Jumat, November 10

@Proyek G06 : Inspirasi Bisnis Pengusaha Muda



Proyek Perorangan dan hanya berlaku di kelas

Setelah Anda mengerjakan beberapa proyek yang berkaitan dengan rintisan dan pengembangan bisnis Anda, simak tayangan video bisnis di atas.

Buat review  secara langsung  di kolom komentar yang tersedia,   dikaitkan dengan  rintisan dan pengembangan bisnis Anda.  Cantumkan Kode Pebisnis dibagian atas kolom komentar.

38 komentar:

  1. G04-Ardi

    Pengalaman usaha yang banyak didapatkan akan melatih seseorang dalam memunculkan ide kreatif dalam berusaha. Bisnis ikan yang dijalankan cukup berhasil karena tekad yang kuat untuk meraih kesuksesan dengan mengoperasikan berbagai media penghubung pemasaran bisnis seperti pemanfaatan media online. Sehingga bisnis yang dijalankan bisa dikenal luas masyarakat dunia

    BalasHapus
  2. @G49-Nindya

    - Nicholas K, bisnis ikan hias.

    Memulai bisnis sejak sekolah dasar, mulai dari mainan hingga kue. Berasal dari keluarga menengah kebawah. Orangtuanya dahulu berjualan kue. Walaupun miskin, niko selalu di sekolahkan di sekolah terbaik. Omsetnya kini sudah sangat besar hingga cukup untuk membiayai kuliah dan membeli mobil sendiri. Menurut niko "tidak semua orang langsung sukses, yang terpenting bagaimana proses kita menuju sukses, jatuh bangun, semua dilewatin saja"

    - Hamzah I, bisnis furniture dan bimbel.

    Memiliki usaha di bidang furniture seperti sofa, kasur, bantal, dll. Dan memiliki 3 cabang les bimbel. Saat ini Hamzah memiliki 58 karyawan. Penghasilan perbulan sekitar 200-250 jt. Awalnya meminjam modal dari orangtua untuk buka resto namun gagal, lalu banting setir di bidang furniture dan bimbel yang kemudian sukses. Hamzah banyak gagal dalam memulai usaha bisnis hingga akhirnya sukses karena tidak pantang menyerah.

    BalasHapus
  3. @G36-Faizal

    Dari vidio tersebut yang bisa dipelajari adalah memulai usaha yang pertama harus memilki kemauan, daya juang, belajar dari para pengusaha lain, dan tidak takut akan kegalalan yang terjadi dan terus berusaha.
    Selain itu yang harus diperhatikan adalah melihat peluang pasar dalam bisnis dan melihat saingan serta berani beda dan kreatif dari yang lainnya.
    Seperti memanfaatkan teknologi.

    BalasHapus
  4. G03-Adif

    Usia muda tidak menghalangi seseorang dalam menuangkan ide kreatif dalam memunculkan peluang usaha. Akan banyak pengalaman yang didapat sehingga menambah inovasi dan kekuatan dalam berusaha di masa depan. Dengan mengikuti perkembangan jaman, usaha yang dikembangkan bisa dikenal masyarakat luas dengan memanfaatkna teknologi sehingga usaha yang kita jalani bisa berkembang dengan cepat serta jangan takut untuk mencoba berbagai jenis usaha dan jangan pernah menyerah meski kita gagal beberapa kali dan jadikan kegagal tersebut sebagai pemicu agar kita berusaha lebih keras dan lebih baik lagi untuk meraih kesuksesan.

    BalasHapus
  5. G17-Lyanita Putri

    Pengalaman Dua pengusaha muda ini, memotivasi kaum muda lainnya untuk jangan pernah menyerah untuk mengejar mimpinya. Pelajaran yang bisa diambil Dari dua pengusaha muda ini, untuk menjadi yang terbaik itu bukan harus mengikuti arus, tetapi raih Dan lawan arus tersebut. Pengembangan Bisnis pada bisnis saya selanjutnya yaitu tingkatkan marketing Dan kepercayaan Siri.

    BalasHapus
  6. @G38-Siti
    Review Inspirasi Bisnis Pengusaha Muda
    Dari tayangan video diatas kita dapat melihat bahwa berbisnis atau memulai bisnis tidak memandang usia, baik itu muda maupun tua. Kita semua bisa memulainya asalkan memiliki kemauan, usaha, dan kegigihan. Seperti niko dan hamsah yang memulai bisnisnya dari tingkat Sekolah Dasar, walaupun usahanya hanya menjualkan makanan, mengamen bahkan menjadi ojek payung. Mereka memiliki kemauan yang sangat kuat dalam bidang kewirausahaan dan memiliki grit atau kesungguhan dalam menjalannkan usaha yg mereka jalani serta jelinya melihat peluang yg dapat mereka jadikan usaha.
    Niko dan hamsah memiliki keberanian dan mereka memiliki prinsipnya masing-masing, seperti niko yang memiliki prinsip layaknya anak bayi yang sedang belajar jalan ia akan terus berusaha meskipun terjatuh berulang kali. Sama seperti ia berusaha dalam bisnis walaupun mengalami kegagalan berkali kali tetapi ia berusaha untuk bangkit sampai menjadi orang sukses seperti sekarang ini.

    BalasHapus
  7. G48-Nanda

    Hal yang dapat dipelajari dari nicolas pengusaha eksportir ikan hias dan hamzah pengusaha bimbingan belajar, yaitu:
    1. Berbisnis dibutuhkan keberanian untuk bertindak dan berani untuk mengambil resiko karena dalam berbisnis tidak selalu menguntungkan.
    2. Berbisnis juga dibutuhkan inovasi atau kreativitas agar bisnis yang kita jalankan dapat berbeda dengan orang lain
    3. Pebisnia juga harus jeli melihat peluang bisnis yang ada karena dengan melihat peluang kita dapat menjalankan bisnis yang seauai dengan kebutuhan di masyarakat.

    BalasHapus
  8. @G42-Mutia
    Review:
    Kedua pembisnis tersebut benar-benar sangat menginspirasi karena tidak pernah putus asa atau menyerah dalam berbisnis walaupun sempat gagal berkali-kali. Pembisnis tersebut sangat memanfaatkan peluang yang ada. Pembisnis tersebut memulai bisnisnya mulai dari 0 dan bisa hingga sukses sampai sekarang serta banyak jatuh bangunnya juga. Modal untuk bwrbisnis tidak cukup hanya uang saja tapi harus ada niat, tekad, usaha , sikap pantang menyerah, serta kegigihan dalam menjalankannya. Sehingga bisnis yang dijalankanakan berhasil.

    BalasHapus
  9. @G41-Nisa

    Semua usaha yang dijalankan akan sukses apabila ada kemauan dan usaha yang keras. Setiap orang harus memanfaatkan peluang yang ada. Memang dalam setiap usaha selalu ada kegagalan, namun setiap kegagalan yang didapatkan merupakan bukti nyata, dimana kita belum menemukan cara yang tepat untuk mencapai kesuksesan. Dari situlah kita tidak boleh ganpang menyerah dan terus berusaha bangkit dari kegagalan yang ada. Semua dimulai dari nol tidak ada persiapan apa-apa, sampai akhirnya mendapatkan keyakinan untuk memulai usaha baru. Apabila kita yakin dengan apa yang kita jalankan maka semua akan dimudahkan.

    BalasHapus
  10. G40-Nadhira
    Untuk menjadi seorang pembisbis kunci utamanya adalah gigih dan tidak mudah menyerah. Harus memiliki semangat dan tekad untuk yakin bahwa bisnis yang dijalani akan berhasi. Kita juga harus menjalin relasi dengan pembisnis lainnya untuk memudahkan kita dalam memajukan bisnis yang dimiliki. Tidak terpengaruh dengan komentar negatif orang lain dan yakin bahwa bisnis yang dijalani akan berhasil.

    BalasHapus
  11. Dalam bisnis memang banyaknya jatuh bangun untuk memajukan bisnis tersebut, dengan begitu usaha yg kita jalanin akan sukses di kemudian hari. Dalam bisnis harus memiliki tekad yg kuat akan sebuah kesuksesan dan percaya diri bahwa usaha akan berjalan lancar. Seperti wirausahawan nico dan hamzah, yg mana mereka memiliki tekad yg kuat dan keberanian untuk berbisnis di usia muda. Maka dari itu prinsip prinsip yaitu tekad, percaya diri, yakin dan berani.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. G-46

    Untuk menjadi seorang pengusaha sukses harus berani gagal dan tahan banting, ketika gagal ia harus bangkit kembali .
    Seorang pengusaha harus pintar melihat peluang Usaha.
    Semakin orang lain bilang sesuatu itu sulit, semakin tertantang karna yang mencoba dalam bidang itu semakin sedikit, sehingga saingannya pun sedikit. Sehingga mulai tertantang dan mengambil banyak resiko.


    Dan jika ingin menjadi orang yang rata-rata, maka kita dapat mengikuti arus. Jika kita ingin menjadi orang yang diatas rata-rata kita harus berani melawan arus.

    BalasHapus
  14. @G20-Rikky

    Motivasi sangat bagus, dan bisa dapat diambil bahwa ketika kita ingin menjalankan sebuah usaha kita harus melihat peluang yang ada dengan tekad yang kuat. oleh karena itu usaha yg ingin saya jalankan adalah bagaimana kecemasan dalam masyarakat dapat kita jadikan sebuah peluang dan bisa kita sediakan. contoh usaha kami di Startup @G08. bagaimana kecemasan yang ada disekitar khususnya pecinta kucing dalam memilih jodoh untuk mendapatkan ras yg unggul dengan harga yang terjangkau

    BalasHapus
  15. G-45Tereni
    Review dari video di atas adalah 2 pemuda yang mengembangkan bisnisnya sejak usia dini. Usaha yang dijalankanya sangat menginspirasi dikarenakan dilakukan oleh pemuda yang dikategorikan masih berumur belia tapi sudah memiliki kesuksesan yang setara dengan para pengusaha yang berpengalaman sehinga dari sini kita mendapatkan menjadi enterprenure dapat dimulai dari usia kapan pun tidak menutup kemungkinan dari usia 6 tahunan dan walaupun terus gagal dalam usaha kita tidak boleh menyerah karena dengan terus mencoba maka usaha yang kita lakukan tidak akan sia - sia seperti kedua pemuda yang ada di video selalu berusaha tanpa menyerah walaupun selalu gagal dan ketika menemukan peluang serta usaha yang tepat maka disitulah tercipta usaha yang sukses dan menginspirasi.
    "Jika mau menjadi orang yang biasa saja maka ikutilah arus tapi jika ingin menjadi orang yang sukses maka lawanlah arus"

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. @G18-Abu Hanafi

    Karna dalam berbisnis kita harus berani dalam menjalankam usaha karena jika kita mempunyai tekad untuk berbinis pasti bisnis yang akan kita kerjakan akan membawakan hasil yang memuaskan dan juga dengan berbinis kita dapat menjadi orang yang sukses.

    Dalam berbisnis kita harus mempunyai sikap:
    1.rajin dan ulet
    2.pantang menyerah
    3.optimis
    4.mau bekerja keras

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. G-50 Maisy Nur Ariska

    Dari vidio inspirasi bisnis pengusaha muda tersebut, kedua orang pebisnis itu (Niko dan Hamsah) kita dapat mempelajari bahwa suatu usaha membutuhkan kemauan ,keberanian, kesabaran, daya tahan dalam berjuang, belajar banyak dari berbagai sumber, bisa mengambil hikmah dari apa yang terjadi, optimis untuk terus terus bangkit dan berjuang dalam mengembangkan usaha tersebut serta membiasakan diri untuk berfikir kreatif dan inovatif agar menjadi pengusaha yang tidak terkalahkan

    BalasHapus
  20. G-34 Citra

    dari video yang saya lihat tadi, saya dapat menyimpulkan jika berbisnis itu bukan sesuatu yang mudah. Akan banyak rintangan dan halangan yang akan dihadapi, jatuh bangun usaha itu pasti akan ada. Tetapi tinggal bagaimana kita menjalankannya, jika kita memiliki kemauan yang besar dan tidak pantang menyerah, kesulitan itu pasti akan tetap dihadapi. Usaha itu memang tidak akan selamanya bisa mulus sukses, pasti akan mengalami yang namanya gulung tikar. Tetapi bisnis yang mengalami gulung tikar itu bukan penghambat dan halangan untuk kita ratapi sebagai penyesalan, tapi harus nya kita jadikan sebagai pembalajaran agar lebih memahami lagi, bagaimana target pasar dan minat konsumen. Pengalaman-pengalaman tersebut lah yang membuat kita bangkit dan terus melakukan usaha. Percaya diri adalah kunci sukses bisnis, jangan pernah malu untuk berbisnis. Karna bagaikan pepatah, dari yang kecil lama lama besar seperti bukit. Seperti itulah bisnis, yang terlihat kecil tidak akan selamanya kecil, begitupun yang besar tidak akan selamanya besar. Dari yang kita cuma produksi sedikit, tapi dengan bertambahnya waktu dan minat konsumen yang semakin banyak, tingkat produksi pun akan banyak dan semakin banyak. Dan akhirnya bisnis kita pun sukses.

    BalasHapus
  21. G11-Rivaldi

    Review saya Dari video ini yaitu orang yang pernah mencoba untuk berwirausaha pasti ada masalah dan kegagalan dalam ber usaha juga tidak hanya di butuh kan modal tapi di butuhkan juga tekad, skill, dan ide kreatif.

    Di dalam cerita usaha ini seseorang anak muda yang mempunyai tekad dalam usaha sangat berani mengambil resiko. Tetapi berkat kegigihan anak tersebut ia bisa sukses, karna berani mengambil keputusan, berani melawan arus, dan juga mempunyai ide yang kreatif

    BalasHapus
  22. @G22-Diky

    Sukses bukan hanya milik mereka yang berumur saja, tapi sukses juga bisa datang untuk mereka yang muda yang memiliki semangat untuk berwirausaha di usia muda. Seperti kisah Hamzah IzzulHaq yang memulai bisnis di usia muda yaitu pada saat SD. Kegagalan berkali-kali tidak menjadi hambatan baginya, tapi ia jadikan sebagai pelajaran untuk bisnisnya dimasa mendatang. Terbukti dikisahnya ia menjelaskan bahwa banyak bisnis telah dijalani , mulai dari jualan buku, makanan, dan yang lainnya. Banyak diantara bisnis yang ia jalani namun gagal, tapi ia tetap percaya bahwa suatu saat bisnisnya akan sukses. Dan terbukti sekarang ia memiliki beberapa bisnis yang sukses seperti bisnis bimbel dan bisnis sofabed yang sudah buka beberapa cabang. Hal yang bisa diambil dari kisahnya tentu semangat juangnya, serta pantang menyerahnya. Ia terus berjuang berbisnis walaupun sering gagal. Selain itu kita juga bisa mengambil pelajaran yaitu dengan memulai bisnis sedini mungkin agar kita bisa menikmatinya kelak saat kita masih muda tanpa bingung memikirkan ingin kerja dimana. Hamzah juga memberikan tips agar bisnis sukses yaitu dengan berani beda atau melawan arus, jeli melihat peluang, dan semangat pantang menyerah. Pengalaman yang dijelaskan pada video tersebut bisa saya jadikan juga sebagai pelajaran untuk proyek bisnis yang akan kami rintis yaitu Startup @G08 bisnis aplikasi penjodoh kucing. Kita bisa tampil beda dan melawan arus, serta jangan takut dan pantang menyerah untuk menjalankan bisnis agar kita dapat sukses menjalankan bisnis kita.

    BalasHapus
  23. @G39-Vina

    Kedua pebisnis dalam video di atas memiliki semangat yang besar untuk memulai bisnisnya. Mereka berani mengambil sikap dan tindakan untuk dapat maju dan sukses walaupun mereka tidak tahu bagaimana bisnis yang mereka jalani ke depannya. Dan ternyata usaha mereka tidak sia-sia, di usianya yang masih muda mereka sudah sukses serta memiliki penghasilan yang lebih dari cukup untuk menghidupi diri mereka sendiri dan membanggakan orang tua.
    Kedua figur pebisnis dalam video tersebut dapat dijadikan contoh untuk tetap semangat dan terus berusaha dalam berbisnis dalam kondisi apapun. Dan ilmu-ilmu yang mereka sharing dalam video dapat ditiru untuk pengembangan usaha yang akan dijalankan oleh kelompok bisnis.

    BalasHapus
  24. G-15 idham rizqi fajri

    riview dari saya dalam memulai bisnis kita harus memulai sejak dini dan harus berani. terutama jika kita ingin menjadi besar kita harus berani melawan arus seperti yang di ucapkan para narasumber tadi. dan kita juga harus yakin dalam menjalankan dan tepat dalam mengambil keputusan yang terpenting jgn takut gagal.adapun kegagalan berusaha dalam usia dini itu menurut saya hal yang wajar, karena masih belajar.

    BalasHapus
  25. @G47-indri

    Dalam memulai dan menjalankan suatu bisnis, banyak hal yang harus dipersiapkan. Terutama dalam hal kesiapan dan kemauan. Untuk menjalankan bisnis tersebut dibutuhkan kesiapan dan kemauan yang keras untuk memulai bisnis tersebut dan siap untuk menghadapi konsekuensi apa saja yang nantinya akan dihadapi selama bisnis tersebut berjalan.
    Selain itu, dalam memulai bisnis di usia muda mental yang kuat juga dibutuhkan, karena banyaknya hambatan dan kemungkinan-kemungkinan jatuh dalam bisnis sangat besar, oleh karena itu dibutuhkan mental yang kuat. Strategi-strategi yang digunakan untuk mengembangkan bisnis pun sangat perlu, seperti misalnya marketing yang baik. Karena dengan marketing yang baik mampu menunjang usaha tersebut baik dalam maupun di luar negeri.

    BalasHapus
  26. G21-Adam

    Kesimpulan yang saya dapatkan :
    1. Peluang itu bisa di dapat dari mana saja, tergantung bagaimana kita yang melihat peluang itu sendiri apakah itu adalah "PELUANG" yang seperti apa, bagaimana dan untuk siapa. Dan kita harus selalu yakin setiap peluang itu pasti bisa kita ambil, apabila kita yakin dan berusaha.
    2. Yakin dan percaya diri
    3. Jangan menyerah dengan sesuatu yang kita kerjakan
    4. Optimis dalam mencapai sesuatu

    Demikian juga dengan ide kelompok bisnis kami, yaitu ide mengenai Aplikasi yang membantu para pecinta kucing untung mendapatkan keturunan dari kucing nya. Dalam hal ini kami perlu menerapkan hal hal pokok dari apa yang dibicarakan narasumber agar ide bisnis kami dapat berjalan dengan lancar.

    BalasHapus
  27. @G19-Fadhil

    Dari video Tersebut, ada pelajaran yang dapat saya ambil, yaitu ;
    Usia bukan menjadi halangan untuk memulai suatu usaha. Asalkan kita memiliki kemauan, kegigihan, keseriusan, keberanian dan tidak takut gagal.
    Dan yang paling penting adalah pandai mencari peluang bisnis untuk bisnis kita. Kita harus pandai mencari peluang bisnis agar bisnis yang kita jalankan dapat bertahan dan bersaing dengan bisnis yang lain. Jika dikaitkan dengan bisnis kami StartUp G-08, kami mencari peluang berdasarkan keluhan para pencinta kucing yang sulit mencari pasangan untuk kucingnya.

    BalasHapus
  28. @G44-Carera

    Kedua pebisnis muda yang sangat mengisnpirasi. Nicolas yang berhasil pada bisnis ikan hias yang sudah sampai ke manca negara. Nicolas melewati banyak rintangan beberapa bisnis pernah ia lakukan seperti berjualan kue dan mainan tapi kini omset dari ikan hiasnya mampu membuat orang tua Nico bangga padanya.

    Hamzah 19 tahun yang sukses berbisnis tempat bimbimangan belajar, tak jauh berbeda dengan nico. Hamzah juga merasakan sulitnya mencari uang sendiri, hingga akhirnya hamzah nekat meminjam uang orang tuanya untuk modal ia membuka bisnis bimbel dan pembuatan kasur.

    BalasHapus
  29. Memulai bisnis dari nol memang tidak semudah yang dibayangkan, memulai bisnis bisa dari usia muda. Menjadi pembisnis muda merupakan impian semua orang, banyak hal penting yang harus dipersiapkan. Untuk memulai suatu bisnis memerlukan niat dan keyakinan untuk dapat menjalankannya. Mulai dari jenia usaha yang akan dijalankan sampai dengan memanfaatkan segi pemasaran. Jika kurang dari pengetahuan dan tidak serius dalam membangun usaha tersebut, usaha mungkin tidak akan berkembang dan bisa mengalami kerugian. Jadi, harus kuat mental ketika usahanya gagal tidak terpuruk tetapi bakal mencoba kembali memanfaatkan peluang yang ada dengan adanya ide yang kreatif untuk melakukan suatu.
    Seperti dua pembisnis muda ini karena memiliki tekad untuk menjadi orang sukses. Sejak kecil mereka sudah terbiasa untuk hidup mandiri dengan berjualan dan memiliki usaha. Mereka mencari peluang dan mempunyai ide untuk mengembangkan usaha mereka. Dan mereka tidak mudah putus asa ketika gagal untuk tetap mencoba kembali.

    BalasHapus
  30. @G29

    Dari video yang di tonton dapat kita simpulkan, bahwa menjadi entrepreneur itu tidak semudah membalikan telapak tangan, butuh perjuangan yang keras dan tekad yg kuat, dalam usaha jatuh bangun itu sudah biasa, belajar dari proses kegagalan itu lah kunci nya, kita mesti berani melawan arus ketika melihat peluang, mungkin komentar2 pesimis akan menghampiri kita dari lingkungan sekitar dengan impian kita, tpi kita boleh menyerah akan hal itu, kita harus yakin bahwa kita bsa dan pembuktian yang nyata.

    BalasHapus
  31. @G09 Khairul Widi Amboro

    Di lihat dari video tadi saya menyimpulkan dan mereview dalam berusaha kita harus sesegera mungkin memulainya jgn terlalu banyak memikirkan hal hal yg tidak perlu, namun tanpa menyepelekan juga. Seperti apa yg kita lihat dr narsum tersebut mereka belajar ber bisnis di mulai dari sejak kecil tepatnya sekolah dasar. Namun bagi kita yang baru akan memulai tidak ada kata terlambat dengan belajar dari berbagai pngalaman orang lain dan tentunya pengalaman sendiri. Jika ingin besar kita hrus brani dalam melwan arus janga terpengaruh atas cibiran atau gay hidup org lain karena setiap orang memiliki tujuan hidup masing masing kita harus tetap fokus dalam mimpi dan tujuan kita. Yang utama kita harus yakin dan jangan takut gagal.

    BalasHapus
  32. @G01-Modetus

    Theresia deka putri usia 25 tahun mempunyai perusahaan dibidang bisnis kopi dan juga teh.
    Memulai bisnis sejak dari SMP dengan bisnis jual snack dan fashion, dengan modal dari tabungan sendiri yang dikumpulkan dari uang saku.
    Ide bisnis kopinya berawal dari adanya peluang bahwa kopi menjadi peluang yang sangat baik karena sangat banyak penikmat kopi di indonesia.
    Awal mula dia hanya menjual kopi produk orang lain dan sampai saat ini menjual produk sendiri.
    Dia pernah mengalami penipuan juga pernah mengalami hal yang cukup sulit tapi tidak mudah untuk menyerah.
    "Tuhan memilihkan jalan apa yang harus kita lalui, tapi kita masih bisa memilih bagaimana kita melaluinya" menjadi prinsip hidup dalam bisnisnya.

    Nicholas Kurniawan usia 20 tahun Memulai bisnis sejak dari kecil, mulai dari SD sering mengalami kegagalan. Tetapi tidak berhenti disitu saja melainkan melanjutkan berbagai bisnis yang yang dijalani.
    Sehingga menemukan ide sendiri yang membuat dia sukses dengan memulai bisnis ikan hias, bisnis tersebut hingga export sampai keluar negeri. dengan bisnis tersebut dia mampu membiayai kuliah sendiri dan mampu membeli kendaraan sendiri.
    Dia sendiri pernah mengalami penipuan oleh pelanggan sendiri.
    "Ikan mati berenang mengikuti arus, ikan mahal berenang melawan arus" menjadi motivasinya dalam bisnis tersebut agar tidak mudah untuk menyerah walaupun terlihat sulit.

    Hamzah Izzulhaq usia 19 tahun Bisinis dibidang pendidikan dan bidang produksi seperti sofa dan kasur, sukses sampai saat ini mempunyai karyawan 58 orang.
    Sejak kecil iya memulai bisnis serabutan, dia juga bergabung dikomunitas bisnis.
    Dia pernah menjalani bisnis restoran namun gagal akhirnya ditutup.
    Dia berani mengambil resiko dalam bisnis tersebut dah tidak mudah menyerah.

    BalasHapus
  33. g26 tsabitah

    bermulai bisnis dengan niat dan keberanian, tidak gampang menyerah dan terus melihat peluang bisnis disekitar kalian. dalam dunia bisnis tidak melihat usia semua berdasarkan kemauan individu
    2 pemuda tersebut sudah membuktikan bahwa berbisnis tidaklah instan harus ada usaha yang nyata jikalau mau sukses. tidak terpengaruh oleh bergaulan jaman sekarang, mereka tetap mengejar impian mereka tanpa memikirkan yang lain

    BalasHapus
  34. Tanggapan saya nih ya,
    Untuk memulai menjadi wirausaha tidak ada kata terlalu dini ataupun terlambat. Jadi untuk usia yg masih belum cukup umur pun bisa untuk menjadi seorang wirausaha meskipun peluang suksesnya tidak terlalu besar, tapi dari situlah pembelajaran yg nyata datang untuk menghasilkan wirausaha-wirausaha yg kompeten.
    Cibiran-cibiran juga pasti datang menerpa bagai hujan badai yg tak kunjung reda. Tapi percayalah, cerah kan datang pada waktunya.

    BalasHapus
  35. G-043 Vidiyani
    Kedua pebisnis tersebut sangat menginspirasi, mereka berani menjadikan ide nya untuk melakukan usaha. Mereka juga berani untuk gagal dan bangkit kembali untuk melakukan usaha tersebut. Resiko untuk menjadi pengusaha adalah hal yang pasti namun mereka tetap mencoba bangkit kembali.

    BalasHapus
  36. @G30-Irvan

    Sebelum memulai usaha harus kuat mental, tidak boleh takut di ejek oleh orang lain, harus jeli melihat peluang, tekun dalam berusaha, dan tidak pantang menyerah jika mengalami kesulitan walaupun kita telah gagal dalam usaha pertama tapi kita mesti mencoba di usaha ke dua dan ke tiga

    BalasHapus
  37. sekarfajri @G32-Sekarfajri17 Desember 2017 18.03

    Hal berharga yang saya dapatkan dari video diatas adalah berani memulai. Bagaimanapun hasilnya apabila kita tekun, bekerja keras dan berani mengambil resiko maka semua akan berjalan lancar. Selalu melihat peluang-peluang disekitar. kaitan dengan rencana bisnis saya adalah saya ingin mulai mengerjakan bisnis saya agar bisnis saya dapat berkembang seperti orang-orang dalam video tersebut.

    nama: Sekarfajri kode G32-sekarfajri

    BalasHapus