Sabtu, Agustus 5

Wirausaha Tanpa Kreativitas & Inovasi Sama Dengan Nihil

Oleh: @E21-Sandi
           @Proyek C02

Anda ingin berwirausaha tanpa kreativitas & inovasi sama dengan nihil, kenapa? Karena dalam berwirausaha kita mempunyai banyak pesaing, jika kita tidak ingin usaha kita bangkrut karena kalah saing, disitulah para wirausahawan dituntut untuk berkreasi & berinovatif dalam mengembangkan usahanya.
Selain 2 hal di atas, seorang wirausahawan juga harus memiliki sifat-sifat seperti di bawah ini

1) mempunyai semangat yang tinggi
2) berani mengambil resiko
3) tidak takut gagal
4) bertanggung jawab

Jiwa wirausaha sebenarnya bisa dimiliki oleh siapa pun, dan harus dilatih sejak dini dimulai dari hal yang kecil, misalkan di dunia yang sudah modern ini,hampir setiap orang punya hp, kita bisa menjual pulsa, dan mula-mula kita bisa menjual ke teman-teman kerja. Kemampuan berwirausaha ini dapat berkembang sesuai dengan pengalaman yang dia miliki.

Berwirausaha itu mirip dengan kehidupan manusia, karena pada hakikatnya manusia dituntut untuk hidup mandiri. Dan prosesnya memakan waktu yang lama. Mandiri berarti dapat mengatasi maslah sendiri, tanpa selalu bergantung kepada bantuan orang lain, tapi bukan berarti menjadi makhluk individual.

Ada beberapa cara untuk berkreasi, diantaranya:
1) menanamkan sikap tidak takut gagal
2) mencari peluang usaha dengan melihat hal yang sedang ngetrend saat ini
3) mencari supplier untuk usaha yang akan kita buat
4) menyusun anggaran biaya


Sumber:
Mulyadi Teddy. 2015. "Proses Kreativitas Dan Inovasi Dalam Kewirausahaan", http://budisma.net/2015/11/proses-kreativitas-dan-inovatif-dalam-kewirausahaan.html, diunduh tanggal 5 Agustus 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar