Minggu, Agustus 20

ZALORA INDONESIA

@E10-Pazrin
Dibuat Oleh: Pazrin Salsabila

Perkembangan
Situs belanja online ini merupakan salah satu cabang dari toko online terbesar di Eropa, Zalando. Di lingkup Asia namanya Zalora yang memiliki adik perusahaan di delapan negara, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Taiwan, Hongkong, Thailand, dan FIlipina.
Zalora dengan keyakinan bahwa bisnis e-commerce di tanah air akan berhasil. Karena akses ke daerah kecil masih kurang, dengan adanya Zalora semua orang punya akses. Perkembangannya didukung oleh kerja sama tim Zalora dalam memasarkan web-store mereka. Diawali dari promosi secara online, seperti melalui Google, Facebook, Twitter, dll.
           Saat ini Zalora sudah memasarkan produknya di Mobile app, yaitu Zalora Mobile App yang dapat didownload pada Smartphone berbasis android. Zalora Android App ini memungkinkan para pengguna yang gemar berbelanja untuk menerima push notification untuk setiap barang baru dan promo khusus sehingga mereka akan selalu memperoleh informasi fashion terkini. Melalui aplikasi ini para pengguna juga dapat dengan mudah mengakses informasi produk secara keseluruhan termasuk gambar, peringkat dan ulasan produk.
           Lebih jauh lagi, kemampuan built-in dari OS Android menjadikan tampilan animasi Zalora Android App lebih menarik, salah satunya ketika para pengguna akan menambahkan dan menyimpan belanjaan ke dalam shopping cart. Beragam pilihan metode pembayaran pun semakin memudahkan aktivitas belanja online pelanggan yang mendownload aplikasi ini.

Sistem Penjualan

Sistem penjualan pada Zalora merupakan B2C ( Business to Customer) dimana target pemasaran mereka adalah individu. Sistem penjualan pada Zalora ingin memberikan pengalaman yang berbeda dari pembelian secara fisik. Zalora berfokus kepada penjualan produk seperti pakaian, sepatu, tas, aksesoris, sports, bahkan produk kecantikan. Zalora menawarkan produk-produk dari berbagai brand terkemuka baik lokal maupun internasional. Beberapa keunggulan yang diberikan oleh Zalora adalah : 
1. Menawarkan sistem layanan antar gratis khusus pulau Jawa dan Bali. untuk pulau Sumatera dan Kalimantan dikenakan biaya pengiriman apabila pembelian dibawah Rp 200.000. Sedangkan wilayah Indonesia Timur dan Nusa Tenggara akan dikenakan biaya kirim apabila pembelian dibawah Rp 300.000.
2. Sistem COD di berbagai kota besar di Indonesia. Selain itu Zalora juga menyediakan layanan COD menggunakan debit card dan credit card untuk wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.
3. 30 hari garansi uang kembali *berlaku ketentuan
    Perusahaan juga menyediakan layanan Customer Service untuk seputar pertanyaan, bantuan, dan belanja via telepon dengan nomor : 021-29490100
    - Senin s.d Jumat : 09.00 - 21.00 WIB
    - Sabtu : 09.00 - 13.00 WIB
    email : help@zalora.co.id

Cara Pembelian

  1. Masuk ke http://www.zalora.co.id
  2. Pilih kategori produk yang ingin Anda beli. Anda bisa langsung klik produk yang diinginkan. 
  3. Pada halaman produk, pilih ukuran yang Anda inginkan dan klik Beli untuk memasukkan barang ke tas belanja. 
  4. Jika Anda sudah menentukan barang-barang yang ingin dibeli, klik Lanjut ke Pembayaran untuk melakukan transaksi. 
  5. Anda akan diarahkan ke halaman login/daftar. Jika Anda sudah memiliki akun di ZALORA, Anda bisa memilih Login. Jika Anda belum memiliki akun di ZALORA, Anda bisa membuatnya dengan cara klik Lanjutkan. 
  6. Di halaman selanjutnya (setelah login/daftar), Anda akan menemukan tiga buah kolom yang wajib diisi.
  7. Kolom Pertama: Data Pelanggan dan Alamat Pengiriman. Isikan data Anda dan alamat tujuan pengiriman pesanan Anda. 
  8. Kolom Kedua: Metode Pembayaran. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan (cash on delivery, transfer ke rekening bank, atau kartu kredit). 
  9. Kolom Ketiga: Konfirmasi Pesanan. Pastikan barang yang ingin Anda pesan sudah sesuai.
  10. Setelah Anda memastikan bahwa semua isian sudah dilengkapi dengan benar, klik Bayar. Pembayaran Anda akan langsung diproses dan Anda bisa menunggu email notifikasi dari Zalora.
Keamanan

Pihak zalora memberikan keamanan terhadap proses pembayaran dengan cara melakukan transaksi pembayaran melalui Transfer ATM, dan jika masih tidak percaya atau Bahasa kasarnya takut tertipu, pihak zalora memberikan fasilitas COD (Cash On Delivery) pembayaran langsung apabila barang telah sampai. Zalora menjamin keamanan dari data yang di input oleh costumer.  ZALORA memastikan bahwa informasi yang dikumpulkan akan disimpan dengan aman. Kami menyimpan informasi pribadi Anda dengan cara:
  • Membatasi akses ke dalam informasi pribadi Anda
  • Mengurus dan mengelola produk-produk teknologi kami untuk mencegah akses komputer yang tidak memiliki izin
  • Secara aman menghancurkan informasi pribadi Anda saat kami tidak lagi membutuhkannya untuk tujuan catatan retensi
ZALORA menggunakan teknologi 128 - bit SSL (secure sockets layer) encyption saat memproses rincial finansial Anda. 128-bit SSL encryption bisa dikira mungkin akan membutuhkan waktu sesedikitnya satu triliun tahun untuk rusak, dan ini adalah standar industri. Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada http://www.zalora.co.id/privacy-policy/.

Daftar Pustaka:

Maulyn, Fannisa. 2014. Zalora http://fannisamaulyn95.blogspot.co.id/2014/11/zalora.html. Diakses tanggal 20 Agustus 2017.

Verdiaty, Yulita. 2012. Analisis We E Comerce Zalora. http://yulytaverdianti.wordpress.com/2013/07/08/analisis-we-e-commerce-zalora/. Diakses tanggal 20 Agustus 2017

Zalora. 2017. Privacy Policy. http://www.zalora.co.id/privacy-policy/. Diakses tanggal 20 Agustus 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar