Minggu, Agustus 20

Strategi Bisnis Kuliner



Dalam berbisnis tidak hanya keterampilan dan kerja keras saja, melainkan harua pandai bermain strategi. Dan ada beberapa strategi yang saya siapkan untuk usaha saya.
Seperti pengelolaan keuangan, perancangan pemasaran. Pertama yang saya lakukan membuat strategi pengelolaan keuangan, seperti berikut:

1. Mengetahui modal usaha.
Sebelum membangun sebuah usaha saya harus mengetahui berapa modal yang saya butuhkan, karena jika tidak bisa jadi menghambat pembangunan usaha saya.

2. Pisahkan Rekening Pribadi dan Usaha
Masih banyak seorang pengusaha yang mengelola usahanya dengan satu rekening, yaitu rekening pribadi. Jika itu dilakukan bisa membahayakan keuangan usaha, karena kita tidak tau mana uang untuk usaha dan mana uang keperluan pribadi kita.
Buat Catatan Pengeluaran Keuangan Tiap Bulannya.

3. Sebuah catatan pengeluaran
Catat setiap pengeluaran tiap bulan, termasuk gaji diri sendiri agar tidak terjadi over output dalam pembelanjaan. Dan agar bisa diketahui berapa pengeluaran tiap bulannya.

4. Buat laporan keuangan
Laporan keuangan perlu dimiliki  untuk mencatat laba/rugi dan neraca. Tapi jika usaha baru berdiri setidaknya kita punya catatan pengeluaran dan pemasukan.


Setelah strategi laporan keuangan telah dibuat, pikirkan bagaimana merancang strategi pemasaran usaha kita. Dan berikut beberapa strategi pemasaran yang bisa kita lakukan:


1. Buat Brand Yang Menarik
Brand atau merk mungkin hal yang sepele. Tapi untuk bidang kuliner justru yang memiliki nama unik bisa menjadi daya tarik sendiri. Semakin unik dan nyeleneh nama yang digunakan, bisa membuat konsumen penasaran dan ingin mencobanya.

2. Membangun Jaringan Bisnis
Kita bisa membangun jaringan bisnis ini lewat teman ataupun sodara kita. Dengan cara perkenalkan bisnis kita kepada merekan dan berikan test produk untuk mereka agar dapat menilai usaha kita. Sehingga bisa tersebarkan lebih luas lagi dari bantuan mereka.

3. Buat Event dan berikan potongan harga
Setiap ada even di hari spesial sperti 17 agustus, atau ulang tahun bisnis kita, atau bahkan di hari libur juga bisa menjadi event untuk kita memberikan potongan harga, sehingga dapat lebih memikat pengunjung.

4. Inovasi Menu
Membuat inovasi-inovasi baru pada menu kita agar tidak terjadi kebosanan pada menu yang ada. Sehingga pelanggannya awet dan ngak kabur-kaburan.

5. Peningkatan Kualitas Pelayanan
Kualitas pelayanan menjadi salah satu hal penting dalam dunia busnis. Sajikan pelayanan te baik untuk pelanggan seperti, kerapain karyawan, sopan, ramah, kebersihan tempat makan, vasilitas kamar mandi dan wifi free, dan masih banyak lagi yang bisa dilakuakan.

Selain beberapa hal yang diatas ada faktor lain yang kita pikirkan yaitu, Kewirausahaan dan lingkungan. Dimana disini kita memikirkan hubungan Kewirausahaan dan faktor lingkungan. Disini kita dituntut untuk menjadi seorang yang kebersamaan, etika, tanggung jawab.

1. Kebersamaan
Hubungan antara pengusaha dan pihak internal ataupun external dimana kita menjaga komunikasi untuk saling menguntungkan dan tidak saling merugikan.

2. Etika
Dalam berbisnis etika harus diterapkan, seperti kejujuran dalam berbisnis, adil kepada setiap pelanggan dan karyawan, menghindari cara-cara yang curang dalam berbisnis, dll.

1. Tanggung Jawab
Sebagai pengusaha banyak tanggung jawab sosial yang harus di lakukan, seperti:
- Tanggung jawab terhadap lingkungan
- Tanggung jawab terhadap Karyawan
- Tanggung jawab terhadap pelanggan
- Tanggung jawab terhadap investor
- Tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar.

Dan itulah beberapa trategi berbisnis, tidak ada kecurangan, tidak ada keraguan.

Daftar Pustaka
http://bisnisukm.com/cara-mengelola-keuangan-usaha.html
http://bisnisukm.com/meski-bisnis-makanan-dicari-banyak-pelanggan-jangan-lupakan-pemasaran.html
Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda", Salemba Empat 2011, Jakarta (Universitas Mercu Buana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar