Sabtu, Agustus 19

STRATEGI BISNIS!


@E34-Ahmad

Pertumbuhan tidak selalu berdampak pada profitabilitas. Aspek yang terpenting dalam kesuksesan semua type bisnis adalah mengarahkan effort yang untuk menghasilkan profit yang maksimal. Keunikan dan karakter produk yang membuat kesuksesan organisasi di tempat pertama, hal tersebut yang membedakan dengan yang lain. 
Seiring bertambahnya waktu, perusahaan kecil saya pun dapat kehilangan fokusnya, dimulai dari penawaran yang diberikan terlalu banyak produk atau jasa dan terlalu banyak diverensasi pasar dengan point harga yang berbeda. Manajemen tidak bisa melakukan pemantauan satu per satu terhadap produk yang ditawarkan. Pelanggan kehilangan ketertarikan dan margin perlahan menurun. Profitabilitas menurun.
Jika perusahaan saya seperti itu maka sudah waktunya untuk kembali focus ke kompetensi bisnis inti dari perusahaan. Melakukan spesialisasi pada sesuatu yang bisa dilakukan dengan yang terbaik. Saat manajemen perusahaan focus pada pertumbuhan, bisnis didorong oleh spesialisasi.
Saat pengusaha menemukan titik kebingungan mereka memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai industry mereka, mereka telah menetapkan target pasar, dan menentukan tujuan penjualan mereka, mereka haya tidak yakin bagaimana untuk mencapai tujuan yang telah mereka tetapkan, untuk itulah beberapa strategi berikut untuk megembangkan bisnis anda :
1. Buy Market Share
Menjual lebih banyak dari produk yang sama atau jasa kepada target pasar Anda saat ini disebut “Buy market share” untuk tujuan baik. Untuk menjual lebih banyak produk kepada orang-orang yang sama, Anda perlu membeli customer dari pesaing Anda. Pilihan ini bisa menjadi mahal. Pilihan Ini mungkin mengharuskan Anda untuk menurunkan harga produk, menawarkan ketiga hal, Q, S, dan P (Quality, Service, Price). Atau Anda mungkin perlu mencurahkan sumber daya untuk iklan atau promosi yang bisa mendorong lebih banyak orang untuk meninggalkan kesetiaan terhadap produk mereka saat ini dan mencoba merek Anda.

2. Hunt
Menjual lebih banyak produk atau jasa ke pasar yang berbeda juga dapat menjadi pilihan yang mahal. Setiap kali Anda berburu pelanggan baru, Anda perlu menciptakan kesadaran dan kredibilitas perusahaan dan produk Anda di pasar baru.
Jika Anda adalah sedang ymenawarkan jasa Anda di wilayah barat tetapi ingin mulai menjual di wilayah timur, anda harus memperkenalkan produk anda ke wilayah timur, apa yang Anda perjuangkan, dan fitur dan manfaat dari produk Anda. Anda harus mendidik mereka tentang berbagai alasan mengapa pelanggan sangat cerdas bahwa mereka telah membuat merek terkemuka di wilayah barat.

3. Farm
Ini adalah strategi paling mudah dan hemat biaya. Sementara berburu pelanggan baru penting untuk mempertahankan penjualan yang sehat dalam jangka panjang, mengelola pelanggan Anda lebih efisien.
Statistik menunjukkan bahwa biaya penjualan ke pelanggan baru lebih dari dua belas kali lebih mahal dibandingkan menjual ke pelanggan saat ini. pelanggan sudah tahu anda. Anda tidak perlu untuk menciptakan kesadaran dan kredibilitas kepada mereka. Mereka sudah mempercayai Anda. Ada banyak cara untuk memanen penjualan dari pelanggan yang sudah ada:
• Rotation farming
• Suggestive selling
• Selling accessories
• Incentive selling
• Trading up

Rotation farming
menjual kepada pelanggan yang membeli secara berkala, di regular interval. Misalnya, penjual bunga dapat menghubungi pelanggan dan meminta hari peringatan pernikahan mereka dan ulang tahun pasangan. Menyimpan tanggal dalam database dan
Melakukan evaluasi secara periodik. Kemudian, jangka yang diperkirakan cukup menghubungi customer tesebut untuk menawarkan bunga.
Suggestive selling
merupakan cara melakukan penjualan yang temudah. disebut You-Want-Fries- With-That-Order? strategy. Pelanggan Anda sudah memiliki kemauan untuk membeli. Anda hanya menyarankan mereka untuk menghabiskan sedikit ekstra untuk meningkatkan kualitas pembelian mereka.
Selling accessories
Jika Anda menjual meja, sarankan kursi yang cocok atau lampu lantai. Jika pelanggan membeli mesin gizmo, sarankan dia membeli alat khusus pelumas mesin untuk membuatnya bekerja lebih baik.
Incentive selling
Hadiah gratis, premi, dan diskon semua efektif sebagai cara untuk membangun lebih banyak penjualan dari basis pelanggan Anda. Misalnya, membeli kosmetik baru dan mendapatkan tas tote gratis. Atau membeli satu hamburger dan mendapatkan
Trading up
Tahun lalu, pelanggan Anda membeli model standar. Tahun ini, dia menjual model deluxe. Dan jual kepada mereka garansi yang lebih lama

4. New Product
Produk baru mutlak diperlukan untuk kesehatan perusahaan Anda. Mereka menggantikan produk Anda yang menurun, mereka memberikan pendapatan segar dari baru pasar, dan mereka memposisikan perusahaan Anda sebagai inovator dalam industri. Tapi mereka dapat berisiko. Statistik menunjukkan lebih dari 10.000 produk baru diperkenalkan setiap tahun. Mayoritas gagal pada tahun pertama, lebih dari 80 persen pada tahun ketiga.

5. Merge atau Akuisisi
Sebuah merger atau akuisisi dapat menawarkan banyak kesempatan untuk meningkatkan profitabilitas anda. Dengan merger atau mengakuisisi perusahaan lain, Anda benar-benar dapat melakukan semua strategi lainnya sekaligus. Mengakuisisi pesaing mungkin memang mendapatkan Anda pangsa pasar, menjual lebih dari hal yang sama kepada orang yang sama.
Akuisisi akan memperluas pasar Anda, menjual lebih dari hal-hal yang sama untuk orang yang berbeda. Atau bisa menjadi kesempatan untuk menjual produk yang berbeda kepada pelanggan yang ada.
Itulah 5 strategi secara singkat, buy market share, hunt, farm, new product dan merge or acquire. Tanpa strategi tersebut perusahaan anda seperti kapal tanpa angin yang menggerakkan layar. Dengan strategi tersebut, anda bisa melakukan pengembangan bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar