Kamis, September 28

INOVASI SARUNG TANGAN PENYELAMAT

Reporter : Abdulloh, Yanuar, Ruly, Chairul dan Rizki
@Startup F01 - 

Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) berperan sebagai penyelenggara International Young Inventors Award (IYIA) 2017. IYIA kali ini digelar di Indonesia, lebih tepatnya di Universitas Mercu Buana Jakarta pada tanggal 22-23 September 2017. 


Tahun ini merupakan keempat kalinya INNOPA menyelenggarakan IYIA dan setiap tahun acara tersebut terbilang berjalan dengan sukses. Tahun ini, hadir banyak orang dan penemuannya yang berasal dari berbagai negara diantaranya Indonesia, Filipina, Malaysia, Vietnam, Thailand, India, Sri Lanka, Mesir, Maccau, Taiwan, Jordania, dan lain-lain. 

Dalam kesempatan itu IYIA memberikan kesempatan untuk para innovator muda yang menjanjikan atau para ilmuwan untuk berbagi gagasan kreatif mereka diantara satu sama lain dan juga memberikan paparan dari penemuan dan kemajuan teknologi di berbagai sektor. Event IYIA ini juga menyediakan kesempatan yang baik untuk mempererat hubungan persaudaraan antar negara dan memberikan peluang untuk mengeksplorasi budaya, keramah tamahan, dan keindahan Indonesia. 

Kota Jakarta, dimana event keempat IYIA diadakan menjadi kota terbesar di Indonesia yang menyediakan banyak tempat menarik untuk dijadikan tempat berwisata. Lomba ini memiliki konsep pameran dimana setiap peserta disediakan stand dan memperkenalkan penemuannya kepada para pengunjung yang hadir di stand tersebut.

 Sistem penjuriannya adalah presentasi dan tanya jawab dalam Bahasa Inggris tentang inovasi penemuan dari para peserta. Juri yang menilai di event tersebut berasal dari berbagai negara. Dalam memberikan penilaiannya, para dewan juri mengelilingi stand-stand yang ada dan melakukan tanya jawab kepada semua peserta.

Salah satu penemuan yang menarik perhatian kelompok kami yaitu”Wireless Power Bank Glove” hasil karya dari kelompok pelajar yang terdiri dari M. Fahmi Hazimi, Fikri Izadi, M. Danial Akid dan M. Aiman Farhan dari Kuala Selangor Science Secondary School. Sekilas tentunya kita penasaran bukan bagaimana bisa teknologi charger wireless yang notabene hanya ada pada handphone flagship atau unggulan saja, bisa kita nikmati. Untuk mekanisme kerjanya, sarung tangan ini mempunyai piringan yang dapat mentransmisikan tenaga listrik dari sarung tangan tersebut ke perangkat lain seperti handphone atau power bank hanya dengan menempelkan bagian belakang handphone dengan piringan tersebut. 

Sumber daya sarung tangan ini berasal dari sinar matahari atau sudah memakai teknologi solar cell pada sarung tangannya, sehingga kita tidak perlu repot atau khawatir akan kehabisan daya, karena jika ada sinar matahari maka akan terdapat daya untuk gagdet kita. Selain keunggulan berupa teknologi wireless dan solar cell, sarung tengan ini tetap bekerja walaupun ada  didalam air. Pada dasarnya teknologi ini masih bisa dikatakan sebagai prototype atau hanya model sederhana. 

Sarung tangan ini baru bisa mengisi baterai handphone secara full dengan waktu 4 sampai 5 jam, maka dari itu kelompok pelajar dari Kuala Selangor Science Secondary School mengatakan bahwasanya teknologi ini mungkin lebih ditujukan sebagai pengundur waktu habis dari baterai gadget bukan untuk charger handphone secara full. Teknologi ini cocok untuk semua orang apalagi untuk para pendaki, pesepeda bahkan perenang.

Ketika ditanya perihal apakah mereka mau penemuannya untuk dipatenkan melalui Universitas Mercu Buana dan mendapat beasiswa dari Universitas Mercu Buana, mereka menjawab bahwa mereka perlu berbicara lebih lanjut lagi dengan pihak Universitas Mercu Buana sehingga masih belum bisa memutuskan langsung ditempat ketika kami menanyakan pertanyaan tersebut.

Kesan :
Wireless power bank glove ini sangat membantu para pengguna gadget addict karna glove ini bisa mengisi daya baterai. Dari sini lah kami tertarik untuk bertanya lebih dalam lagi manfaat dari wireless power bank glove ini.
Kritik :
Setelah meliat bentuk wireless power bank glove kita tidak begitu tertarik dikarenakan masih banyak sambungan kabel yang terlihat dan tidak rapi secara kemasan dari glove itu sendiri.
Saran :
Sebaiknya glove ini dibuat dengan dimaksukannya kabel – kabel yang terurai sehingga terlihat lebih rapi dan simple.
Pesan :

Semoga bisa terus mengambangkan penemuan yang sudah ada dan dapat menemukan inovasi-inovasi lainnya yang dapat berguna bagi orang banyak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar