Sabtu, Agustus 5

SUKSES BERWIRAUSAHA



Terjun kedunia usaha itu memerlukan usaha dan mental yang sangat besar, karena kita harus siap menghadapi tantangan yang mau tidak mau harus kita hadapi di depan. Dan sebelum kita menjadi pengusaha alangkah baiknya kita mengetahui apa itu kewirausahaan dan apa saja yang dapat kita lakukan agar menjadi pengusaha sukses.
Berikut pengertian kewirausahaan menurut para ahli:

Thomas W. Zimmerer
Kewirausahaan adalah proses penerapan kreatifitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan/usaha. (Suryana, 2011 : 19)

Peter Hisrich
Kewirausahaan adalah proses penciptaan sesuatu yang bebeda untuk menghasilkan nilai dengan mencurahkan waktu dan usaha, disertai dengan penggunaan resiko, yang kemudian memberikan hasil berupa uang serta kepuasan dan kebebasan pribadi. (Suryana, 2011 : 19)

Jadi kewirausahaan itu suatu kegiatan positif untuk menerapkan kreativitas dalam menciptakan suatu barang atau jasa yang dapat dimanfaatkan untuk semua orang atau lingkungan sekitar.

Setelah kita mengerti apa pengertian kewirausahaan, kita juga perlu motivasi untuk menjadi seorang wirausahawan yang tangguh dan tahan banting agar dapat menghajar tantangan yang menghadang dan tetap bertahan ataupun semakin berkembang.

Berikut beberapa motivasi menurut para ahli:

Menurut Robbins (2006:213) motivasi adalah proses yang ikut menentukan intensitas, arah, dan ketekunan individu dalam usaha mencapai sasaran.

Sedangkan menurut T. Hani Handoko (2003:252) mengemukakan bahwa “motivasi adalah keadaan pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan tertentu guna mencapai tujuan”.


Dan berikut ini merupakan resep sukses dari Mark Elliot Zuckerberg sang pendiri Facebook:

Bergeraklah dengan cepat dan hancurkan apapun hal yang menghalangi. Jika anda tidak bisa menghancurkan sesuatu, itu berarti anda tidak bergerak dengan cukup cepat.
Resiko terbesar adalah tidak mengambil resiko sama sekali. Dalam dunia yang berubah dengan sangat cepat ini, satu-satunya strategi yang dijamin gagal adalah tidak mengambil resiko.
Facebook aslinya tidak dibangun untuk menjadi perusahaan. Facebook dibangun untuk misi sosial – untuk membuat dunia lebih terbuka dan saling terhubung
Dengan memberikan orang kekuatan untuk berbagi, kami membuat dunia menjadi lebih transparan
Banyak orang yang penasaran dengan cerita Facebook hingga bisa menjadi seperti ini. Sebenarnya ceritanya sangatlah membosankan. Maksud saya, kami hanya duduk bersama komputer kami selama enam tahun untuk coding
Ada orang yang sangat bagus menjadi manager, orang yang bisa mengatur perusahaan besar dan ada orang yang sangat analitik dan fokus pada strategi. Dua jenis sifat ini biasanya tidak ada di dalam satu orang. Saya lebih memilih menjadi orang yang fokus dan analitik.
Pertanyaannya bukan,”Apa yang kami ingin tahu tentang orang lain?”, tapi,” Apa yang ingin orang ceritakan tentang diri mereka?”
Jalan seorang hacker adalah pendekatan untuk membangun yang mencakup perbaikan dan iterasi secara terus-menerus. Hacker percaya bahwa sesuatu itu bisa selalu menjadi lebih baik, dan tidak ada yang sempurna.
Mungkin orang bisa menjadi sangat cerdas atau memiliki keahlian yang bisa langsung diaplikasikan, tetapi jika mereka tidak percaya dengan apa yang mereka punya, mereka tidak akan bisa bekerja keras
Saya membangun Facebook di kamar asrama dan meluncurkannya dari kamar saya. Saya membayar server sebesar U$85 sebulan, dan saya mendanai Facebook dengan menaruh iklan di samping, dan sejak itu sampai sekarang saya tetap mendanai Facebook melalui iklan di samping
Yang sangat memotivasi orang-orang di Facebook adalah kami membangun sesuatu yang kami banggakan
Kami menjalankan perusahaan ini untuk melayani lebih banyak orang
Saya memulai situs ini saat umur 19 tahun. Dan saya tidak tahu banyak tentang bisnis pada waktu itu
Orang-orang tidak peduli tentang apa yang seseorang katakan tentang anda di film, benar? Mereka hanya peduli tentang apa yang anda ciptakan. Dan jika anda bisa membuat sesuatu yang membuat hidup orang menjadi lebih baik, anda telah melakukan sesuatu yang hebat.
Saya mendapatkan komputer pertama saya saat kelas enam. Saya tertarik untuk mencari tahu bagaimana komputer ini bisa bekerja dan belajar programming pada tingkat yang lebih dalam dan lebih dalam lagi.





http://www.kompasiana.com/lutfikoto/pengertian-motivasi-kewirausahaan_55c0d433f47e610a097b6e94
http://pengertian-menurut.blogspot.co.id/2015/08/pengertian-motivasi-kerja-menurut-ahli.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar