Sabtu, Agustus 19

Tips Mengembangkan Bisnis dengan Mudah


Halo para pengusaha muda, kali ini saya akan membahas mengenai tips mengembangkan bisnis dengan cara yang sangat mudah. Saya yakin dengan membaca artikel ini kalian dapat mengembangkan bisnis kalian dengan sangat mudah. Yuk kita simak



1 mengelola keuangan

Biasakan!
Membuat catatan yang lengkap mengenai keuangan, baik itu cash flow (uang masuk / keluar), catatan omzet harian, mingguan dan bulanan, catatan pembelian usaha anda. Tidak perduli seberapa kecil usaha yang telah anda mulai, persiapkanlah pencatatannya dengan baik, agar jika suatu hari nanti usaha itu menjadi besar, anda sudah terbiasa….

Sebenarnya, selain untuk alasan di atas, pencatatan keuangan sangat diperlukan untuk mengukur kinerja dan target anda apakah sudah tercapai atau belum. Banyak usaha kecil yang bangkrut padahal sebenarnya berpotensi menjadi besar, hanya karena masalahpencatatan keuangan usaha ini.

Pisahkan Uang Bisnis dan Uang Pribadi

Ini di nomor urut pertama karena ini sangat penting. Kebanyakan biang kerok kebangkrutan usaha kecil karena tidak melakukan pemisahan keuangan ini. Tidak jelas mana duit untuk bisnis, mana duit untuk keperluan pribadi. Tercampur baur tak karuan. PISAHKAN! sekali lagi PISAHKAN!

Ambillah gaji dari hasil keuntungan usaha anda sendiri untuk keperluan pribadi. Jika belum mampu gaji besar, ya kecil juga gak apa-apa, asal tercatat. Kalaupun belum mampu juga, ya tunda kesenangan, kencangkan ikat pinggang untuk mengerjakan usaha anda tanpa digaji!

Kerap kali pelaku usaha kecil tidak memisahkan keuangan pribadinya dengan keuangan usaha. Alasannya karena toch usahanya masih kecil, jadi belum kompleks. Tapi ini adalah kesalahan fatal.   Jadi buat dua akun yang terpisah, jika Anda perlu suntikan dana ambil dengan prosentasi tertentu dari modal. Karena ketika Anda membeli kebutuhan pribadi Anda dengan uang usaha, Maka tanpa sadar uang usaha Anda akan tergerus dan habis.

2.  Merancang strategi pemasaran

Strategi pemasaran bisnis merupakan langkah-langkah kreatif yang berkesinambungan yang diupayakan oleh sebuah pihak perusahaan guna mencapai target marketing terbaik dalam rangka mewujudkan kepuasan konsumen secara maksimal. Strategi pemasaran sangat penting diupayakan untuk mencegah penurunan jumlah konsumen serta jatuhnya daya saing produk bisnis dipasaran.

Dengan adanya sebuah strategi yang baik, diharapkan proses pemasaran akan mampu berjalan secara terkontrol, dinamis dan tidak monoton dengan satu gaya marketing saja.

Strategi pemasaran juga dilakukan agar tercapainya proses marketing secara lebih maksimal. Tanpa adanya strategi marketing yang teruji, bisa dipastikan marketing akan jatuh, terlebih apabila muncul berbagai produk kompetitif yang dikeluarkan oleh rival-rival bisnis Anda. Melalui strategi ini sebuah proses marketing yang baik dapat dipertahankan, memberikan cara-cara yang baru yang membuat para pelanggan senantiasa menemukan keunikan dalam produk kita, hal ini merupakan salah satu strategi yang dibutuhkan dalam strategi pemasaran.

Strategi yang diharapkan adalah cara-cara baru yang lebih diminati oleh para konsumen. Membuat konsumen merasa lebih nyaman dan mudah untuk mendapatkan produk bisnis yang kita pasarkan, disamping itu kualitas yang memadai dari sebuah produk bisnis juga menjadi salah satu poin penting bagi berlangsungnya sebuah strategi pemasaran yang baik.

Mengoptimalkan upaya dan strategi pemasaran merupakan faktor terbesar yang akan mempengaruhi kesuksesan usaha bisnis Anda, oleh karena itu, jangan sepelekan strategi pemasaran. Rancang dan upayakanlah sedemikian rupa agar pelanggan tidak bosan dengan gaya-gaya Anda dalam memasarkan produk.

Bagaimana atau apa saja yang termasuk bagian dari strategi pemasaran yang bisa Anda terapkan untuk terus mempertahankan upaya marketing kreatif Anda? berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk menciptakan sebuah strategi pemasaran yang lebih efektif, khususnya bagi Anda yang mempunyai bidang usaha yang relatif masih kecil:

1. Promosi
Promosi merupakan upaya untuk memperkenalkan sebuah produk bisnis kepada konsumen sebagai bagian dari strategi pemasaran, dari yang belum tau menjadi tau. Bagi Anda yang memiliki sebuah usaha bisnis yang masih kecil, jangan lupa untuk selalu memperhatikan hal ini. Lakukan upaya promosi kapan saja dan dimana saja. Dengan cara-cara kreatif tentunya upaya promosi yang Anda lakukan secara terus menerus tak akan membuat orang lain jengah.

Misalnya setiap kali Anda bepergian, jangan lupa membawa brosur produk bisnis Anda untuk kemudian Anda bagikan kepada rekan-rekan Anda, atau Anda langsung menyebar brosur ke tempat-tempat umum, menempel berbagai di berbagai tempat pengumuman, membuat status di jejaring sosial, meng-sms rekan dan sebagainya.


2. Kreativitas cara marketing
Kreativitas cara marketing menyangkut upaya dan strategi pemasaran agar lebih terkesan unik, beda dan menemukan cara-cara baru untuk mengupayakan kegiatan marketing agar bisa berjalan dengan maksimal. Ada banyak cara kreatif yang dilakukan orang saat ini, diantaranya adalah dengan memanfaatkan fasilitas internet yang mendunia untuk memasarkan produk usaha.

Internet marketing merupakan strategi yang terbukti mampu meningkatkan upaya penjualan secara lebih maksimal.

Dengan memanfaatkan internet, Anda juga bisa melakukan kreativitas bentuk-bentuk marketing. Misalnya untuk mereka para pengusaha buku, biasanya memanfaatkan situs jejaring sosial untuk menjual buku-buku mereka dengan cara-cara yang unik seperti mengadakan perlombaan, memasang berbagai foto bergaya bersama buku dan sebagainya. Kreativitas dalam strategi pemasaran sangat dibutuhkan.

3. Kewirausahaan dan Lingkungan

Perubahan lingkungan bisnis akan terjadi setiap saat, umumnya berupa gerak perubahan dari salah satu atau gabungan factor-faktor lingkungan diluar perusahaan, baik pada skala nasional, regional maupun  global. Kegiatan operasional perusahaan di Indonesia tidak dapat dilepaskan dari kondisi dan perkembangan perekonomian global.

                Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh wirausahawan Indonesia, baik yang bergerak dalam aktivitas local maupun global, adalah terjadinya berbagai perubahan yang dipicu oleh perkembangan teknologi yang mencakup hal-hal sebagai berikut:

1.       Produk-produk baru yang dilempar ke pasar oleh pesaing.

2.       Perkembangan teknologi da informasi.

3.       Perkembangan teknologi barang substitusi.

4.       Berbagai penemuan baru.adaptasi teknologi yang siap pakai.

5.       Strategi perkembangan teknologi nasional.

6.       Adaptasi teknologi yang siap pakai.

7.       Biaya penelitian dan pengembangan oleh perusahaan pesaing atau perusahaan-perusahaan dalam satu industry.

8.       Siklus hidup produk (product life cycle).

9.       Terobosan- terobosan yang dapat meningkatkan produktivitas yang lebih baik dibidang input, pengolahan dan pemasaran.

10.   Berbagai ramalan pengembangan teknologi di masa depan.



Daftar Pustaka

http://kampungwirausaha.com/panduan-mengelola-keuangan-sederhana-untuk-usaha-kecil/

http://rajapresentasi.com/2012/02/cara-menyusun-strategi-pemasaran-yang-efektif/


http://hevri20heru.blogspot.co.id/2013/06/bab-10-kewirausahaan-dan-lingkungan.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar