Minggu, Agustus 20

Pengembangan Bisnis Catering

@E15-Dwi
dibuat oleh Dwi Setiawan

Bisnis kuliner saat ini menjadi salah satu bisnis paling menjanjikan untuk di jalankan, prospek usaha ini akan terus cemerlang mengingat kuliner atau makanan merupakan kebutuhan pokok bagi semua manusia.
Bisnis kuliner tersebut adalah katering, kateringmerupakan peluang usaha karena biasanya di butuhkan ketika ada acara seperti hajatan, pernikahan, sunatan, reuni
dan lain sebagainya. Saat ini hampir setiap hari pasti ada saja acara tersebut terutama di daerah pemukiman padat. Katering menjadi pilihan banyak orang karena dengan katering, tidak perlu repot-repot lagi memasak untuk para tamu undangan,
Perencanaan usahanya antara lain:


1.       Persiapan modal awal
2.       Lokasi
3.       Jenis makanan dan kualitas makanan
4.       Strategi pemasaran
5.       Harga

Pengelolaan Keuangan:

Keputusan untuk membuka suatu usaha katering tentunya harus dipikirkan secara matang dan serius. Terkadang beberapa orang menjalankan suatu usaha tidak dengan perencanaan dan pertimbangan yang matang. Hal ini yang menyebabkan jalan suatu jalan dapat terhambat. Modal kecil bukan alasan untuk menjalankan suatu usaha dengan seadanya, meskipun demikian harus dikerjakan secara professional . Profesionalitas dalam suatu usaha dapat dilihat dari servis yang terbaik, mutu dan rasa yang berkualitas tinggi , tepat waktu dan sesuai dengan janji , dan lain sebainya .
Profesional dalam mengolah keunangan usaha katering juga dapat menentukan kemajuan suatu usaha. Mengelolah keuangan usaha harus dicatat dengan benar, rapi, dan tertib serta dikontrol secara intensif. Meskipun dalam suatu usaha diolah secara perorangan , namun untuk mengelolah keuangan usaha tidak dapat dianggap remeh hanya karena kegiatan transaksi keuangan di pegang sendiri. Pemasukan dan pengeluaran uang , stock barang dan catatan perhitungan rugi atau laba harus dibuat setiap bulannya .
Membuat catatan keuangan suatu usaha tidak terlalu rumit kita bisa membuat dalam bentuk sederhana tanpa harus mengikiti format pembukuan keuangan yang rumit . Berikut adalah beberapa contoh-contohnya :
Catatan Pengeluaran usaha
Dalam catatan pengeluaran usaha, tedapat
pencatatan besarnya biaya pembelian bahan baku, biaya operasional usah seperti listrik , gaji pegawai , sewa alat atuau tempat usaha , dan sebagainya.

Strategi pemasaran:

1.      Tidak terhalang modal terbatas
2.      Selalu membuat inovasi
3.      Manajemen kecepatan dalam penyajian
4.      Melakukan promosi
5.      Persaingan harga

Oprasionallisasi usaha dalam usaha katering salah satu aspek yang sangat penting adalah harga dan rasa,kenapa karna dari kedua aspek tersebut sangat berpengaruh terhadap konsumen kita nantinya, dengan harga yang murah dan rasa yang enak pasti para konsumen kita akan tertarik dan bersedia menjadi pelangan setia katring kita, stategi pemasaran yang sangat mudah didapatkan adalah dalam sebuah perusahaan atau perkantoran yang memiliki karyawan dan setiap harinya membutuhkan makan siang atau malam,selain itu juga pada acara-acara seperti hajatan,pernikahan,sunatan dan acara-acara yang ada di setiap lingkungan masyarakat,harga dan rasa menjadi aspek yang sangat penting  untuk bersaing dengan orang yang memiliki usaha yang sama dengan kita.







Sumber:
1.      Anonim,2012, http://wirausaha-catering.blogspot.co.id/
(diakses pada tanggal 20 agustus 2017)


3.      Anwar muhammad,2014, http://tabloidpeluangusaha.com/cara-memulai-usaha-katering-dan-panduan-mengembangkan-usaha-katering.html (diakses pada tanggal 20 agustus 2017)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar