Sabtu, Agustus 19

Pengembangan Bisnis ENDLESS NAMELESS

@E10-Pazrin
Dibuat Oleh: Pazrin Salsabila

Pengembangan bisnis ENDLESS NAMELESS dibagi menjadi 2 kategori besar yakni :
Pengelolaan Keuangan dan Perancangan Pemasaran.





Dari segi Pengelolaan Keuangan sendiri, secara umum bisnis yang masih UKM ini mempunyai cara yang terbilang wajib dilakukan, yaitu :

1.      Memisahkan Uang Sendiri dan Uang Perusahaan
Pisahkan uang fisik dari milik pribadi dan usaha. Mulai dari media penyimpanan, seperti bank, kartu ATM dan bahkan buku pencatatannya. Sulit memang mengatur 2 jenis uang sekaligus. Sedangkan tidak jarang godaan akan muncul dan membuat kita menggunakan uang itu secara bersamaan. Hanya disiplin dan komitmenlah yang bisa membuat kedua uang kita bisa terus berkembang tanpa saling mengganggu.

2.      Membuat Perencanaan Tentang Pemakaian Uang
Seringkali kita lalai dan lupa dengan tujuan awal, apalagi saat memiliki uang atau modal yang cukup besar saat membuka bisnis. Ada saja yang ingin kita beli dengan alasan untuk melengkapi kebutuhan bisnis kita. Tundalah rencana untuk membeli sesuatu yang tidak begitu mendesak, apalagi saat itu mengganggu modal utama kita. Lakukanlah analisa tentang “Cost dan Benefit” untuk meyakinkan bahwa pengunaan uang kita tidak akan sia-sia.

3.      Membuat Buku Pencatatan Keuangan
Dalam berbisnis, buku Pencatatan keuangan sangatlah diharuskan, minimal mempunyai Buku Kas Masuk dan Buku Kas keluar, artinya setiap apapun dalam segi keuangan yang masuk harus dicatat dan begitupun sebaliknya dengan apapun yang kita keluarkan harus dicatat. Ini berguna agar kita bisa mengontrol dalam melakukan tindakan dalam berbisnis.

4.      Menghitung Keuntungan dengn baik dan benar
Tujuan menjadi seorang pembisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan, dengan kata lain kita harus bisa menghitung secara benar keuntungan bersih yang kita dapatkan. Penting bagi setiap pemilik bisnis kecil atau UKM untuk terus menghitung dan mengawasi keuntungan dengan tepat. Serta menghitung biaya-biaya yang harus dikeluarkan dan yang sudah terpakai adalah perhitungan yang paling kritikal.

5.      Menjadi Pengatur Arus Kas yang Pintar
Kamu harus tahu bahwa bisnis bukan hanya tentang seberapa uang yang kamu hasilkan sebagai sebuah keuntungan. Manajemen keuangan juga meliputi bagaimana kita mengelola hutang, piutang dan persediaan. Tidak sedikit UKM yang mengalami kesulitan kas meski memiliki catatan akuntasi yang baik. Kamu juga harus tahu bagaimana bisnis kamu memutar kas.

6.      Pintar Dalam Pengawasan Harta, Hutang dan Modal
Salah satu hal yang paling penting dalam memanagemen keuangan adalah secara berkala melakukan pemeriksaan terhadap persediaan di gudang dan memastikan semuanya dalam keadaan baik dan lengkap. Sehingga tidak ada kekhawatiran bagaimana bisnis ini tetap berjalan kedepannya.

7.      Menyisihkan Keuntungan Untuk Pengembangan Usaha
Yang terakhir ini adalah yang terpenting, jika ingin membuat usaha terus berdiri dan berkembang, maka sisihkanlah sebagian keuntungan untuk membuat usaha menjadi berkembang. Contohnya di ENDLESS NAMELESS sendiri yang tadinya hanya menjual jaket denim dan sekarang berkembang menjual T-Shirt hingga aksesoris lainnya karean adanya sisihan keuntungan agar usaha terus berajalan dengan inovasi yang berkembang.

Poin kedua yaitu Strategi Pemasaran. Strategi Pemasaran yang dilakukan oleh ENDLESS NAMELESS ini secara umum dibagi menjadi 3 strategi yakni:

1.      Pengenalan Pasar
Pengenalan pasar adalah upaya untuk mengetahui jumlah, karakteristik, dan sifat sebuah pasar. ENDLESS NAMELESS sendiri mempunyai sebuah pangsa pasar sendiri, dengan karakteristik brand yang menggolongkan pada aliran streetwear dan musik tentu pasarnya yang utama adalah anak muda. Dan memang saat ini Pangsa Pasar dari anak muda sendiri sangatlah menjanjikan terutama anak muda yang mempunyai kebiasaan “konsumtif”.

2.      Menentukan Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran adalah suatu cara yang digunakan untuk membantu kita membuat dan menjual barang dan jasa yang sesuai dengan kondisi perusahaan dan pasar target atau selera konsumen yang dituju. ENDLESS NAMELESS menyongsosong 3 startegi yakni:

-          Pemanfataan Lifestyle
Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis clothing adalah pemanfaatan kebiasaat anak muda dalam bergaya hidup yang cenderung konsumtif apalagi di daerah perkotaan.

-          Membuat event Music
Dengan membangun atau membuat Event Music secara berkelanjutan maka branding akan meningkat dan tentunya ini sangatlah bagus dalam “mengahrumkan” nama merk ENDLESS NAMELESS.

-          Keterlibatan Dalam Event Anak Muda
Terlibat dalam event anak muda adalah suatu kewajiban agar brand ini tetap survive dan semakin dieknal luas oleh orang, dan secara langsung akan menambah daya beli jika sering terlibat dalam event-event tersebut.

3.      Menentukan Alat Pemasaran
Alat pemasaran atau bauran pemasaran yang dimaksud bukan hanya sekedar yang kita kenal dengan 4P yaitu product (produk), price (harga), place (lokasi), dan promotion (promosi), namun ditambah dengan distribusi, pelayanan, dan kekuasaan (power). Alat Pemsaran secara langsung dalam ENDLESS NAMELESS dibagi menjadi Offline Store dan Online Store yang kian hari kian menjanjikan. Produk dengan kualitas dan harga yang seimbang juga menentukan dan branding dari Nama Kota sebagai Lokasi Offline Store tentu berpengaruh dalam Pemasaran. Promosi yang dilakukan pun beragam selain dengan apa yang disebutkan dalam Strategi Pemasaran yaitu dengan promo special edition yang tentunya akan memikat konsumen yang ingin mempunyai suatu kekhususan dari ENDLESS NAMELESS.


Daftar Pustaka:


Anonim. 2015. Mari Intip Bagaimana Strategi Keuangan Untuk UKM. http://mebiso.com/mari-intip-bagaimana-strategi-managemen-keuangan-untuk-ukm/. Diakses tanggal 19 Agustus 2017.

Anonim. 2015. Startegi & Inovasi Bisnis Clothing Ria Sarwono. http://www.glitzmedia.co/post/strategi-inovasi-bisnis-clothing-ria-sarwono. Diakes tanggal 19 Agustus 2017.

Fadillah, Hariss. 2012. Pengembangan Usaha. https://harrisfadilah.wordpress.com/2012/04/17/pengembangan-usaha/. Diakses tanggal 19 Agustus 2017.

Yusmiati, Ika. 2012. Merancang Strategi Pemasaran. http://komvis10ikha.blogspot.co.id/2012/05/bab-9-merancang-strategi-pemasaran.html. Diakses tanggal 19 Agustus 2017.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar