Sabtu, Agustus 19

Strategi Pengembangan Bisnis "Snack Ringan"

      

Strategi pemasaran usaha keripik

Meski keripik memiliki banyak macam seperti yang saya paparkan di atas, cara pemasaran yang dilakukan intinya sama. Peluang usaha keripik ini juga memiliki prospek yang semakin baik di masa depan.
Karena peluagnya sangat baik, persaingannya pun cukup ketat. Agar tetap bisa bersaing dengan usaha keripik lainnya, berikut ini strategi pemasaran usaha keripik yang dapat anda lakukan :
  1. Memiliki keunikan

    Buat produk keripik anda menjadi unik. Hal ini dimaksudkan agar keripik anda mudah diterima oleh masyarakat dan terlihat berbeda dari usaha keripik kompetitor. Keunikan bisa dibuat dari sisi kemasan, rasa atau promosinya.
  2. Menentukan ulang segmentasi pasar

    Jika penjualan keripik anda belum juga memperlihatkan tanda-tanda kemajuan, ada baiknya untuk menentukan ulang target pasar yang anda bidik. Apakah untuk kalangan muda, ibu-ibu, bapak-bapak, atau malah kakek nenek.
    Dengan mengetahui dan menentukan target pasar yang jelas, akan mendorong anda untuk membuat strategi penjualan yang lebih tepat.
  3. Memperkenalkan merk

    Agar merk keripik yang anda miliki cepat dikenal, ada baiknya untuk memperkenalkan merk, atau istilahnya mengkomunikasikan merk ke pasar. Komunikasi merk bisa secara ATL (Above The Line) seperti koran, majalah atau komunikasi model BTL (Below The Line) dengan menggunakan spanduk, banner, brosur.
    Agar hasil komunikasi ini lebih efektif, pastikan koran atau majalah yang dipakai merupakan koran yang memiliki banyak pembaca sesuai dengan target pasar yang dibidik. Begitu pula untuk spanduk dan brosur, pastikan ditempatkan pada lokasi yang banyak dilewati orang.
    Jangan lupa juga untuk memperkenalkan merk secara online melalui media sosial, seperti facebook, twitter dan instagram. Kalau bisa jadi trending tropic di twitter, kan lumayan tuh 😀 Agar konsumen lebih yakin, anda juga bisa meminta sertifikat halal dari MUI untuk produk keripik yang anda buat.
  4. Mencari reseller yang tepat

    Reseller disebut juga agen atau distributor. Reseller akan membantu memasarkan produk keripik anda. Pilih reseller yang memiliki jaringan luas atau tempat usaha yang sudah ramai dikunjungi banyak orang.
    Untuk pertama kali, biasanya para reseller akan meminta titip jual, atau dalam istilah marketing dikenal dengan sistem konsinyasi. Jadi anda tidak akan dibayar reseller sebelum keripik yang anda titipkan laku.
    Jika keripik yang anda miliki benar-benar diminati pelanggan, maka reseller secara otomatis akan membeli produk keripik anda secara tunai seperti yang terjadi pada keripik maicih. Dengan promosi yang tepat sasaran, keripik maicih berhasil membuat reseller bersemangat menjual produknya, dan terasa eksklusif.
  5. Pelayanan maksimal

    Pelayanan maksimal kepada para pelanggan atau bahkan calon pelanggan adalah penting. Di zaman sekarang, anda tidak bisa jika hanya mengandalkan promosi. Berikan pelayanan terbaik pada para reseller dan juga pelanggan.
    Selalu jaga kualitas produk dan hubungan baik. Pelanggan yang puas secara otomatis akan menceritakan kabar baik tentang produk anda. Sehingga angka penjualan keripik anda akan meningkat dengan sendirinya.


 http://peluangusahaterbaruku.com/pemasaran-usaha-keripik-aneka/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar