Jumat, September 22

BISNIS KEDAI KOPI

KEDAI KOPI “KOTADANG

PENDAHULUAN
Kenapa kami memilih bisnis kopi karna bisnis ini cukup menjanjikan selain itu bisnis kopi juga mudah untuk di perjual belikan dengan modal sedikit kita dapat menghasilkan keuntungan yang banyak karena salah satu faktornya adalah masyarakat yang mempunyai minat tinggi untuk menikmati kopi itu sendiri

Sejarah kopi telah dicatat sejauh pada abad ke-9. Pertama kali, kopi hanya ada di Ethiopia, di mana biji-bijian asli ditanam oleh orang Ethiopia dataran tinggi. Akan tetapi, ketika bangsa Arab mulai meluaskan perdagangannya, biji kopi pun telah meluas sampai ke Afrika Utara dan biji kopi di sana ditanam secara massal. Dari Afrika Utara itulah biji kopi mulai meluas dari Asia sampai pasaran Eropa dan ketenarannya sebagai minuman mulai menyebar.


·             KOPI ADALAH MINUMAN PENIKMAT
·             DISAJIKAN SANGAT SEDERHANA
·             KALANGAN MUDA LEBIH BANYAK MENYUKAI KOPI
·             CITA RASA YANG KHAS DARI KOPI ITU SENDIRI
·             HARGA YANG CUKUP EKONOMIS


KONSUMEN

Yang kita ketahui kopi dapat mencegah banyak penyakit antara lain : mencegah kanker,kanker hati,penyakit Parkinson,jerawat dan mengurangi resiko diabetes . masyrakat juga memilih kopi sebagai minuman penikmat karena terdapat kandungan dari kopi Air atau H2O adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kopi, kandungan kimiawi kopi yang satu ini adalah bagian yang penting bagi tubuh, karena 70% tubuh adalah air dan meskipun kandungan air didalam kopi terkadang tidak digunakan (dilakukan pengeringan pada biji kopi) namun kandungan air didalam kopi adalah bagian dari senyawa kimiawi kopi.

MEMULAI BISNIS KEDAI KOPI

Modal
·            Modal memulai usaha ini tertgantung kedai kopi seperti apa yang diinginkan dan persiapan apa saja yang sudah dimiliki. Jika tidak ingin mengelurkan modal yang terlalu banyak, coba ikut gabung dengan bisnis kopi yang sudah berjalan biasanya disebut dengan Waralaba / Franchise.
Keuntungan dan kelemahan untuk ikut bisnis Franchise kopi.
Modal membuka usaha kedai kopi yang tidak terlalu besar
Sudah disiapkan perlengkapan semua alat dan jenis kopi yang akan dijul
Tidak perlu gencar gencar dalam promosi, biasanya bisnis Franchise sudah cukup terkenal jadi pembeli akan datang dengan sendirinya karena sudah percaya.
Kelemahan
Untuk sejenis bisnis Franchise biasanya pelaku usaha tidak bisa terlalu bebas
Harus mematuhi aturan yang dibuat dari provider Franchise, contoh harga
·            2. Tips sukses bisnis warung kopi harus Pilih lokasi yang bagus
Untuk memulai bisnis kopi, hal yang harus dilakukan adalah memilih tempat tempat penjualan yang paling ideal atau memiliki prospek yang bagus. Karena apa? bisnis kedai kopi adalah bisnis yang bisa dikatakan 90% adalah usaha offline. Jadi untuk awal membuka usaha ini diperlukan tempat yang cocok.
Tempat yang bagus untuk mendirikan usaha kedai kopi biasanya adalah disekitar kampus, alun alun, tempat perbelanjaan, dekat dengan jalan raya.
Jika bisnis anda sudah memiliki nama dihati konsumen, mau buka kedai kopi dimana saja asalkan jalan menuju lokasi kedai yang anda buat itu mudah dilalui, tidak akan menjadi masalah besar untuk bisnis anda.
·            3.  Usaha warung kopi perlu Surat izin
Bisnis kopi adalah salah satu bisnis yang harus memiliki izin dari pemerintah. Karena bisnis ini merupakan bisnis kuliner yang apabila ingin cepat dipercayai oleh konsumen sebaiknya memiliki surat izin dari pemerintah.
Fungsinya yaitu untuk meyakinkan konusmen bahwa kedai kopi yang sedang dijalankan ini adalah kedai kopi yang aman dan sudah disetujui oleh negara.
·            4. Bisnis kopi yang bagus  harus memperhatikan Kebersihan Kedai
Penikmat kopi adalah mereka yang suka dengan kebersihan, mereka yang suka dengan ruangan yang berbau netral / bersih.
Sebelum memulai membuat bisnis kedai kopi sebaiknya pelaku usahamempelajari karateristik peminum kopi. Karena bisnis ini memang benar benar bisnis yang memiliki pasar tertarget
Untuk menciptakan kedai kopi yang berkualitas pelaku usaha harus memperhatikan hal ini. Kebersihan bisa dilihat dari meja, karyawan, dan lingkungan sekitar.

KEUNTUNGAN BISNIS KEDAI KOPI
1.         Murah Meriah
Untuk menikmati segelas kopi kita cukup merogoh kocek Rp 3.000 saja, sembari menikmati fasilitas yang ada seperti televisi, koran, majalah, papan catur. Agar pelanggan semakin betah, beberapa warung kopi kini juga menyediakan fasilitas free wifi. Kita juga bisa menikmati menu lain seperti mie rebus, aneka gorengan, nasi bungkus dan aneka minuman lainnya dengan harga yang bersahabat dengan kantong
2.         Margin Profit TInggi
Karena harganya yang serba murah, rata-rata omset penjualan harian pun tinggi. Minimal bisa mencapai 500 ribu – 1 juta rupiah per hari, dengan rata-rata keuntungan bersih sekitar 40%. Ini yang membuat usaha warung kopi begitu menggiurkan.
3.        Kultur Masyarakat
Ya tentu nya masyrakat pasti akan senang jika mengobrol santai sambal meminum kopi ,seperti nya akan asik jika ditambahkan menu2 agar konsumen tidak bosan
4.        Media Promosi
Karena menjadi tempat berkumpul banyak orang, warung kopi sering dijadikan sebagai media promosi untuk pemasangan spanduk/banner/pamflet produk-produk dari perusahaan rokok, makanan, minuman kemasan, provider dan lainnya yang bisa menambah pemasukan bagi pemilik warung.
5.        24 Jam Non Stop
Jangan heran bila kita mendapati warung kopi yang buka 24 jam non stop terutama yang buka di tempat-tempat keramaian sepeti terminal, stasiun, pabrik, dan lainnya. Bisa kita bayangkan berapa omset yang dihasilkan dalam sehari. Cukup dengan merekrut 1-2 orang karyawan, pemilik warung bisa membuka warung kopinya full day.
KENDALA BISNIS KEDAI KOPI
1.BANYAKNYA PESAING
Kendala pertama yang mungkin dihadapi oleh pebisnis minuman kopi dan coklat adalah banyaknya pesaing baik yang berjualan minuman serupa maupun pesaing yang menjual minuman lain yang mungkin lebih menarik dari segi tampilan, warna dan rasa. Perlu diketahui jika kopi dan coklat merupakan minuman wajib yang sering diminum ketika sedang menjalankan aktivitas. Karena modal untuk menjadi mitra franchise cukup rendah, maka tak heran jika banyak dari pemilik modal kecil yang juga turut menjadi mitra atau membuat usaha yang sama melihat keuntungan perhari yang dapat diperoleh dari setiap gelas yang dijual. Selain itu, minuman bukan hanya kopi dan coklat saja walaupun bisa dibuat panas maupun dingin. Masyarakat yang cenderung mudah bosan membutuhkan sesuatu yang lain sehingga kini banyak ditemukan minuman dengan berbagai warna dan juga rasa yang sangat menggoda.

2.KUALITAS RASA KOPI

Saat ini kopi tengah menjadi minuman yang paling disukai dan menjadi nomor satu di Indonesia. Tentunya kopi dan juga coklat telah menjadi budaya bagi Indonesia sehingga lidah konsumen pun secara tidak langsung akan semakin peka guna mengetahui rasa yang tepat dari kopi serta coklat. Bahkan bisa ditemukan juga pakar-pakar kopi dan coklat yang mampu membedakan minuman enak dan juga tidak. Oleh sebab itu, kualitas rasa bisa menjadi sebuah kendala apabila tidak mampu untuk menjaga proses pembuatan meskipun menggunakan sistem franchise. Seorang pebisnis harus mampu menjaga konsistensi bahan dan juga takaran dalam membuat minuman kopi dan coklat sehingga bisa tetap diterima oleh konsumen karena jika tak mampu menjaga, maka hal yang terjadi adalah konsumen akan mencari minuman lain yang dianggap lebih enak.

3.VARIASI YANG KURANG

Bisa dikatakan jika minuman kopi dan juga coklat adalah minuman tradisional yang tidak memiliki banyak variasi sehingga cenderung membosankan. Berbeda dengan minuman lain yang bisa dipadupadankan serta dicampur dengan berbagai macam bahan sehingga menimbulkan rasa yang unik. Meskipun minuman coklat dan kopi memiliki variasi, namun variasinya masih belum cukupa banyak sehingga masih harus diperlukan berbagai macam inovasi untuk membuat kedua minuman paling tradisional itu menajdi lebih disukai lagi oleh konsumen.

SISTEM PEMASARAN.

1. Menciptakan beragam menu tambahan agar konsumen tidak cepat bosan. 
Selain menawarkan aneka menu kopi sebagai produk andalan, tentunya Anda juga harus kreatif untuk menciptakan menu-menu tambahan agar konsumen tidak cepat bosan. Contohnya saja menawarkan minuman non kopi, seperti aneka minuman coklat, milk shake, jus buah, lemon tea, serta menambahkan cake and bakery sebagai teman minum kopi. Inovasi seperti ini bisa kita contoh dari Lavazza, sebuah perusahaan kopi di Italia yang menawarkan cookie cup (cangkir kopi unik yang bisa dimakan) untuk menunjukan kepedulian mereka dalam menghemat penggunaan air, sekaligus sebagai salah satu strategi pemasaran untuk menarik minat pelanggan.
2. Memperkenalkan brand produk melalui sosial media
Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di berbagai belahan dunia, tentunya Anda juga bisa memanfaatkan facebook, twitter, dan YouTube untuk memperkenalkan brand produk atau merek kedai kopi Anda di dunia maya. Dalam hal ini Anda bisa mengikuti jejak Starbucks yang mengadakan sebuah kompetisi melalui situs jejaring sosial. Dimana pihak Starbucks memberikan tantangan bagi semua konsumen untuk berlomba-lomba menjadi yang pertama dalam memposting foto poster Starbucks di Twitter. Strategi promosi ini terbilang cukup efektif, karena banyak orang yang tertarik mempromosikan logo dan merek Starbuck di media online, sehingga bisa dipastikan bila brand produk tersebut semakin dikenal masyarakat luas.
3.LOKASI
lokasi adalah hal yang terpenting untuk membuka kedai kopi ,karna setiap usaha pasti membutuhkan konsumen ,salah satu cara adalah mencari lokasi strategis yang ramai .

KUNCI SUKSES
HAL PERTAMA DALAM JANGAN PERNAH TAKUT UNTUK MENCOBA DALAM MEMULAI BISNIS KEDAI KOPI ,karena yang nama nya usaha itu pasti ada pasang surut nya (kegagalan) ciptakan berbagai invoasi untuk langkah kedepan nya supaya dapat melakukan berbagai kombinasi macam cita rasa makanan untuk memikat para konsumen/pelanggan.
PEPATAH MENGATAKAN “Bersabarlah dalam segala hal, tapi yang terpenting adalah bersabar dengan emosi yang ada di dalam dirimu sendiri”

ANALISA EKONOMI

PERALATAN :

NO
PERALATAN

JUSTIFIKASI PEMAKAIAN
SATUAN
HARGA
1
Vietnam dript
1
-
35.000
2
Frensch fresh
1
-
85.000
3
Aero Fresh
1
-
200.000
4
V60
5
-
700.000
5
Sypon
2
-
1.060.000
6
Grender
2
-
1.700.000
Sub TOTAL (RP)
3,780.000

Bahan-bahan pembuatan kopi :
NO
BAHAN
JUSTIFIKASI PEMAKAIAN
SATUAN
HARGA
1
BUAH KOPI
50
Kg
5.000,000
2
GULA
30
Kg
420.0000
3
CRIMMER
25
Kg
750.000
4
SUSU
50
Kotak
250.0000
5
AIR
10
Galon
180.000
Sub TOTAL (Rp)
6.600,000

Bahan-bahan Penunjang :
NO
PERALATAN
JUSTIFIKASI PEMAKAIAN
SATUAN
HARGA
1
KULKAS
1
-
5.000,000
2
KOMPOR
1
-
250.000
3
GAS
3
Kg
129.000
Sub TOTAL (Rp)
5.379,000

Homset dalam 1 Bulan
Penjualan KOTADANG (KOPI TAHAN BEGADANG) = 15.000,000
Labar bersih perminggu :
Return of Investment
(Modal awal-biaya produksi) : Laba bersih perminggu + perbulan)

Penutup :
Sebuah bisnis kedai kopi dengan memanfaatkan brand nama “KOTADANG” (KOPI TAHAN BEGADANG) masyarakat akan tergiur dengan nama yang unik.

DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar