Jumat, September 22

Bisnis Plan Ribuy




A.   Pendahuluan
Perkambangan kuliner dan oleh oleh di Indonesia sangat pesat.Karena Indonesia sedang gencar –gencar dengan pariwisata. Dimana parawisatawan asing maupun loakl akan mencicipi berbagai kuliner dan akan membawa oleh – oleh dari suatu daerah untuk sanak keluarganya.
    Dimana keripik singkong ini sudah mucul dan beredar sangat luas. Serta penjualan kurang meyakinkan karena setiap orang dapat membuatnya dan banyaknya penjual keripik singkong, tetapi kami tetap membuat keripik singkong dengan ciri – cirri khas.Yang berbeda dengan keripik biasa.

B.   Ide bisnis
Produk kami ini kita namain ribuy yang berkepanjangan kiripik mubuy ( keripik singkong ), kenapa kami tertarik dengan keripik karena kami mendapat informasi banyak sekali hasil panen singkong yang banyak disalah satu daerah pada saat beberapa teman kita berkunujung daerah tersebut untuk berwisata. Dimana petani bingung saat hasil panen tersebut terkadang tidak laku dan terbuang sia – sia. Akan tetapi muncul ide dari salah satu teman kita untuk membuat keripik singkong yang berbeda dengan yang lain.
     Mengapa kami sebutkeripik kami ini berbeda dengan yang lain? Ya, karena dari rasa saat keripik kami digigit ini tidak keras dan rasanya renyah dimulut.juga kami memiliki rasa – rasa yang dapat dinikmati sesuai selera. Berbeda dengan keripik yang sudah ada dipasaran. Harganya pun relative mudah dijangkau untuk semua kalangan.
Pelayan purnajual kami pun melalui online, memasok ke agen – agen, took oleh – oleh. Kami akan terus berinovasi agar masyarakat bisa merasakan singkong ini tidak hanya sekedar direbus, digoreng, serta keripik biasa. Kami akan selalu menerima segala kritik dan saran demi majukan usaha ini. Disini kami ingin usaha ini berkembang menjadi pesat agar terciptanya lapangan pekerjaan. Sehingga disaat mereka setelah tamat sekolah mereka dapat langsung bekerja.


C.   Konsumen

Keripik singkong yang kami buat ini untuk semua kalangan anak - anak, remaja, dewasa, hingga macam negara pun bisa merasakannya. Para konsumen senang dengan hal – hal baru dan unik.

D.   Memulai Bisnis Keripik Singkong
Dalam memulai usaha ini, sebelumnya kami  mempersiapkan segala sesuatu seperti :
1.      Alat produksi serta tempat yang bersih & higenis serta bebas dari polusi udara. Dengan disiapkan alat – alatnya kami dapet siap memproduksi skala besar jika ada konsumen meminta skala besar serta tempat bersih dan bebas dari polusi udara dapat menciptakan suatu makanan yang sehat dan memiiki keawetan yang tahan cukup lama tanpa bahan pengawet karena dari udara yang bersih.
2.      Mengurus perizinan makanan di Departemen kesehatan, dengan adanya surat kelayakan makanan. Maka konsumen percaya penuh bahwa makanan tersubut bersih & higenis.
3.      Bekerja sama dengan distributor serta agen untuk pemasaran produk kami serta jalin hubungan dengan pemasok bahan baku yang memberikan harga lebih miring.

E.   MANAJEMEN
Nama usaha : Keripik singkong Ribuy
General Manager : Ismaya Wargo Saputra / @H13-Ismaya
1.       Manajer Pemasaran dan IT : Adam NurSyahbani / @H37-Adam
2.       Manajer Produksi : Dwi Wanda Ramadhan / @H38-Dwi
3.       Manajer Keuangan dan SDM : Roni Utomo/ @H12-Rony



F.    Keuntungan Bisnis Keripik Singkong
        Setiap orang senang dengan makanan cemilan. Dimana makanan cemilan dapat dinikmati di saat santai, bekerja, maupun sedang frustasi. Salah satu makanan cemilan yaitu adalah keripik singkong. Keripik singkong ini adalah makanan sederhana yang memliki daya minat cukup tinggi.
        Keripik singkong kami ini memiliki rasa renyah lebih enak serta tidak keras yang memliki tekstur lembut. Sehingga dapat dinikmati oleh konsumen usia lanjut serta dalam keripik singkong ini memiliki sumber energy, sumber serat, vitamin K yang sangat baik bagi tubuh.

G.  Kendala Bisnis Keripik singkong
        Kendala yang kami alami factor cuaaca karena dalam proses pembuatanya perlu cahaya matahari. Sehingga membuat proses produks iagak terlambat, yang membuat konsumen pada saat pembelian selalu habis karena produk kami ini jumlah terbatas pada cuaca tidak memungkinkan.
       Juga banyak penjualan keripik singkong biasa yang membuat para konsumen mengangap bahwa rasa singkong kami sama. Serta setiap orang dapat membuat keripik singkong ini.

H.  Strategi Pemasaran
      Dalam pemasaran ke konsumen kami memasarkannya melalui media online yang akan dikirim melalui kurir. Serta dipasarkan di pusat oleh – oleh, pasar swalayan, pasar tradisional dan juga kami membuka outlet sendiri.Tak terlupakan kami pasok keagen – agen.
       Kami juga akan ikut dalam berbagai pameran serta seminar untuk memperdalam mengenai mengembangkan usaha kami ini.



I.      Analisa Ekonomi

1.      Asumsi

      -  Produksi keripik sebanyak  200 bungkus ( 1 ons )/hari


2.      Modal awal
Mesin giling                                                                             Rp 9.500.000
Sewa tempat 1 tahun                                                                Rp 7.000.000
Peralatan produksi (tungku, bambu, triplek)                           Rp 1.500.000
Mesin cetak                                                                              Rp 2.500.000+
Total                                                                                        Rp 20.500.000

Biaya produksi per bulan
Bahan baku ( singkong 6000 kg)                                                Rp  12. 000.000
Biaya listrik                                                                                 Rp        250.000
Biaya transportasi pengiriman barang                                        Rp        900.000
Biaya iklan                                                                                  Rp       650.000   +
Total                                                                                            Rp  13.800.000

3.      Omset per bulan

Penjualan keripik : @ Rp 5.000,00 x 4.500 bungkus   =           Rp   22.500.000
4.      Laba bersih per bulan

Rp  22.500.000 - Rp  13.800.000 =   Rp  8.700.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar