antaranya adalah CPU load dan Memmory. Oleh karena itu jika harga yang di tawarkan sangat murah maka konsekuensinya adalah pengurangan – pengurangan fasilitas hosting yang berpotensi besar menimbulkan beban berlebih pada server. Jika ada yang menawarkan harga sangat murah namun tetap menawarkan fasilitas – fasilitas yang fantastis, maka hal ini seharusnya menjadi tanda tanya besar.
3. Serba Unlimited? Impossible!
Aplikasi yang biasanya dapat membuat CPU load menjadi tinggi di antaranya adalah web itu sendiri, database, mailing list, dan FTP. Untuk itu biasanya perusahaan web hosting membatasi jumlah mailing list, FTP account, dan database untuk menjaga reliabilitas layanan. Selain itu traffic per bulan juga dibatasi dengan asumsi jika traffic tinggi, maka beban server juga tinggi.
Oleh karena itu review kembali pilihan Anda jika pilihan tersebut jatuh pada perusahaan web hosting yang menawarkan fasilitas serba unlimited.
4. Kepemilikan dan Pengaturan Domain
Domain sudah selayaknya menjadi milik pelanggan dan pelanggan berhak melakukan pengaturan terhadapnya. Oleh karena itu pelanggan harus diberikan akses ke control panel domain yang berfungsi untuk mengatur domain secara administratif (whois info / kepemilikan) dan teknis (pengaturan nameserver).
Apabila kepada pelanggan tidak diberikan control panel pengaturan domain, maka jika suatu saat pelanggan ingin memindahkan hosting, melakukan pengaturan nameserver, dan perpindahan kepemilikan domain atau transfer ke registrar domain lain akan menemui kesulitan karena bergantung pada perusahaan hosting tempat pelanggan membeli domain tersebut.

Apa itu SEO?
Salah satu dari sekian banyak indikasi kesuksesan sebuah website adalah traffic. Traffic menunjukkan bahwa website tersebut digemari oleh pengunjungnya. Salah satu cara yang efektif untuk mendatangkan pengunjung bagi website tersebut adalah melalui search engine. Biasanya pengunjung akan mencari website melalui search engine dengan menggunakan kata kunci atau keyword.
Harapan pemilik website tentu saja muncul di urutan teratas pada hasil pencarian search engine karena kecenderungan pengunjung tentu saja akan meng-klik pada hasil – hasil pencarian yang muncul teratas.
SEO Solusinya
SEO adalah sebuah proses halaman web agar dapat dibaca dengan lebih baik oleh search engine yang bersifat crawler (Google, Yahoo, MSN, dll). Proses SEO dapat melibatkan halaman web itu sendiri, namun tidak menutup kemungkinan juga melibatkan website yang lain.
Tidak semua jenis website dapat terbaca dengan baik oleh search engine. Website yang menggunakan full flash sampai saat ini sama sekali belum dapat dibaca dengan baik oleh search engine, sedangkan website yang memenuhi standard W3C akan dapat dibaca dengan sempurna oleh search engine. Search engine juga akan kesulitan membaca web yang menggunakan navigasi JavaScript dan web dengan frame.
Banyak sekali faktor yang menentukan keberhasilan dalam SEO. Selain itu, metode search engine untuk meng-index hasil pencarian juga sering berubah. Oleh karena itu SEO dapat dikatakan sangat dinamis karena metodenya berubah dari waktu ke waktu, dan juga SEO tidak dapat memberikan jaminan apakah website Anda akan muncul dalam index pencarian teratas atau tidak. Silahkan simak artikel – artikel tentang SEO dalam website ini dan mulai menghasilkan traffic dari search engine. Cheers!!


3 komentar: