Agustus 05, 2017

Motivasi Pengusaha Sukses

Seorang pengusaha sangat memerlukan sebuah motivasi diri. Karena dalam menjalankan usaha pasti memerlukan semangat dan tekad yang kuat. Tanpa sebuah motivasi, maka pengusaha akan  sulut untuk bertindak.
Menjadi wirausaha khususnya pemula memang sangat-sangat sulit, banyak sekali tantangan yang terjadi, tak terasa pula banyak modal yang terbuang sia sia tanpa menghasilkan keberhasilan. Mungkin itu terjadi akibat dari kesalahan wirausaha pemula itu sendiri.

Maka dari itu jika anda merasa sebagai wirausaha pemula atau bahkan calon wirausaha yang belum pernah berwirausaha sebelumnya alangkah bainya jika membaca 11 tips kunsi sukses di bawah ini.

Kiat Menjadi Pengusaha Sukses Ala Bob Sadino

1. Realisasikan ide secara maksimal
Setiap orang pasti memiliki potensi dan impiannya masing-masing. Hanya saja yang menjadi hambatan adalah mimpinya itu tidak pernah dicoba untuk direalisasikan. Ada kata bijak “Ide-ide kecil yang terlaksana lebih baik dari ide-ide besar tapi belum diungkapkan.”


2. Harus berani memulai
Banyak orang mungkin merasa bahwa berwirausaha itu adalah dunia yang bebas, tidak menentu pendapatannya sehingga tidak berani untuk terjun ke dalamnya. Ini yang menjadi kendala seseorang untuk memulai usahanya..

3. Jangan terlalu banyak berpikir
Banyak orang mungkin merasa bahwa jika kita mencoba berwirausaha mereka tidak akan mendapat penghasilan yang tetap seperti orang-orang kantoran atau takut rugi jika bisnisnya bangkrut. Justru inilah yang menjadi kendala, kuncinya adalah JUST DO IT! Urusan untung rugi tergantung dari kerja keras dan usaha kita. Dan ingatlah jika kamu berhasil pendapatanmu bisa berkali-kali lipat dari seorang karyawan kantoran.

4. Jangan ingin serba instan
Fenomena masyarakat kita yang memiliki antusiasme besar terhadap acara seperti Indonesia Idol atau Indonesia Mencari Bakat. menunjukkan bahwa masih banyaknya orang-orang yang ingin mendapatkan  kesuksesan secara instan. Padahal sesuatu yang diperoleh secara instan akan lenyap dengan cara yang instan juga.

5. Bermimpi besar
Hidup berawal dari mimpi, maka ciptakanlah impian-impian besar untuk memulai bisnis anda.

6. Jangan terpaku pada pendidikan
Tidak sedikit tokoh yang sukses sangat bertolak belakang dengan latarbelakang pendidikannya,. contoh  Sujiwo tejo, dengan latar belakang pendidikan matematika sekarang beliau menjadi seorang seniman. Tak selamanya latar belakang pendidikan menentukan pekerjaan kita ke depan, terkecuali untuk pekerjaan di bidang pendidikan.

7. Berpikir Positif
Thomas Alfa Edison melakukan 999 kali eksperimen tetapi masih belum berhasil. Beliau berkata, “Saya berhasil menemukan 999 cara yang gagal dalam menciptakan lampu.” Ini menunjukkan kekuatan berpikir postif bisa memudahkan langkah kita untuk menggapai kesuksesan.

8. Bekerja sama
Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa bekerja sendiri. Saya tidak percaya jika ada orang yang mengaku dirinya sukses atas usahanya sendiri tanpa butuh bantuan orang lain, pasti di
dalam keberhasilan ada orang-orang yang membantu dia, baik secara langsung maupun tidak langsung.

9. Tahu tentang kewirausahaan
Kita ingin berperang tetapi tidak tahu siapa lawan kita, itu merupakan kesalahan terbesar. Jika kita ingin memasarkan produk kita, tentu kita harus tahu pasar. Jangan sampai setelah terjun ke lapangan kita mengalami kelabakan karena tidak tahu medan.

10. Fokus
Mungkin karena sifat ingin cepat sukses, kita mengambil pekerjaan terlalu banyak sehingga hasilnya pun tidak optimal karena tidak bisa dijalani secara fokus.hal ini menyebabkan usaha yang kita jalani menjadi berantakan.


Sumber:
http://www.duniakata.com/2014/10/20-kiat-menjadi-pengusaha-sukses-ala.html?m=1
http://www.ilawati-apt.com/motivasi-diri-untuk-pengusaha/

@E39-Yuni, @ProyekC02

Tidak ada komentar:

Posting Komentar