Kamis, September 14

Mau belanja online ? Cek dulu yukk, kelebihan dan kekurangannya


@Startup G03 - 

Kelebihan dan kelemahan berbelanja online melalui berbagai situs. 

Kali ini kami akan mereview dari beberapa online shop yang terdapat di Indonesia. Diantaranya adalah lazada,sociola, Tokopedia, Olx, dan Zalora.


Pertama pengalaman kami ketika berbelanja di lazada adalah cukup memuaskan, dengan kwalitas barang yang bagus, dan  pengiriman yang cepat.Lazada juga banyak memberikan voucher dan diskon kepada pelanggan, terdapat berbagai macam barang dari merek yang berbeda dalam satu wibesite. Namun, jika hendak membeli barang disini, sebaiknya dicek terlebih dahulu supplier barang tersebut. Jika dari lazada langsung, maka dapat dipercaya, dan biasanya barang akan dikirim dalam waktu 1-2 hari (jika anda tinggal di Jabodetabek). Namun jika lazada menjual dari pihak ketiga, maka akan lebih baik berhati-hati. Karena dari beberapa kasus yang pernah kami alami terdapat kesalahan dari salah satu supplier. Dan ketika terdapat kesalahan satu supplier, maka supplier lain yang bagus akan terlupakan. 

Kedua kami akan membahas tentang review dalam sociola. Kelebihan berbelanja disini adalah kemasannya yang unik sehingga  menarik perhatian para pembeli, barang-barangnya yang ditawarkan juga sesuai dengan pesanan dan juga kurir yang mengantar barang mengenakan pakaian rapih. Namun ada beberapa kekurangan yang terjadi disini, terdapat beberapa pembeli yang sudah memesan dari aplikasi yang tertera, disana tertuliskan bahwa barang masih tersedia. Namun ketika uang sudah ditransfer, baru dikonfirmasikan bahwa barang yang sudah dipesan telah habis.Seharusnya lebih di update sesering mungkin tentang ketersediaan barang yang dijual. dan dalam pengembalian yang tersebut harus menunggu selama 7 hari.

Ketiga ada Tokopedia. Kelebihan berbelanja di online store ini adalah adanya fasilitas Tanya jawab antara pembeli sehingga pembeli bisa mendapat kan informasi yang lebih lengkap tentang produk yang ingin dibeli, komentar dan review lebih bisa dipercaya, banyak pilihan harga, dan jasa pengiriman bisa memilih sesuai budget dan kebutuhan kita. Selain kelebihan juga terdapat kekurangan dengan berbelanja di tokopedia yakni, gambar atau foto yang ditampilkan tidak sesuai dengan produk asli, adanya pedagang yang mengaku menjual barang orisinil yang sebenarnya barang tiruan, dan tidak adanya diskon voucher dan sebagainya.

Yang keempat ada Olx. Kelebihan dari online store ini adalah situs jual beli barang bekas yang tentu saja tidak dijumpai di online store lainnya dan jika pelanggan ingin melakukan kontak dengan penjual maka pelanggan tidak perlu  registrasi terlebih dahulu. Kelemahan dari Olx ini adalah kemungkinan terjadinya kasus penipuan sangat besar karena penyediaan layanan yang gratis dan terbuka untuk  umum dan dihimbau bagi pelanggan yang ingin membeli produk sebaiknya melakukan COD agar dapat melihat adanya kerusakan barang karena situs ini tidak melayani pembayaran dirumah.

Dan yang terakhir adalah Zalora. Situs belanja online ini lebih berfokus pada produk fashion saja. Kelebihan dari online store ini adalah adanya fitur COD, pengiriman gratis untuk pembelian diatasRp. 250.000, jaminan barang kembali, dan navigasi store yang mudah. Namun situs ini juga memiliki beberapa kelemahan yakni saat melakukan konfirmasi pembayaran masih menggunakan system manual sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendapat konfirmasi dan jangka waktu pengiriman  barang yang memakan waktu cukup lama yakni 1 sampai 2 minggu


 Referensi:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar