Minggu, September 24

Strategi Bisnis 5 Startup Online Terkemuka di Indonesia.

1 . FEMALE DAILY



Female Daily adalah sebuah web dan aplikasi yang memberikan informasi seputar wanita dan kecantikan dan merupakan forum untuk para wanita berbagi pegalaman mengenai segala hal yang wanita butuhkan seperti make up dan perawatan kulit.

Ide untuk mendirikan startup bisa didapatkan dari mana saja, salah satunya berasal dari hobi. Female Daily merupakan salah satu startup yang berangkat dari hobi blogging yang dilakukan Hanifa Ambadar dan Affi Assegaf. Semula mereka berdua mengerjakan Female Daily secara paruh waktu di sela-sela kesibukan mereka sebagai karyawan.

Sejarah Female Daily.com

Pada tahun 2005, Female Daily mulanya adalah sebuah blog pribadi dengan konten fashion dan kecantikan yang dikelola oleh Hanifa. Kemudian pada Desember 2006, Hanifa menemukan blog Affi – yang ternyata kakak kelasnya sewaktu di SMA – yang saat itu bekerja di MAC Cosmetics. Setelah perbincangan yang cukup intensif berbulan-bulan, tepat pada April 2007 Affi bergabung dengan Female Daily untuk bersama-sama membesarkan blog ini.
Ketika itu mereka berdua sudah mengamati potensi dari sebuah blog pribadi yang bisa menjadi bisnis atau media yang sangat berpengaruh seperti yang sudah terjadi di luar negeri seperti blog Stylebubble dan Bryanboy. Bahkan saat mereka masih mengerjakan Female Daily secara paruh waktu pun sudah mendatangkan klien dan penghasilan dari iklan. Berawal dari pengalaman itu muncul gagasan untuk menjadikan Female Daily lebih profesional bukan sekedar blog pribadi.
Setelah memutuskan untuk menjadi lebih fokus pada tahun 2009, Hanifa dan Affi mengubah Female Daily menjadi tidak hanya membahas fashion dan kecantikan saja, melainkan juga merambah topik lainnya yang masih terkait dunia wanita termasuk shopping, parenting, anak-anak, dan keluarga.
               Visi Female Daily adalah “To be the company that best understand women,
 empower women, and connect women to each other” yang artinya 
Menjadi perusahaan yang paling memahami wanita, memberdayakan wanita, 
dan menghubungkan wanita satu sama lain”.



Lima strategi bisnis Female Daily.com

Beberapa strategi mengapa Female Daily.com yang semula merupakan blog pribadi kini bisa menjadi media yang mendulang kesuksesan sedemikian rupa.

1.     Milikilah passion dalam menulis dan hayatilah passion tersebut. Hanifa menekankan kembali bahwa ia mendirikan Female Daily lebih karena hobi dan passion dalam menulis segala hal mengenai fashion dan kecantikan, bukan semata-mata hanya karena adanya peluang bisnis. Inilah yang menjadikan Female Daily memiliki “jiwa” dalam bahasa penyampaiannya.

2.     Gaya kepenulisan yang berorientasi pada pembaca dan berdasarkan pengalaman pribadi. Female Daily menyadari bahwa pembaca adalah aset utamanya. Kesadaran ini yang membuat gaya kepenulisan Female Daily senantiasa menggunakan sudut pandang pembaca. Bukan hanya itu, agar lebih mengakrabkan diri, tulisan-tulisan yang tersedia di Female Daily juga mendapatkan sentuhan personal karena hasil dari pengalaman pribadi.

3.     Selain memperhatikan kualitas tulisan, perhatikan juga kualitas visual. Untuk membuat media yang menarik perhatian pengunjung, Female Daily menyadari bahwa kualitas konten mereka bukan hanya berasal dari tulisan, melainkan juga visualitas berupa foto dan video. Untuk membuat foto dan video yang bagus demi memperkaya tulisan-tulisannya, Female Daily sengaja memproduksi foto dan videonya sendiri agar mendapatkan kualitas yang diinginkan.

4.     Sediakan fasilitas bagi pembaca untuk berkontribusi. Lagi-lagi Female Daily menyadari benar bahwa pembaca merupakan aset utama sehingga perlu diperlakukan istimewa dengan menyediakan mereka fasilitas untuk turut berekpresi dan berbagi. Salah satu wujudnya adalah beauty review platform bernama Reviews Female Daily yang memudahkan pengunjung untuk mengetahui hasil review mengenai kecantikan seperti skincare dan make up yang sesuai dengan usia, jenis kulit, dan warna kulit mereka. Ada juga Forum Female Daily yang memudahkan pengunjung mendapatkan informasi mengenai kecantikan, fashion, kesehatan, keuangan, karir, travelling, pernikahan, dan lainnya dari sesama pembaca.

5.     Membangun komunitas yang khas dan memperkuatnya dalam kegiatan online juga offline. Dalam pandangan Female Daily, melakukan networking dan menambah koneksi merupakan nilai tambah dari sebuah bisnis media. Sampai tulisan ini diturunkan tercatat ada lebih dari 150.000 pengguna terdaftar Female Daily dimana mereka saling berbagi pengalaman, memberikan rekomendasi produk, dan lainnya. Bukan sebatas di dunia maya, Female Daily juga mempertemukan mereka dalam kegiatan-kegiatan offline.

Pendapatan Female Daily

Selama ini Female Daily menghasilkan pendapatan melalui :
·      content creation, seperti : sponsored post, video blog dan newsletter
·      content marketing & community engagement, seperti : event sponsorhip, forum sponsorship, online activation, dan influencer identification
·      display ad, seperti : banner dan mobile ads
·      community insight, seperti : data mining, brand & competitor research, consumer insight/survey, dan forum group discussion


Untuk mengoptimalkan pendapatan, Female Daily memiliki tim sales tersendiri yang gencar untuk mengajak para pemilik brand atau digital agency untuk bekerjasama.



(Pengunjung situs Female Daily)

Penghargaan Female Daily

·      Best Blog Award 2007
·      SWA Magazine 100 Digital Entrepreneurs 2012
·      SWA Magazine Young N Cool Entrepreneurs 2013
·      Winner of Kartini 2.0 Indonesian Women Digital Award 2013
·      Endeavor High Impact Entrepreneur Candidate 2014
·      Winner of British Council International young Craetive Entrepreneur 2011
·      The Marketeers 100 Most Influential Youth Women Netizen 2012

Female Daily kini berada di bawah badan hukum PT. Daily Dinamika Kreasi dengan memiliki 7,8 juta pageview per bulan, 1,5 juta pengunjung unik per bulan, 26 pegawai tetap, dan 10 pegawai paruh waktu/freelance. Female Daily juga membuat aplikasi mobile baik untuk pengguna Android maupun iOS.


Daftar Link:











2. BRIDE STORY

BrideStory adalah situs direktori pernikahan di mana para calon pengantin bisa memperoleh referensi unik seputar konsep pernikahan. Sejumlah referensi tersebut biasanya berasal dari pinterest dan bisa dipilih sesuai dengan kategori atau inspirasi warna yang diminati. Setelah puas menelusuri informasi mengenai referensi yang menarik, maka selanjutnya calon pengantin bisa memperoleh informasi mengenai vendor jasa pernikahan yang menyediakan jasa dengan pilihan tema yang menarik.
BrideStory masih terus mengembangkan fitur dan layanan agar bisa memfasilitasi hubungan antara para calon pengantin dengan keberadaan vendor penyedia jasa pernikahan.
Sejarah BrideStory
Kevin yang menjadi pendiri startup BrideStory sebelumnya mencari berbagai referensi bisnis, Kevin menemukan fakta bahwa di tahun 2008 pendapatan yang diperoleh dari bidang pemasangan iklan digital di Indonesia hanya 0.4 % saja. Nilai ini tentu sangat kecil bila di bandingkan dengan pemasukan dari iklan digital di Eropa dan Amerika Serikat yang sudah mencapai angka 15%.
Rasa optimis kalau Indonesia juga bisa memiliki persentase belanja iklan digital yang besar membuat Kevin bekerjasama dengan sejumlah rekannya untuk membentuk digital marketing starup bernama Magnivate. Keberhasilan Magnivate selama 4 tahun berdiri membuat perusahaan periklanan dan kehumasan terbesar di dunia yang berasal dari Inggris memutuskan untuk mengakuisisi Magnivate pada tahun 2012. Sejak diakusisi, nama Magnivate pun berganti menjadi XM Gravity.
Di tengah keberhasilan sebagai pimpinan XM Gravity, Kevin malah memutuskan untuk mundur dari perusahaan digital marketing yang sudah dibesarkannya selama bertahun-tahun tersebut. Kevin malah memilih untuk merintis bisnis baru di bidang pernikahan dengan startup yang dinamainya BrideStory.                                                                                                          Kevin memang bukan pemain lama di bidang bisnis pernikahan. Namun ia mendapatkan banyak bantuan dari sang istri Nastassya Saputra yang terlebih dahulu sudah menekuni profesi sebagai wedding planner. Ada banyak informasi yang diperoleh Kevin terkait dengan potensi bisnis pernikahan di Indonesia. Dengan memanfaatkan informasi dan riset tentang bisnis pernikahan maka Kevin sepakat untuk membuat konsep baru yang segar bagi BrideStory.                                                                                                                                              Kevin sempat menemukan fakta bahwa sejumlah startup yang menjalani bisnis di bidang pernikahan memperoleh penghasilannya dari pemasangan iklan yang dilakukan oleh vendor penyedia jasa pernikahan. Model bisnis seperti ini dimodifikasi oleh Kevin agar bisa memberikan sentuhan referensi yang lebih menarik bagi para calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan.


3 Strategi Bisnis Bridestory

Dengan bertambahnya jumlah calon pengantin yang berkunjung ke Bridestory (550,000+ calon pengantin per bulan!), jumlah vendor yang terdaftar di Bridestory  ini juga semakin bertambah. Melihat pertumbuhan ini, para vendor ingin mengetahui cara-cara untuk membuat profil mereka lebih menarik sehingga dapat memukau para calon pengantin.

1.   Pajang Produk Terbaik di Etalase Toko

Produk-produk yang bagus merefleksikan standar bisnis Anda dan dapat menarik perhatian para pelanggan jika dipajang secara atraktif. Pelanggan cenderung tidak masuk ke toko yang menjual barang yang sudah lama dan terlihat tidak menarik, maka kebanyakan dari penjual sangat peduli dengan inovasi dan tampilan visual. Oleh karena itu, menampilkan 
project terbaru di profil Anda adalah salah satu cara untuk membangun profil yang baik dan menarik para pelanggan.

2.   Pilih Lokasi yang Bagus

Lokasi yang bagus juga berpengaruh terhadap jumlah pelanggan yang mengunjungi toko. Maka dari itu, selalu ada harga premium untuk membuka toko di area strategis.

3.   Berikan Customer Service yang Luar Biasa

Terakhir, dengan memberikan 
customer service yang luar biasa, Anda dapat meningkatkan kenyamanan dan kepuasan para pengunjung. Salah satu faktor yang sangat berpengaruh adalah kecepatan pelayanan Anda - para pengunjung akan pindah ke toko lain apabila harus menunggu lama untuk dilayani.

Penghargaan yang diraih BrideStory

Penghargaan yang pernah diperoleh Kevin antara lain adalah Wira Muda Kreatif Indonesia 2012, finalis International Young Creative Entrepreneur tahun 2010 dan 2012 serta Entreprenur of The Year 2013 dari Ernst and Young’s Prestigious Award. Sejumlah penghargaan tersebut tentu menjadi bukti eksistensi dan dedikasi Kevin Mintaraga di bidang bisnis digital.


Daftar Link:



3.FABELIO   




Fabelio adalah situs belanja online yang menjual furniture. Fabelio.com yang memposisikan diri sebagai furniture dengan design-centric products ini berusaha menyelesaikan masalah atau gap tersebut. Berkolaborasi dengan berbagai furniture designer berbakat, Fabelio.com menyediakan variasi furnitur berdesain indah, variatif, dan berharga terjangkau karena operasinya dijalankan secara online!                                                          Fabelio.com memberdayakan local designers, sekaligus pengrajin dari Jawa Tengah. Local designer seringkali mendesain produk tanpa tahu kemana memasarkannya, dan pengrajin seringkali membuat furnitur tanpa mengerti desain yang bagus. Dua elemen ini dipertemukan dengan sebuah marketplace yang bringing furniture to the next level. Kalau startup asli Indonesia ini suatu saat benar-benar bisa disrupting furniture market di tingkat regional, atau bahkan di global
Sejarah Fabelio
Fabelio yang didirikan awal tahun 2015 dan memutuskan untuk bergerak di ranah furnitur memang tergolong baru di dunia e-commerce. Namun karena bidang atau kategori baru yang dipilih inilah kemudian banyak orang bertanya, mengapa mereka beritiga memilih ranah furnitur? Ternyata mereka bertiga memilih bidang furnitur bukan tanpa alasan.                 Menurut Christian sendiri, ia dan teman-temannya mengambil ranah futnitur di bisnis e-commerce ini karena ingin tampil beda. Namun di balik alasan Christian ada sebuah asumsi dan latar belakang yang kita hingga membuat mereka yakin memilih ranah ini. Alasan yang kuat tersebut adalah latar belakang mereka yang sangat mendukung.                                               Sebagai informasi bahwa Marsel sudah lama menggeluti bidang desain furnitur dan bahkan sudah punya perusahaan desain sendiri. Sedangkan Krisnan dan Christian sebelumnya sudah berkecimpung di dunia e-commerce karena pernah bekerja di Rocket Internet, Food Panda, Lazada dan Zalora.                                                                                                   Dengan mantap akhirnya mereka bertiga pada bulan Mei 2015 mendirikan e-commerce Fabelio di bawah bendera PT Tiga Elora Nusantara. Mereka pun segera membangun tim dengan tanggung jawab yang berbeda. Tim yang dibentuk sendiri terdiri dari bagian pemasok, pemasaran, teknologi informasi dan desain. Setelah desain diberikan maka para pemasok akan bekerja menyiapkan material dan tenaga produksi.                                                          Saat ini sendiri Fabelio telah memiliki 25 pemasok dengan spesialisasi masing-masing seperti produksi furnitur kayu jati, mahoni, pinus, kayu solid, khusus pembuat sofa, dan seterusnya. Produk yang dijual Fabelio sendiri dibuat dari bahan baku asli 100% kayu Indonesia.

Perkembangn Fabelio
Sampai detik ini pertumbuhan e-commerce Fabelio terpantau cukup pesat. Bagaimana tidak di tiga bulan pertamanya saja mereka mencatata pertumbuhan 200%. Untuk menarik konsumen, Christian menggratiskan biaya kirim untuk area Jabodetabek. Selain itu Fabelio juga memberikan garansi 6 bulan. Konsumen yang datang ke Fabelio sendiri menurut Christian bervariasi, ada yang personal yaitu ibu-ibu rumah tangga hingga korporat seperti kantor, restoran, hotel dan kafe.
Setelah sukes di Jabodetabek, tiga sekawan ini tak mau kehilangan momentum untuk terus tancap gas. Buktinya, pada bulan Oktober 2015 mereka ekspansi ke pasar Surabaya. Lalu bulan Februari 2016 Fabelio membuka showroom di Jakarta dan Surabaya. Tak hanya itu, Fabelio juga mulai aktif menjual aksesori seperti bantal kursi hingga wallpaper art.
Daftar Link:

4. BERRY KITCHEN




BerryKitchen adalah sebuah startup online catering dengan konsep yang unik dan sukses menjalankan bisnisnya di Indonesia. Ordernya telah mencapai 1000-1200 pax/hari. Total karyawannya mencapai sekitar 65 orang.
Tidak seperti catering biasa, dapur BerryKitchen dikelola secara profesional dan higienis, dikepalai oleh seorang Chef yang merupakan partner bisnis Cynthia.                                   Menariknya model bisnis BerryKitchen ternyata tidak mudah untuk dikelola. Ada 3 aspek sulit yang harus dikelolanya sekaligus : Logistik, Dapur dan Teknologi. Meskipun hampir menyerah dalam menjalankannya, ia tetap teguh untuk trial & error hingga akhirnya berhasil menemukan celah dan merapikan sistem bisnisnya.
Sejarah Berry Kitchen
Cynthia memulai BerryKitchen sejak akhir 2012. Sebelumnya Cynthia bekerja di berbagai perusahaan seperti Groupon, YCAB Foundation, RCTI. Dulu pada saat bekerja di kantor, Cynthia selalu mendapatkan makan siang. Namun ia agak pemilih soal makanan dan kurang cocok dengan makanan yang didapatkannya dari kantor. Jadi, makanannya sering tidak habis dan terbuang sia-sia, kebetulan teman-temannya juga demikian. Cynthia ingin mencari catering diluar kantor, namun sulit untuk menemukan yang menunya cocok, tidak ada minimum order dan juga tidak ada delivery fee.
Kebetulan sebelumnya Cynthia bekerja di Groupon dan ingin membuat bisnis online karena merasa peluangnya besar. Selain itu, Cynthia saat itu melihat kategori makanan masih hijau pasarnya, pemainnya belum ada dan dengan modal yang dimilikinya paling mungkin adalah membuat bisnis makanan. Itulah awalnya muncul ide membuat BerryKitchen.
Kelebihan Berry Kitchen
Berry Kitchen tidak hanya menyediakan menu makan siang atau makan malam yang sama untuk semua pelanggannya. Setiap harinya terdapat 15 jenis menu baru yang dapat dipilih secara personal sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing pelanggan. Waktu makan tentu akan menjadi lebih seru dan berkesan bersama dengan menu-menu variatif yang ditawarkan oleh Berry Kitchen.         Tak hanya itu saja, Berry Kitchen juga menjamin kualitas bahan baku dan proses pemasakan menu secara maksimal. Berry Kitchen melakukan pemilihan bahan baku terbaik yang kemudian di proses oleh para chef Berry Kitchen yang profesional dibawah pengawasan SOP (Standar Operation Procedure) yang ketat untuk senantiasa menjamin kestabilan rasa dan higienitas menu catering dan bento Berry Kitchen.
Daftar Link :
https://www.maxmanroe.com/berry-kitchen.html
























5.OLX






OLX Indonesia (sebelumnya bernama tokobagus.com dan berniaga.com) adalah sebuah situs web iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk membeli dan menjual produk serta jasa secara daring.
OLX Indonesia adalah tempat untuk mencari barang baru atau bekas berkualitas seperti produk elektronikotomotif, rumah, peralatan rumah tangga, aneka jasa, dan juga lowongan kerja.
OLX merupakan pasar iklan baris online lokal yang dapat diakses melalui internet dan juga melalui aplikasi pada ponsel. OLX saat ini telah berada di 106 negara di dunia, Angola, Argentina, Bangladesh, Brazil, India, Indonesia, Portugal, Poland, Peru, Romania, Hungary, Bulgaria, Panama, Switzerland, South Africa, Kenya, Nigeria, Thailand, Philippines, dan lainnya.

Sejarah OLX
OLX pertama kali dibentuk pada Maret 2006 oleh wiraswastawan internet Fabrice Grinda dan Alex Oxenford, sekarang OLX telah dimiliki oleh Global Media dan perusahaan digitalNaspers.
Naspers adalah grup media besar asal Afrika Selatan yang mulai masuk pasar Indonesia lewat investasi di Tokobagus dan juga akuisisi Multiply yang sudah berhenti beroperasi tahun lalu. Menurut pernyataan dari Naspers ketika berinvestasi di OLX, sebagai grup, Naspers akan mengakuisisi atau mendirikan sebuah komunitas internet di negara secara spesifik, sebelum mengembangkan operasinya dengan masuk ke layanan-layanan seperti e-commerce, komunikasi dan konten.
OLX yang sebelumnya adalah Tokobagus.com merupakan situs online classified terbesar di Indonesia. OLX menyediakan media yang mudah, cepat dan gratis bagi para penjual untuk memasang iklan dan sekaligus bagi pembeli untuk mencari beragam produk barang bekas dan barang baru untuk kebutuhan sehari-hari. Barang yang dapat dicari mulai dari handphone, komputer, perangkat rumah tangga, hingga mobil dan sepeda motor, rumah dan properti, bahkan lowongan kerja dan layanan lainnya. 

 Kelebihan dan Kekurangan OLX.co.id


Kelebihan 
 OLX Indonesia menyediakan berbagai pilihan barang dan jasa, baik baru maupun bekas, dan bermacam alternatif yang mencakup seluruh daerah di Indonesia. Selain itu, apabila ingin melakukan kontak dengan penjual yang memasang iklan di OLX Indonesia, tidak diharuskan untuk registrasi terlebih dahulu. Situs ini juga menyediakan tab spesifikasi produk atau jasa yang dibutuhkan, seperti merk, tipe, tahun maksimum dan minimun, serta harga maksimum dan minimum. OLX Indonesia juga tersedia dalam bentuk Mobile Version dan Official Application for Android. Tidak ada biaya untuk pemasangan iklan, kecuali apabila meminta layanan promosi tambahan (promo point)untuk iklan-iklan yang dipasangkan. Biaya yang dikenakan tersebut hanya bersifat “dianjurkan” buka “diharuskan”. Jadi, apabila tidak ingin menggunakan layanan promosi tambahan, anda tidak perlu membayar sepersenpun.

Kekurangan
 Kemungkinan terjadinya berbagai macam penipuan sangat besar karena penyediaan layanannya yang gratis dan terbuka untuk umum.


Penghargaan
Banyak penghargaan yang didapatkan platform marketplace ini diantaranya  “Gold Brand Champion 2013 of Most Widely Used Brand” dari majalah MarkPlus Insight dan Marketeers, “Situs e-commerce terbaik kategori online shopping Top Brand Award 2012” dari Frontier Consulting Group dan majalah Marketing, Situs e-commerce terbaik (“The Great Performing Website”) kategori Communication, dalam “Digital Marketing Award 2012” dari majalah Marketing, dan lembaga survei independen SurveyOne.

Daftar link:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar