Minggu, Agustus 20

Perkembangan "Tiket.com" Sebagai Startup



@E11-Bayu
Oleh: Kurniyanto Bayu Anggoro

Perkembangan "Tiket.com" Sebagai Startup

Setiap saat, banyak perusahaan baru. Perusahaan-perusahaan tersebut berusaha menjadi yang terbaik. Mendapat banyak keuntungan dari konsumen, dan tetap eksis. Perusahaan baru yang mampu untuk cepat berkembang dan sukses biasa disebut perusahaan rintisan.

Perusahaan rintisan, umumnya disebut startup, merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Istilah "startup" menjadi populer secara internasional pada masa gelembung dot-com, di mana dalam periode tersebut banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan.

Salah satunya adalah Tiket. Tiket.com berdiri dari tahun 2011, Tiket.com merupakan pionir online travel agent di Indonesia. Produk yang disediakan terkait dengan travel dan entertainment, yakni tiket pesawat, tiket kereta api, booking hotel, tiket konser, tiket event, dan booking rental mobil. Misi kami adalah untuk mengakomodasi akses terbaik untuk pemesanan travel online melalui web dan aplikasi mobile.

Berdasarkan rengking startup, Tiket menempati peringkat 190 dunia pada bulan Agustus. Dari statistik berikut, terlihat adanya penurunan pringkat dari bulan sebelumnya, namun peminatnya masih tetap banyak.



Akuisisi Tiket.com Oleh Blibli

Pascaakuisisi Tiket.com oleh Blibli.com pada 12 Juni lalu, perkembangan perusahaan e-commerce tersebut masih belum terlihat jelas. Namun, menurut Senior Marketing Communication and Public Relation Manager Blibli.com, Lani Rahayu, perseroan masih dalam tahap sinergi lantaran aksi korporasi ini masih seumur jagung.

Gaery Undarsa mengungkapkan bahwa latar belakang akuisisi lantaran Tiket.com menilai perlu melebarkan pangsa pasar di Indonesia. Pinangan Blibli.com dipilih dari perusahaan-perusahaan lainnya karena Blibli dinilai memiliki budaya, visi dan misi yang sama dengan perusahaan itu.

Selanjutnya, bagaimanakah perkembangan perusahaan ini?



Daftar pustaka:

1.  Perusahaan rintisan, https://id.m.wikipedia.org/wiki/Perusahaan_rintisan diakses tanggal 20 Agustus 2017

2.  Tentang Tiket.com, https://m.tiket.com/about diakses tanggal 20 Agustus 2017

3.  Tiket, http://www.startupranking.com/tiket diakses tanggal 20 Agustus 2017

4.  Usai Akuisisi Tiket.com, Bagaimana Laju Bisnis Blibli, http://www.viva.co.id/digital/startup/941475-usai-akuisisi-tiket-com-bagaimana-laju-bisnis-blibli diakses tanggal 20 Agustus 2017

5.  Resmi, Blibli.com Akuisisi Tiket.com, https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20170615190838-185-222082/resmi-bliblicom-akuisisi-tiketcom/ diakses tanggal 20 Agustus 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar