Jumat, Agustus 11

Proyek C03 : Studi Kasus Pengusaha Muda yang Sukses



Setelah Anda mempelajari topik-topik Kewirausahaan :
  • Konsepsi Dasar Kewirausahaan
  • Persiapan Pribadi Pengusaha Muda
  • Menerapkan Sikap Mental Bisnis Orang Cina
  • Motivasi Menjadi Pengusaha Sukses
  • Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha
Berikan komentar secara langsung (minimal lima komentar/catatan/review) di kolom komentar yang tersedia,  terhadap tayangan video tersebut, dikaitkan dengan topik-topik di atas;  Cantumkan Kode Tugas dibagian atas kolom komentar.

Pada lembar kerja , buatlah satu buah mind map berkaitan dengan topik di atas dengan judul tertentu, beserta keterangan seperlunya. 

104 komentar:

  1. @E10-Pazrin

    Dari video diatas bisa dikatakan seseorang pengusaha muda bisa mulai berwirausaha sejak dini, seperti berjualan di sekolah, karena prinsip dari berwirausaha itu "menjual". Dengan tidak langsung ketika tumbuh menjadi dewasa pola berpikir bisnis akan berjalan dengan bekal-bekal dari pengalaman sejak dini.

    BalasHapus
  2. @E21-Sandi

    Komentar (1)
    Putri (pengusaha kopi)
    Memulai usaha sejak SMP, sungguh luar biasa, saya salut kepada putri, remaja-remaja lain di seusia putri yang kebanyakan pikirannya tentang belajar,masuk sekolah dan mencari teman, usia bukan menjadi halangan untuk memulai usaha,pribadi wirausahawan bisa dibentuk sejak dini

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. @E11-Bayu
    -Mbak Putri, pantang menyerah, & sudah memulai usahanya sejak muda.

    BalasHapus
  5. @E14-Donni
    Pengusaha muda ( komentar 1 )
    Sukses diusia muda bukanlah hal yang mustahil asalkan kemauan untuk meraih kesuksesan tersebut besar dan serta jangan pernah menyerah untuk bangkit ketika telah jatuh keep fight

    BalasHapus
  6. @E15-Dwi
    Pengusaha muda.
    Pentingnya menanamkan karakter berwirausaha sejak usia dini

    BalasHapus
  7. @E01-Pazrin

    Menjadi seorang wirausahawan memang musti mempunyai mental bisnis yang kuat, terutama pantang menyerah dan terus berusaha. Dengan sikap mental yang kuat meski kondisi dalam keadaan di titik nol dengan semangat pantang menyerah justru akan memberikan pelajaran untuk kedepannya.

    BalasHapus
  8. @E11-Bayu
    -T e r i n s p i r a s i . . .

    BalasHapus
  9. @E15-Dwi

    Sikap pantang menyerah dan kerja keras menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam berwirausaha.

    BalasHapus
  10. @E21-Sandi

    Komentar (2)
    Nicholas (pengusaha ikan hias)
    Dilihat dari pengalaman Nicholas pengetahuan akan teknologi (media sosial) merupakan salah satu faktor pendukung untuk meningkatkan usaha dalam bidang pemasaran,konsepsi wirausahawan sangat penting untuk memulai usaha supaya usaha kita bisa bertahan dan berkembang

    BalasHapus
  11. @E35-uji
    Berbisnis/usaha ngga kenal umur, putri dari sd udah mulai berjualan. Sprti dg konsepsi kewirausahaan yaitu menjual.

    BalasHapus
  12. @E13-Iqbal
    Pengusaha muda (komentar 1)
    Saya sangat terkesan sekali dengan putri, dia membuktikan bahwa sukses di usia muda bukan hal yang mustahil, yang terpenting adalah membangun kepribadian pengusaha muda, dan juga mencari peluang usaha saat muda.

    BalasHapus
  13. @E11-Bayu
    -Waspadalah, setiap usaha pasti ada yang tertipu...

    BalasHapus
  14. @E10-Pazrin

    Dari seorang wirausahawan penjual ikan kita bisa mengetahui bahwa masalah terjadi bukan hanya pada usahanya saja, melainkan bisa terjadi pada sisi lain diluar usaha tersebut.

    BalasHapus
  15. @E14-Donni
    Pengusaha muda ( komentar 2 )
    Ikan mati mengikuti arus ikan hidup melawan arus, tidak ada kata untuk tidak bisa pasti semua bisa untuk dicapai

    BalasHapus
  16. @E10-Pazrin

    Setiap usaha mempunyai kendala, disaat kendala datang mustinya kita belajar dari sebelumnya, sama seperti kejadian yang dialami oleh penjual ikan.

    BalasHapus
  17. @E35-uji
    Putri mulai berjualan karena suka, hobby. Mulai jualan sepatu sampe punya bisnis kopi luwak lanang, lanang landep, gajah hitam. Suka atau hobby menjadi modal awal untuk berwirausaha. Selain suka atau hobby, persiapan berwirausaha juga harus mempunyai mental yg kuat, mau, dan bisa melihat peluang bisnis

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. @E11-Bayu
    -Bagian sulit, saingannya sedikit.

    BalasHapus
  20. @E17-Arief
    Pengusaha seperti putri patut jadi contoh untuk pemuda-pemudi yang ingin menjadi wirausahawan muda

    BalasHapus
  21. E10-Pazrin

    Setiap usaha musti berinovasi terus dan terus, karena dengan inovasi akan membuat apa yang kita jual itu dilirik pangsa pasar.

    BalasHapus
  22. @E34-Ahmad

    Putri memulai usaha sejak belia, tidak perlu bakat dan keturunan dari orang tua, bakat bisa diasah faktor keturunan belum tentu bisa berwirausaha.

    BalasHapus
  23. @E15-Dwi

    Kegagalan dalam berwirausah bukan lah menjadi penghalang untuk terus berwirausaha,kegagalan merupakan proses dimana kesuksesan itu akan terjadi

    BalasHapus
  24. @21-Sandi

    Komentar (3)
    Nicholas (pengusaha ikan)
    Kerja keras adalah sifat wirausahawan sukses,tidak sedikit pengusaha yang terpuruk karena menghadapi kegagalan, dengan kerja keras semua rintangan yang dihadapi bisa terlewati, kita harus mencontoh sikap mental bisnis orang cina yang pantang menyerah

    BalasHapus
  25. @E20-Lina

    semoga menginspirasi kawula muda yg ingin sukses diusia muda..

    BalasHapus
  26. @E17-Arief
    Pengusaha ikan yang sangat inspiratif. Memulai usaha dagang sejak Sd/Smp. Jiwa usaha sudah melekat pada dirinya. Sempat di remehkan oleh banyak orang tetapi tetap bertekad ingin menjadi eksportir ikan hias dan berhasil

    BalasHapus
  27. @E34-Ahmad

    Melihat kebutuhan sekitar agar lebih yakin dengan usaha yg akan kita mulai

    BalasHapus
  28. @E17-Arief
    Kegagalan yang terjadi pada wirausahawan muda bukan menjadi penghalang untuk tetap maju dan berhasil

    BalasHapus
  29. @E20-Lina

    Orang-orang sukses seperti Putri dan Niko tidak hanya mencapai kesuksesan mereka hanya dengan ketekunan, namun ada kondisi tertentu yang membuat mereka menjadi sukses sekarang ini.

    BalasHapus
  30. @E14-Donni
    Pengusaha muda ( komentar 3 )
    Relasi antar pelajar dan komunitas yang hamzah jalani menjadi salah satu penunjang pengembangan bisnis bimbel yang sekarang hamzah jalani, serta insting dalam membaca peluang serta sistem pemasaran yang mereka terapkan sangatlah bagus sekali

    BalasHapus
  31. @E13-Iqbal
    Berwirausaha saat muda pasti bukan hal yang mudah pasti banyak halangan nya dan rintangan, itu lah yang membentuk sikap dan mental dalam berusaha,bekerja keras. Seperti pada topik menerapkan mental bisnis orang cina.

    BalasHapus
  32. @E17-Arief
    Mempunyai mental yang kuat adalah salah satu karakteristik yang harus di miliki oleh pengusaha muda karena harus siap mengahadapi kegagalan-kegagalan yang mungkin akan terjadi

    BalasHapus
  33. @E16-Putra

    Bab 1
    Konsepsi Dasar Kewirausahaan

    berdasarkan video diatas dan modul yang telah saya pelajari memang sangat sesuai. wiarausahawan sukses memiliki ciri-ciri percaya diri, berani mengambil resiko, berorientasi pada masa depan, dll. mereka selalu percaya diri meskipun selalu menghadapi tantangan dari mendapat cibiran dr orang lain maupun pernah bangkrut beberapa kali. mereka juga tidak ragu mengambil resiko seperti meminjam dana ke bank atau ke pihak lain. hingga mereka menjadi wirausahawan, mereka selalu bekerja keras sehingga mendapatkan pengalaman meskipun pengalaman tersebut adakalanya pengalaman pahit. ciri-ciri dan sikap mereka sangat sesuai dengan keterangan di modul bab 1 ini agar mampu menjadi pengusaha sukses

    BalasHapus
  34. @E20-Lina

    membuat sesuatu yg mudah menjadi rumit itu biasa, tapi membuat sesuatu yg rumit menjadi mudah itu luar biasa. itulah yg disebut dengan kreativitas!

    BalasHapus
  35. @E07-Rini

    1. Konsep kewirausahaan dari ketiga inspirator dalam video diatas adalah salah satu jiwa pengusaha muda atau wirausahawan harus memiliki keterampilan dalam menciptakan usaha yang memahami pemahaman akan kebutuhan masyarakat.
    selain itu para inspirator ini terlebih dahulu menjadi seorang pegawai, namun kini mereka mampu menciptakan lapangan kerja dan mendapat pengakuan dari masyarakat.

    2. Persiapan menjadi Pengusaha Muda dari ketiga inspirator dalam video diatas mengajarkan bahwa usaha tidak harus selalu dengan modal yang besar, saat usia muda mereka sudah melatih kreativitas dan naluri usaha yang mereka miliki.

    3. Penerapan Bisnis yang ketiga inspirator lakukan adalah dengan berdagang, bekerja keras, berani dalam mengambil resiko dan tidak mudah putus asa.

    4. Motivasi ketiga inspirator tersebut berangkat dari semangat dan mental yang dahulunya memiliki ekonomi sulit, sikap berani dan mimpi merekalah yang akhirnya membawa mereka kejenjang kesukesan.

    5. Kreativitas dan Inovasi dalam berwirausaha yang mereka terapkan yaitu kreatif dalam menciptakan gagasan kreatif, inovatif untuk membuka pasar baru dan menciptakan organisasi idustri yang baru.

    BalasHapus
  36. @E21-Sandi

    Komentar (4)
    Hamsah (pengusaha kasur busa & bimbel)
    Melihat pengalaman Hamsah, motivasi untuk sukses merupakan hal yang sangat diperlukan jika ingin usaha kita sukses, setelah banyak kegagalan yang terjadi,dengan motivasi yang kuat untuk menjadi sukses,kita bisa membuat otak kita berpikir keras untuk mencari jalan keluar, dan dimana ada kemauan dan kerja keras disitu kesempatan akan muncul

    BalasHapus
  37. @E11-Bayu
    -Meskipun banyak halangan, tertipu, tapi tetap dihadapi.
    -Membuka usaha bisa dari apa saja (bebas). Manfaatkan segala peluang yang ada.
    -Menjadi pengusaha kopi yang inofatif. Nice.
    -Wirausahawan mampu membuat lapangan usaha, dan berjasa bagi bangsa dan negara.

    BalasHapus
  38. @E27-Yono

    Dari video diatas dapat simpulkan

    -Bekerja keras dan kejujuran akan membawa kesuksesan yang besar
    -Semua orang bisa sukses sejak dini asal ada tekad dan pantang menyerah, bagaimana cara menerapkan perilaku tersebut?
    -Bisnis tidak harus dengan modal besar, modal kecil pun bisa dan setiap kegagalan tidak akan mempengaruhi usaha anda
    -jangan pernag malu untuk memulai usaha walau banyak cemooh yg datang dan
    -Ide atau gagasan yg baik langsung diterapkan

    Terima kasih

    BalasHapus
  39. @14-Donni
    Pengambilan keputusan yang berani dan mampu menerima resiko yang tinggi serta semangat jiwa muda yang menggebu-gebu dari hamzah yang menjadikan dia sukses berbisnis dan menjadi pebisnis sukses

    BalasHapus
  40. @E15-Dwi

    Menjadi Pengusaha harus Berani dan pandai melihat peluang.

    BalasHapus
  41. @E20-Lina

    jika ingin menjadi pengusaha jangan mengikuti arus, tapi terapkan sistem ATM (amati, tindak, modifikasi)

    BalasHapus
  42. @E13-Iqbal
    Salah satu yang di lakukan Nikol dalam membangun usaha nya adalah dengan pantang menyerah melakukan inovasi dalam berusaha, sebagai contoh yang semula pemasaran nya hanya dalam negeri kemudian dia melakukan ekspor ke luar negeri, itu membuat usaha nya semakin sukses.

    BalasHapus
  43. @21-Sandi

    Komentar (5)
    Hamsah (pengusaha kasur busa & bimbel)
    Melihat pengalaman Hamsah, kreativitas sangat diperlukan untuk membuat usaha sukses, dan mampu melihat peluang yang ada,dan berani mengambil tantangan

    BalasHapus
  44. @E34-Ahmad

    Gagal yg dialami harus diambil hikmahnya jgn menyerah apalagi putus asa.

    BalasHapus
  45. @E16-Putra

    Bab 2 Persiapan Pribadi Pengusaha Muda
    berdasarkan video diatas dan modul yang telah saya pelajari, perisapan untuk menjadi pengusaha sukses relatif sama. untuk menjadi pengusaha muda sukses, kita harus membangun kepribadian terlebih dahulu dengan menjadi diri sendiri dan mengenal bakat dan kemampuan yang kita punya. mentalpun harus diperisapkan seperti mental berani nengambil resiko karena dalam menjadi wirausahawan sukses pasti ada saja resiko yang dihadapi. kemampuan softskill seperti negosiasi dan persuasi juga sangat dibutuhkan agar produk semakin dikenal

    BalasHapus
  46. E14-Donni
    Pengusaha muda (komentar 5)
    Kreatifitas dan inovasi yang terbaharukan diharuskan ada untuk menjadikan pembeda dalam berbisnis

    BalasHapus
  47. @E15-Dwi

    Uang bukanlah penghalang untuk menjadi seorang pengusaha.

    BalasHapus
  48. @E39-Yuni @Proyek C03

    Menurut saya untuk memulai suatu usaha tidak perlu memikirkan hal yang muluk-muluk, cukup konsep sederhana saja dengan memiliki niat dan kerja keras yang utama, maka peluang menjadi seorang pengusaha muda akan datang dengan sendirinya.
    Seperti contohnya pada tayangan Kick Andy yang baru saja saya lihat, saya sangat terinspirasi dengan 3 orang pengusaha muda tersebut, yaitu Putri,Nicholas dan Hamsah.
    Mereka di usia yang masih muda sudah begitu memiliki pemikiran untuk menjadi seorang wirausaha sukses, awal kisahnya pun banyak yang kurang menyenangkan seperti kena tipu dan rugi dalam jumlah cukup banyak, tetapi apapun itu mereka terus menggalinya sampai sesukses saat ini dan tidak putus asa.

    Dari yang saya pelajari pada topik buku kewirausahaan seperti persiapan pribadi usaha muda, kreativitas dan inovasi pengusaha muda, semua topik tersebut sangat berkaitan dan bermanfaat. Karena dengan mempelajarinya saya menjadi lebih memahami dan ditambah lagi mendengar cerita dari para pengusaha muda yang ditampilkan dalam acara kick andy semakin membuat saya menjadi lebih mengerti bagaimana menjadi seorang pengusaha muda yang sukses.

    Sekian komentar saya dan terima kasih.

    BalasHapus
  49. @E08-Raka
    wirausahawan sangat bagus dan menarik untuk menambah penghasilan dan hidup lebih mandiri.

    berwirausaha dapat dimulai sejak dini / kecil seperti dalam video diatas para pengusaha muda tersebut mulai berbisnis mulai sejak SD. kondisi yang membuat seseorang menjadi kreatif dan inovatif
    memulai bisnis juga penuh dengan resiko . seperti contoh diatas mereka pernah mengalami kegagalan dan jatuh namun hal itu lh yg membuat mereka bangkit dan berhasil.

    memulai bisnis dari nol sangat sulit. namun hal tersebut jika dilakukan dengan kerja keras dan semangat untuk memperoleh profit dan hasil yg dapat menjadikan cita cita terwujud.

    berwirausaha juga harus kreatif dan inovatif seperti pada contoh video diatas. nicholas memulai bisnis dengan pemasaran yg kreatif menggunakan media online dan juga melawan arus untuk menjadi lebih baik. melawan arus disini adalah memulai bisnis pada aspek yv menurut orang sulit.

    usaha mulai dapat dimulai dari mana saja dan dari kapan saja yg penting ada kemauan dan kerja keras didampingi dengan pengalaman.

    BalasHapus
  50. @E39-Yuni @Proyek C03

    Menurut saya untuk memulai suatu usaha tidak perlu memikirkan hal yang muluk-muluk, cukup konsep sederhana saja dengan memiliki niat dan kerja keras yang utama, maka peluang menjadi seorang pengusaha muda akan datang dengan sendirinya.
    Seperti contohnya pada tayangan Kick Andy yang baru saja saya lihat, saya sangat terinspirasi dengan 3 orang pengusaha muda tersebut, yaitu Putri,Nicholas dan Hamsah.
    Mereka di usia yang masih muda sudah begitu memiliki pemikiran untuk menjadi seorang wirausaha sukses, awal kisahnya pun banyak yang kurang menyenangkan seperti kena tipu dan rugi dalam jumlah cukup banyak, tetapi apapun itu mereka terus menggalinya sampai sesukses saat ini dan tidak putus asa.

    Dari yang saya pelajari pada topik buku kewirausahaan seperti persiapan pribadi usaha muda, kreativitas dan inovasi pengusaha muda, semua topik tersebut sangat berkaitan dan bermanfaat. Karena dengan mempelajarinya saya menjadi lebih memahami dan ditambah lagi mendengar cerita dari para pengusaha muda yang ditampilkan dalam acara kick andy semakin membuat saya menjadi lebih mengerti bagaimana menjadi seorang pengusaha muda yang sukses.

    Sekian komentar saya dan terima kasih.

    BalasHapus
  51. @E12-Adik
    Memang harus seperti mbak putri, berawal dari menjadi karyawan di lanjut buka usaha sendiri

    BalasHapus
  52. @17-Arief
    Berani mengambil resiko dalam mengambil suatu peluang usaha adalah langkah awal menjadikan pengusaha muda meraih kesuksesan

    BalasHapus
  53. @E09-Tri
    Putri merupakan perempuan yang tangguh, meskipun telah di tipu ratusan juta dan di tangannya hanya tersisa dua logam 500an tapi putri masih sanggup dan mau berbagi. Atas kemurahan hatinya itulah putri mendapatkan balasan oleh Allah dan dapat pinjaman untuk memulai ulang bisnisnya sehingga sukses.

    BalasHapus
  54. @E13-Iqbal
    Salah satu cara agar menjadi pengusaha sukses adalah dengan cara mampu meliat peluang usaha secara jeli, yang telah di lakukan oleh Nikol di saat orang lain menjual ikan hias nya hanya di dalam negeri dia malah menjual ikan nya ke luar negeri. Terbukti dengan hal tersebut usahanya semakin sukses.

    BalasHapus
  55. @E16-Putra

    Bab 3 Menerapkan sikap memtal bisnis orang cina
    mental bisnis orang cina sangat diterapkan dalam video yang ditayangkan sesuai modul yang saya pelajari. mereka ridak membelanjakan semua keuntungan yang diperoleh tetapi sebagian diinvestasikan seperri contohnya pada video putri memilih mempunyai kebun kopi sendiri untuk memenuhi produksi kopi meskipun masih belum memenuhi jumlah bahan baku yang dibutuhkan

    BalasHapus
  56. @E30-Resi
    Memulai usaha dari muda tidaklah harus dengan modal yang besar yang terpenting adanya kemauan dari diri sendiri untuk berusaha dan untuk maju. Setiap memulai usaha pasti ada hambatannya, dgn adanya hambatan itu kita bisa belajar untuk menjadi yang lebih baik lagi

    BalasHapus
  57. @E12-Adik
    Bisnis jual beli ikan memang memiliki resiko yang besar, mulai dari harus rajin, terampil ulet. Seperti niko ini yang di dorong oleh keadaan hingga sukses.,

    BalasHapus
  58. @E50-Okta

    1.Dari video tersebut bahwa motivasi menjadi seorang pengusaha bukan hanya sekedar impian tetapi ada hal atau sesuatu yang lebih melainkan harus diawali dengan niat keras keras dengan sungguh sungguh dan pantang menyerah dalam kondisi apapun.
    2.Untuk menjadi pengusaha muda segala sesuatunnya memang harus dipersiapkan salahsatunnya adalah keterampilan calon pengusaha muda seperti ketiga pengusaha muda tersebut ialah naluri mengenali peluang usaha yang ada disekitarnya.
    3.Dalam berwirausaha kita dapat mengambil sikap mental orang cina bahwa berwirausaha tidak harus dengan modal yang besar namun kemampan dan kerja keras lah yang akan membuat berhasil atau tidaknnya usaha tersebut
    4.Dalam video tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa usia bukan lah hambatan untuk lebih sukses dibanding pengusaha yabg sudah ada.karena berwirausaha ialah dimulai dari seseorang yang melihat kegiatan apapun mengarah ke upaya kerja.
    5.dalam video tersebut bisa kita lihat bahwa untuk menjadi pengusaha yang hebat adalah meniru jejak pengusaha sebelumnya tetapi untuk menjadi pengusaha yang lebih baik dan terus berkembang harus memiliki usaha serta cara yang berbeda.

    BalasHapus
  59. @E32-Melia

    Dari tayangan diatas beberapa point yang bisa saya pelajari berkaitan dengan materi kewirausahaan ialah :

    1.Memulai suatu usaha dari usia belia, bukanlah suatu hambatan untuk anak muda berhenti berkarya memulai usaha baru, yang dpt membawa banyak nilai guna positif bagi masyarakat luas, salah satunya seperti membuka lapangan kerja baru.
    2. Dari narasumber 2(Nikolas) untuk memulai suatu usaha, apalagi dari titik terendah harus berani melawan arus dan tidak mudah menyerah
    3. Berani tampil beda, menjadikan suatu Hal tersulit dalam bisnis sebagai suatu peluang terbaik mengembangkan usaha
    4. Tidak mudah puas dengan prestasi yang sudah diraih, tapi menyiaplaj mental untuk meraih kesuksesan lebih luas lagi
    5. Berfikir kritis, kreatif , dan inovatif. Tidak terpaku hanya pada satu bidang usaha tapi melihat peluang usahan lainnya yg ada.

    Terimakasih

    BalasHapus
  60. @E12-Adik
    Di asah dari kecil untuk berfikir kreatif dan suka membaca, hingga jatuh bangun dalam bermacam usaha., dan akhirnya sukses dengan bisnis sofa bed nya,
    Memang si hamzah layak menjadi inspirasi anak muda, dan inspirasi para orang tua untuk tau cara mendidik anak

    BalasHapus
  61. @E31-Fera

    Setelah melihat putaran video yang di berikan beberapa catatan yang dapat saya ambil dari kisah setiap pengusaha muda adalah :
    1. Setiap pengusaha pasti mengalami mas kegagalan. Walaupun mereka gagal tetapi mereka tetap bangkit kembali dari kegagalan untuk mendirikan usahanya. Karena kegagalan merupakan pendorong untuk mencapai keberhasilan selanjutnya.

    2. Setiap pengusaha memiliki keyakinan untuk BISA mendirikan setiap usaha yang mereka dirikan.

    3. Mengubah mimpi menjadi kenyataan. Sebuah mimpi dari kecil yang menginginkan memiliki usaha yang sukses, akhirnya direalistiskan dan menjadi pengusaha muda yang sukses.

    4. Berani mengambil resiko, sudah banyak resiko yang di hadapi setiap pengusaha tetapi mereka tetap bertahan dan terus berani menjalankan usaha mereka.

    5. Berani berbeda dengan orang lain, terus memiliki keyakinan untuk menjadi lebih di depan di bandingkan orang lain.

    Terima kasih

    BalasHapus
  62. @E12-Adik
    Dari video diatas memang layak menjadi inspirasi untuk anak muda yang ingin memulai bisnis di masa belianya

    BalasHapus
  63. @E35-uji
    Ketika putri ditipu orang, dan hanya meninggalkan 2 koin 500an, putri menunjukan mental bisnis orang cina yang pantang menyerah, ayo smangat putri

    BalasHapus
  64. @E25 - Ivan

    - Pada dasarnya mereka mempunyai jiwa pengusaha di usia dini, latar belakang yang berbeda tapi mempunyai motivasi tinggi dan semangat berwirausaha.
    - Jeli melihat peluang bisnis produk atau jasa, target pasar adalah semua kalangan dari menengah kebawah dan menengah ke atas.
    - Berani mengambil risiko, berkomitmen tinggi dalam melaksanakan kegiatan usahanya dan berorientasi pada kemajuan usaha.
    - Kreatifitas, mencari sesuatu yang baru dan mengembangkannya membuat sebuah produk yang inovatif dan bermanfaat.
    - Merintis usaha mulai dari nol, dengan modal yang minim tapidengan kemauan yang keras usahapun berkembang dan meraih kesuksesan.

    BalasHapus
  65. @E33-Yuli
    1.pengalaman adalah guru terbaik, para pebisnis muda ini selalu mengimplementasikan pengalaman mereka untuk memulai usaha
    2. Tantangan bukanlah hambatan untuk berwirausaha, walaupun banyak yang mengatakan bisnis itu sulit namun pebisnis muda tsb malah beranggapan semakin sulit bisnis yang mereka tekuni justru semakin sedikit pesaing di bisnis tersebut.
    3.Gagal dalam bisnis, ditipu oleh pelanggan adalah hal yang pernah mereka hadapi, tapi dari situ mereka bangkit kembali tidak menyerah. dan menjadikan pengalaman bisnis
    4. seorang pengusaha harus mempunyai prinsip hidup yang kuat. Tuhan mempunyai rencana dalam hidup kita juga mempunyai pilihan untuk melaluinya dikutip dari prinsip hidup theresia dena putri pengusaha kopi luwak asal jawa timur
    5.berwirausaha dengan berinovasi berbeda dengan yabg lain. berani melawan arus

    BalasHapus
  66. @E12-Adik
    jatuh bangun dalam usaha itu hal yang wajar, bangkit dari usaha yang jatuh itu luar biasa. Dari ketiga nara sumber di video di atas, kita dapat memahami kalau usaha yang kita rintis belum tentu sesuai dengan keinginan kita, dan kita harus siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi.,

    BalasHapus
  67. @E09-Tri
    Nikolas memiliki tekat sangat besar. Karena dia berani meminta kepada pengekspor agar di ajari sehingga dapat mengekspor ikan hiasnya keluar negeri, ya meskipun dapat banyak tolakan dan sindiran dia tetap semangat untuk mengekspor ikannya dan akhirnya sekarang dia dapat mengekspor ikannya hampir keseluruh negara.

    BalasHapus
  68. @E29-Nike

    Berwirausaha Sejak Usia Muda
    Dari tayangan diatas, kita dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :

    1. Berani mengambil peluang untuk memulai bisnis dan berani menerima tantangan dalam berbisnis.
    2. Berbisnis sejak usia muda dengan memanfaatkan sosial media karena belum memiliki toko.
    3. Tidak mudah menyerah, walaupun pengusaha-pengusaha dalam tayangan diatas sering kali mengalami kegagalan atau pun bangkrut termasuk pernah ditipu, tetapi tidak mau larut dalam kegagalan. Mereka berani bangkit kembali untuk memulai lagi usaha bisnis yang ditekuni.
    4. Berani mendobrak bisnis yang ditekuni hingga ke luar negeri tanpa menghiraukan apa kata orang lain, yang mengatakan kalau itu hanya mimpi. Mereka berani menunjukkan bahwa mimpi mereka bisa jadi kenyataan.
    5. Berani berbisnis dari usia sekolah dengan berjualan serabutan dan hingga mengikuti seminar2 bisnis. Mulai dari bermodalkan tabungan sendiri hingga meminjam dari orang tua. Mereka berani sebab mereka YAKIN dan BISA untuk berbisnis hingga mimpi mereka bisa terwujud SUKSES.
    6. Mereka sangat bekerja keras karena mereka yakin tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras. Mereka mengasah diri untuk berbisnis sejak usia muda dan berani mengambil tantangan serta peluang yg ada, serta berani menerima resiko yang akan terjadi.

    Sekian dan Terimakasih

    BalasHapus
  69. @E38-Astri

    Semua orang dapat menjadi wirausaha yang sukses, asal ada kemauan, tekat, usaha, dan yang utama adalah kerja keras dan ketekunan. Semua harus dimulai dari diri sendiri, kita harus berani untuk memulai. Seperti ketiga narasumber dimana mereka sudah sukses di usia muda, karena kesuksesan tidak memandang usia. Justru di usia muda, kreativitas dan inovasi dapat tergali. Oleh karena itu jangan pernah takut untuk memulai dan jangan patah semangat.

    BalasHapus
  70. @E34-Ahmad

    Selalu berfikir positif dengan usaha yg akan kita mulai

    BalasHapus
  71. @E16-Putra

    Bab 4 Motivasi Menjadi Pengusaha Sukses
    menurut video dan modul untuk menjadi pengusaha muda sukses selalu memiliki motivasi masing-masing untuk menunjang usaha mereka. salah satu motivasi mereka adalaha sukses agar mampu membahagiakan orang tua

    BalasHapus
  72. E40-Okta

    1.Dari video tersebut bahwa motivasi menjadi seorang pengusaha bukan hanya sekedar impian tetapi ada hal atau sesuatu yang lebih melainkan harus diawali dengan niat keras keras dengan sungguh sungguh dan pantang menyerah dalam kondisi apapun.
    2.Untuk menjadi pengusaha muda segala sesuatunnya memang harus dipersiapkan salahsatunnya adalah keterampilan calon pengusaha muda seperti ketiga pengusaha muda tersebut ialah naluri mengenali peluang usaha yang ada disekitarnya.
    3.Dalam berwirausaha kita dapat mengambil sikap mental orang cina bahwa berwirausaha tidak harus dengan modal yang besar namun kemampan dan kerja keras lah yang akan membuat berhasil atau tidaknnya usaha tersebut
    4.Dalam video tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa usia bukan lah hambatan untuk lebih sukses dibanding pengusaha yabg sudah ada.karena berwirausaha ialah dimulai dari seseorang yang melihat kegiatan apapun mengarah ke upaya kerja.
    5.dalam video tersebut bisa kita lihat bahwa untuk menjadi pengusaha yang hebat adalah meniru jejak pengusaha sebelumnya tetapi untuk menjadi pengusaha yang lebih baik dan terus berkembang garus memiliki cara yang berbeda.

    BalasHapus
  73. @E37-Christmesya
    Tayangan di atas sangat menginspirasi. Dari 3 narasumber yang ditampilkan yaitu Putri, Nicholas dan Hamzah yang memulai bisnis nya sejak masih belia dan sukses di usia muda. Saya menyimpulkan sebagai berikut :

    1. Kemampuan melihat peluang sangat penting dalam memulai suatu usaha.
    2. Kegagalan tidak boleh dijadikan sebagai hambatan, namun dijadikan dorongan agar bisa meraih sukses.
    3. Harus berani melawan arus.
    4. Modal besar tidak penting, namun suatu usaha harus dijalankan dengan kegigihan.
    5. Mampu berpikir kreatif dan berani beda dari orang lain.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  74. @E25 - Ivan

    - Pada dasarnya mereka mempunyai jiwa pengusaha di usia dini, latar belakang yang berbeda tapi mempunyai motivasi tinggi dan semangat berwirausaha.
    - Jeli melihat peluang bisnis produk atau jasa, target pasar adalah semua kalangan dari menengah kebawah dan menengah ke atas.
    - Berani mengambil risiko, berkomitmen tinggi dalam melaksanakan kegiatan usahanya dan berorientasi pada kemajuan usaha.
    - Kreatifitas, mencari sesuatu yang baru dan mengembangkannya membuat sebuah produk yang inovatif dan bermanfaat.
    - Merintis usaha mulai dari nol, dengan modal yang minim tapidengan kemauan yang keras usahapun berkembang dan meraih kesuksesan.

    BalasHapus
  75. @E35-uji
    Kita tidak bisa mengarahkan angin, tapi kita bisa mengarahkan layar, peluang bisnis itu ada banyak, tinggal kita sebagai nahkoda bisa ngga mengarahkan layar untu mencari harta karun yang tersembunyi

    BalasHapus
  76. @E34-Ahmad

    Pendidikan tdk menentukan kita sukses dlm berwirausaha, kerja keras ulet dan tekun yg membuat kita berhasil

    BalasHapus
  77. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  78. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  79. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  80. @E01-Lusi
    Dari video diatas saya mengambil kesimpulan bahwa menjadi seorang pengusaha itu bisa siapa saja. seoarang yang muda pun bisa dan tidak berarti harus selesai pendidikan tinggi,dgn konsep awal dan tujuan yang jelas yaitu ingin mendapatkan penghasilan tambahan berbuah manis dengan diiringi kerja keras dan ketekunan.Meskipun berawal dari hobi dan melihat peluang yang ada seoarang yang mempunyai jiwa wirausaha tidak takut akan resiko, kegagalan bukanlah hambatan justru suatu pembelajaran yang berharga,seoarang wirausahawan sejati tidak berhenti berkreativitas yang membuat produk mereka beda dari lainnya, mereka fokus membangun usahanya sesuai dan sejalan dengan pemikiran

    BalasHapus
  81. @E35-uji
    Putri mengajarkaan kita untuk kreativ dalam berwirausahayaitu, menjual banyak barang, satu barang tapi banyak varian, memasarkan produk orang lain, membuat kemasan yang menarik,dan kreativ dalam memasarkan produknya.

    BalasHapus
  82. @E26-Devin

    Assalamualaikum..
    Selamat sore.
    Video ini memotivasi para calon pengusaha muda untuk membuka usaha dengan sukses dalam berwirausaha calon pengusaha mudah mengetahui langkah / jejak nya gara sukses.
    Wassalam...

    BalasHapus
  83. @E04-Hazazi

    -Kegagalan selalu ada pada setiap perjalanan menuju kesuksesan.
    setiap wirausahawan sukses pernah mengalami kegagalan. tidak hanya sekali ,melainkan berkali kali.
    sifat yang tidak mudah menyerah menjadikan mereka sukses seperti sekarang.

    -Jika ingin usaha berkembang. kita harus berani menyusun target yang kebih besar. dengan demikian akan mendorong kita untuk jadi lebih baik dan lebih baik lagi.

    -"Saat mendengar kata sulit, saya akan bilang itu bagus. karena saat semua orang bilang sesuatu itu sulit, artinya tidak banyak orang mencoba sesuatu tersebut".

    - Wirausahawan sukses sejak kecil telah belajar bisnis. dari bisnis bisnis sepele. dengan itu mereka belajar dari pengalaman yang membawa mereka ke kesuksesan sekarang.

    - Resiko besar harus di ambil dalam setiap usaha. karna resiko besar memiliki hadiah yang besar pula. tapi tidak semena mena mengambil resiko tanpa rencana yang tersusun rapih dan matang.

    BalasHapus
  84. @E13-Iqbal
    Bisnis tidak selalu dengan modal besar, modal kecil pun bisa dan setiap kegagalan tidak akan mempengaruhi usaha kita.

    BalasHapus
  85. @E06-Riza, @proyek C03
    Tanggapan seorang wirausahawan :

    1. Mayoritas insan menilai kesuksesan dari kematangan usia, itu adalah sebuah mitos. Sedangkan faktanya adalah usia muda mempunyai banyak peluang yang belum tentu dimiliki oleh usia dewasa
    2. Beranilah untuk bermimpi dan tunjuki bahwa mimpi itu bukan sekedar hayalan, akan tetapi mimpi itu adalah suatu tujuan hidup yang musti diraih.
    3. Jangan pernah merasa putus asa dari kegagalan yang dialami berulang kali, karena dari kegagalan lah banyak pelajaran dan membuat kita merasa harus bangkit karna masih banyak jalan untuk membuat kita bangkit dan lebih hebat dari sebelumnya
    4. Menyikapi usaha dengan bekerja keras, tekun, dan sabar adalah kunci kesuksesan.
    5. Kembangilah bisnis yang telah dimiliki dengan berbagai cara. Perbanyak relasi, buatlah inspirasi, inovasi, dan kreasi baru

    BalasHapus
  86. @E06-Riza, @proyek C03
    Tanggapan seorang wirausahawan :

    1. Mayoritas insan menilai kesuksesan dari kematangan usia, itu adalah sebuah mitos. Sedangkan faktanya adalah usia muda mempunyai banyak peluang yang belum tentu dimiliki oleh usia dewasa
    2. Beranilah untuk bermimpi dan tunjuki bahwa mimpi itu bukan sekedar hayalan, akan tetapi mimpi itu adalah suatu tujuan hidup yang musti diraih.
    3. Jangan pernah merasa putus asa dari kegagalan yang dialami berulang kali, karena dari kegagalan lah banyak pelajaran dan membuat kita merasa harus bangkit karna masih banyak jalan untuk membuat kita bangkit dan lebih hebat dari sebelumnya
    4. Menyikapi usaha dengan bekerja keras, tekun, dan sabar adalah kunci kesuksesan.
    5. Kembangilah bisnis yang telah dimiliki dengan berbagai cara. Perbanyak relasi, buatlah inspirasi, inovasi, dan kreasi baru

    BalasHapus
  87. @E09-Tri
    Hamzah.. Dari SD sudah mulai berwirausaha. Ya meski apa yg dia lakukan banyak mendapatkan kegagalan tapi dia merupakan seorang yg sangat berani. Bakhan berani meminjama kepada orang tua uang yg cukup banyak dan berhasil meyakinkan mereka untuk memberikan uang. Tapi alhamdulillah sekarang hamzah menjadi seorang pengusaha muda yg sukses.

    BalasHapus
  88. @E16-Putra

    Bab 5 Kreativitas dan Berinovasi dalam wirausaha
    kreativitas dan inovasi sangat diperlukan agar menjadi wirausahawan sukses. seperti video diatas. putri sebagai pengusaha kopi memproduksi berbagai macam jenis kopi dengan nama unik agar mampu menarik minat pembeli.

    BalasHapus
  89. @E09-Tri
    Video yang sangat bagus.. Saya sanagt terinspirasi dan ingin mengembangkan usaha milik orang tua saya

    BalasHapus
  90. @E22-Jessica

    1. Konsepsi Dasar Kewirausahaan
    Untuk menjadi seorang wirausahawan, konsep dasar seperti berani dan percaya diri itu penting. Seperti yang di alami oleh seorang pengusaha Kopi Luwak yaitu Putri dan pengusaha bantal yaitu Hamsah, yang dimulai dengan bejualan snack-snack sejak SMP. Walaupun harus mendapat cibiran dari teman-teman sekolah, tetapi mereka tetap berani untuk melangkah lebih maju dari usia yang seharusnya masih menghabiskan waktu untuk bermain. Sama halnya dengan pengusaha ikan hias yaitu Nicholas, yang sangat percaya diri ketika di bilang oleh rekan-rekannya bahwa apa yang dia rencanakan itu "mustahil", dari kata mustahil itu lah dia semakin percaya diri untuk membuktikan bahka tidak ada yang mustahil ketika kita mau bekerja keras.

    2. Persiapan Pribadi Pengusaha Muda
    Berdasarkan pengalaman berbisnis dari ketiga pengusaha tersebut, persiapan nya berbeda-beda, ada yang memang sudah memiliki tabungan dari TK sehingga itu yang di jadikan modal, ada pula yang bernegosiasi dengan penjual suatu produk untuk menjualkan dagangan mereka. Namun ketika kita ingin memulai suatu usaha di usia sekarang ini, kedua prinsip tersebut bisa kita pakai, kita persiapan mulai dari modal awal, atau kita memulai dengan bekerja sama dengan pebisnis lain.

    3. Menerapkan Sikap Mental Bisnis Orang Cina
    Yang dimaksud dengan menerapkan sikap mengal bisnis orang cina yaitu, orang cina tidak pernah menyerah ketika menghadapi kegagalan, mereka rela menghabiskan waktu hidup mereka untuk terus bekerja keras hingga mencapai keinginan mereka, dan itulah yang di terapkan sampai ke keturunannya. Begitu pun dengan inspirasi dari ketiga pengusaha tersebut, untuk memulai suatu usaha, banyak hal yang harus dilakukan, di mulai dari banyak membaca buku tentang ilmu berwirausaha, masuk dalam komunitas bisnis, bekerjasama dengan pebisnis lain, hingga akhirnya bisa memiliki bisnis sendiri. Hal tersebut dapat mereka capai setelah melalui banyak kegagalan, jatuh bangun, sampai rugi ratusan juta, tapi mereka tidak pernah menyerah, dari situlah mereka belajar untuk bangkit, untuk terus bekerja keras, dan menjadikan usahanya lebih baik lagi dari sebelumnya.

    4. Motivasi Menjadi Pengusaha Sukses
    Ya benar, untuk menjadi seorang pengusaha sukses haruslah memiliki motivasi yang dapat membangkitkan semangat. Ketika awalnya kita berpikir uang jajan kita masih kurang, kita butuh uang untuk ini untuk itu, makanya kita pasti akan berpikir untuk mendapatkannya. Berawal dari pikiran, akan muncul motivasi untuk mencapainya. Motivasi untuk memiliki hidup yang lebih baik misalnya, dapat kita tanamkan dalam diri kita agar tetap terus bekerja keras dalam melakukan suatu bisnis/usaha, agar jangan bisnis itu hanya bersifat sementara, ketika mengalami kegagalan maka kita akan berhenti, tetapi ketika kita memiliki suatu motivasi yang kuat, maka kegagalan seperti apapun akan dapat kita lewati dan membuat usaha kita semakin maju.

    5. Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha
    Di sekeliling kita, sudah banyak pengusaha yang maju, kita dapat menjadikan mereka inspirasi untuk menjadikan kita pebisnis yang sukses pula. Tetapi kita harus jeli, bisnis apa yang mau kita lakukan, jangan lah meniru bisnis orang, coba lah untuk mencari ide lain, ide baru yang dapat membuat bisnis anda berkembang nantinya. Ketika ingin menjadi pengusaha yang sukses, kita harus bisa kreativ dan memiliki inovasi yang baru, sama halnya dengan pengusaha Hamsah yang awalnya merupakan pebisnis serabutan, kemudian bangkit menjadi pebisnis yang membuka usaha bimbel, hingga akhirnya menjadi pengusaha bantal. Carilah ide yang kreativ dan inovatif agar berbeda dari pengusaha yang lainnya.

    BalasHapus
  91. @E09-Tri
    Semua tokoh sangat menarik... Mau berusaha terus pantang menyerah meskipun teripu dan mengalami kerugian sangat banyak tapi masih bisa dan yakin berjuang sampai sukses kembali.. MANTAPPPP

    BalasHapus
  92. @E20-Lina

    sukses berawal dari mimpi..

    BalasHapus
  93. @E-28 Yasni

    Dari video yang kita tonton tadi dapat disimpulkan menjadi beberapa point diantaranya ;
    1. Sukses membutuhkan kerja keras ,
    Dapat dilihat dari video tersebut sebelum mereka menjadi pengusaha sukses dan handal banyak rintangan yang dihadapi mulai dari kerugian, penipuan dll .
    2. Berbisnis tidak mengharuskan pendidikan yang tinggi
    3. Sukses dapat dibangun dari usia dini
    4. Sukses butuh kreativitas dan inovasi dalam berbisnis, untuk dapat terus hidup mengikuti arus perkembangan jaman dan menarik minat konsumen untuk membeli produk kita.
    5. Sukses sangat pantang menyerah

    BalasHapus
  94. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  95. @E05-Yuda

    Dari ketiga tokoh pebisnis diatas, dapat dikaitkan dengan Teori kebutuhan McClelland, yang  menyatakan bahwa pencapaian, kekuasaan/kekuatan dan hubungan merupakan tiga kebutuhan penting yang dapat membantu menjelaskan motivasi. Kebutuhan pencapaian merupakan dorongan untuk melebihi, mencapai standar-standar, dan berjuang untuk berhasil. Kebutuhan kekuatan dapat membuat orang lain berperilaku sedemikian rupa sehingga mereka tidak akan berperilaku sebaliknya, dan kebutuhan hubungan merupakan keinginan antarpersonal yang ramah dan akrab dalam lingkungan organisasi. Dimaksudkan, dari ketiga tokoh pebisnis diatas, mereka memiliki dorongan untuk berbisnis, berwirausaha sejak kecil bahkan sejak lahir, orang disekitarnya pun sangat mendukung dan memotivasi mereka, dan mereka sama-sama berjuang dari 0 hingga memiliki bisnis atas nama pribadinya. Tidak hanya itu, karena ke-supel-an mereka, dan antarpersonal yang ramah sehingga banyak masyarakat yang kagum dan senang mengenali mereka karena kesuksesannya. 

    BalasHapus
  96. @E18-David

    bisnis dimulai dari dini

    BalasHapus
  97. @E18-David

    Jangan pernah menyerah, jika engkau gagal bangkitlah kembali

    BalasHapus
  98. @E18-David

    Banyak orang gagal bukan karena kamu tidak mampu, melainkan karena kamu tidak mempunyai komitmen

    BalasHapus
  99. @E18-David

    Sukses tidak ada yang instant

    BalasHapus
  100. @E18-David

    Video yang sangat mengispirasi, agar anak muda mau dan berani berwirausaha

    BalasHapus
  101. @E23-Yulius

    Dari video tersebut memberikan motivasi bagi kita.

    1.Pantang menyerah dalam menjalani bisnis dan usaha
    2.Selalu berusaha berinovasi membuat sesuatu yang lebih berharga
    3.Lebih berani mengambil resiko dan mencobanya

    Terimakasih.

    BalasHapus
  102. @E24-Aprian
    Ide menjalankan usaha dapat didapat dari hal hal yg sederhana, salah satu nya adalah mendapatkan hobi kita sebagai awal untuk memilih bidang usaha.

    BalasHapus
  103. @G36-Faizal

    Dari cerita inspiratif vidio tersebut dapat dilihat dan memberikan motivasi bagi orang-orang yang masih bingung dalam menjalankan bisnis. Berbisnis/usaha yang pertama adalah niat belajar, kreatifitas dan tidak mudah putus asa. Memulai bisnis bukan berarti harus memilkliki modal yang besar tapi dari keinginan dan niat belajar serta mampu memanfaatkan peluaang yang ada disekitar anda..
    Dan jika melihat dari vidio tersebut memasarkan usaha bisa mennggunakan teknologi yang cukup yang mampu mengembangkan usaha sehingga dapat dilihat dan dibeli oleh orang banyak bahkan sampai di luar negeri.
    Yang tak kalah penting pemilihan bidang usaha mulailah usaha dengan apa yang disukai dan melihat peluang pasar yang akan dijalankan. Kegagalan dalam memulai usaha tentu saja menjadi pernah gagal dan bangkrut.
    Tetapi hal yang pelu diingat kegagalan tidak menjadi akhir dari usaha. Karna dari situ dapat belajar dan membuat lebih sukses lagi.

    BalasHapus
  104. @F18-Anisa proyek @C03 setelah melihat video tersebut kita dapat termotivasi mengikuti jejak penisnis muda yg mengawali bisnisnya dengan penuh resiko namun tetap berani memgambil resiko tersebut diawali dengan kerugian, tidak adanya pembeli, dan penipuan tidak membuat mereka putus asa tpi tetap berusaha memperbaiki segala sesuatunya sehingga lama kelamaan bisnisnya dapat menuai kesuksesan hal ini tentunya dapat memotivasi kita agar kita dapat merealisasikan ide dalam berbisnis dan mau mengambil resiko namun terus berusaha belajar dan mengembangkannya sehingga dapat menjadi pebisnis muda yang sukses seperti mereka

    BalasHapus