Sabtu, Agustus 5

INOVASI DAN KREATIFITAS DALAM BERWIRAUSAHA


PENTINGNYA INOVASI DALAM KEWIRAUSAHAAN

inovasi dan kreativitas adalah hal yang perlu dimiliki dan dikembangkan dalam diri wirausaha demi perkembangan dan kesuksesan sebuah usaha. 
Keduanya sering kali dipandang hampir serupa. Inovasi dan kreativitas adalah inti dari kewirausahaan. Kemampuan yang dihasilkan oleh kreativitas merupakan kemampuan dalam membuat sesuatu menjadi baru dalam keberadaannya dan merupakan pembentukan ide-ide baru yang original dan tidak biasa atau unik.. Sedangkan, inovasi adalah mengimplementasikan kreativitas terhadap sesuatu menjadi satu kombinasi baru yang dapat menghasilkan.

Peranan Inovasi dan Kreativitas dalam Pengembangan Produk dan Jasa Inovasi memegang peranan penting dalam mengembangkan produk dan jasa dalam bisnis. Berbagai kesuksesan wirausaha di dunia disebabkan oleh kreativitas dalam mengembangkan produk. Persaingan yang ketat dalam berwirausaha mendorong wirausaha untuk memiliki kreativitas yang tinggi. Daya kreativitas tersebut harus dilandasi cara berpikir yang maju, gagasan-gagasan baru yang berbeda dibandingkan produk-produk yang telah ada. 

TUNTUTAN KREATIFITAS DALAM BERWIRAUSAHA

Mempertahankan eksistensi usaha harus diiringi upaya mencari sesuatu yang baru dan mengembangkan apa yang sudah ada agar menjadi lebih baik. Aktifitas bisnis sangat memerlukan orang-orang yang kreatif dan cepat tanggap terhadap setiap perubahan

Tipe kreatifitas dalam kehidupan sehari-hari yaitu :

·         Membuat atau menciptakan yaitu proses membuat sesuatu dari tidak ada menjadi ada

·         Mekombinasikan 2 hal yang sebelumnya tidak saling berkaitan menjadi lebih bermanfaat

·         Memodifikasi sesuatu yang memang sudah ada


TEKNIK MENGEMBANGKAN INOVASI DALAM BERWIRAUSAHA

Agar kreativitas meningkat, kita harus rajin mempelajari hal-hal baru. Ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti membaca, berdiskusi, atau bergabung dengan orang-orang yang berpengalaman dalam usaha.Cara umum meningkatkan kreativitas adalah dengan mengubah cara berpikir dan proses bertindak. Untuk mencari cara-cara meningkatkan kreativitas dalam proses pemecahan masalah.

Demikian juga dengan inovasi,inovasi dalam usaha perlu juga ditingkatkan, kemenangan bisa dicapai dengan cara menciptakan pasar baru lewat inovasi. Inovasi harus terus dibangun dengan kreatif, mengikuti tren perubahan, dan membangun pasar.Seorang wirausaha harus segera membuat mimpi-mimpinya menjadi inovasi. Sifat inovasi dapat ditumbuhkembangkan dengan memahami bahwa inovasi adalah suatu kerja keras, terobosan, dan perbaikan terus menerus.

MELINDUNGI GAGASAN DARI HASIL KREATIFITAS DAN INOVASI

Ketika seseorang pengusaha mendapatkan gagasan inovasi untuk produk dan jasa yang memiliki potensinpasar, dengan segera mereka harus melindunginya dari penggunanan yang tidak sah. Wirausahawan harus memahami cara mendapatkan hak oaten, merk dagang dan hak cipta.

Terdapat beerapa langkah untuk mendapatkan hak paten, yaitu :

Langkah pertama: tetapkan bahwa yang dtemukan benar-benar baru
Langkah kedua    :  Dokumentasikan produk yang ditemukan tersebut
Langkah ketiga : Telusuri paten-paten yang telah ada
Langkah empat : Pelajari hasil telusuran
Langkah kelima : Mengajukan lamaran paten yang berisi

KAJIAN KASUS : SUNNY KAMENGMAU

Sunny mengawali bisnisnya dengan modal nekat. Setelah meninggalkan kampung halamannya dan pergi ke bali, ia bekerja sebagai tukang sapu di sebuah hotel selang berapa lama kemudian iapun diangkat menjadi satpam karena dianggap memiliki etos kerja yang bagus. Selama itu ia juga memanfaatkan waktunya untuk belajar Bahasa inggris dan Bahasa jepang. Gaji pertamanya ia sisihkan untuk membeli 2 kamus Bahasa asing tersebut dan mempelajarinya dengan tekun. Keberuntungan mungkin berada di puhaknya sejak awal ia dipekerjakan di hotel tersebut, karena disana ia berkenalan dengan seorang pengusaha asal jepang yang kemudian memintanya untuk memasok tas kulit ke negaranya. Meski sempat terseok untuk beberapa lama, bahkan hamper kehilangan semua penjahit tas yang bekerja untuknya Sunny perlahan bias bangkit  tasnya itupun kian diperkokoh hingga mampu memiliki 100 orang karyawan.

Referensi:

www.pmct.co.id

www.lutfiawulandari.blogspot.co.id

www.kompasiana.com/sevensiusmalau/kreatif dan inovasi dalam bidang usaha

www.manajemen12urmilarachmita.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar